Keluarga Anda ada yang belum mahir membaca Alquran? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

QS. Al Baqarah (Sapi Betina) – surah 2 ayat 80 [QS. 2:80]

وَ قَالُوۡا لَنۡ تَمَسَّنَا النَّارُ اِلَّاۤ اَیَّامًا مَّعۡدُوۡدَۃً ؕ قُلۡ اَتَّخَذۡتُمۡ عِنۡدَ اللّٰہِ عَہۡدًا فَلَنۡ یُّخۡلِفَ اللّٰہُ عَہۡدَہٗۤ اَمۡ تَقُوۡلُوۡنَ عَلَی اللّٰہِ مَا لَا تَعۡلَمُوۡنَ
Waqaaluuu lan tamassanaannaaru ilaa ai-yaaman ma’duudatan qul attakhadztum ‘indallahi ‘ahdan falan yukhlifallahu ‘ahdahu am taquuluuna ‘alallahi maa laa ta’lamuun(a);
Dan mereka berkata,
“Neraka tidak akan menyentuh kami, kecuali beberapa hari saja.”
Katakanlah,
“Sudahkah kamu menerima janji dari Allah, sehingga Allah tidak akan mengingkari janji-Nya, ataukah kamu mengatakan tentang Allah, sesuatu yang tidak kamu ketahui?”
―QS. Al Baqarah [2]: 80

And they say,
"Never will the Fire touch us, except for a few days."
Say,
"Have you taken a covenant with Allah?
For Allah will never break His covenant.
Or do you say about Allah that which you do not know?"
― Chapter 2. Surah Al Baqarah [verse 80]

وَقَالُوا۟ dan mereka berkata

And they say,
لَن tidak akan

"Never
تَمَسَّنَا menyentuh kami

will touch us
ٱلنَّارُ neraka

the Fire
إِلَّآ kecuali

except
أَيَّامًا beberapa hari

(for) days
مَّعْدُودَةً tertentu

numbered."
قُلْ katakanlah

Say,
أَتَّخَذْتُمْ sudahkah kamu mengambil

"Have you taken
عِندَ disisi

from
ٱللَّهِ Allah

Allah
عَهْدًا janji

a covenant,
فَلَن maka tidak

so never
يُخْلِفَ memungkiri

will break
ٱللَّهُ Allah

Allah
عَهْدَهُۥٓ janjiNya

His Covenant?
أَمْ atau

Or
تَقُولُونَ kamu mengatakan

(do) you say
عَلَى atas/terhadap

against
ٱللَّهِ Allah

Allah
مَا apa

what
لَا tidak

not
تَعْلَمُونَ (kalian) mengetahui

you know?"

Tafsir

Alquran

Surah Al Baqarah
2:80

Tafsir QS. Al Baqarah (2) : 80. Oleh Kementrian Agama RI


Dalam ayat ini disebutkan lagi segi lain dari kedurhakaan orang Yahudi yaitu mengenai anggapan mereka bahwa mereka tidak akan dibakar oleh api neraka kecuali hanya beberapa hari saja.
Maksudnya, mereka tidak kekal di dalam neraka karena menganggap diri mereka adalah putra dan kekasih Allah.

Kebanyakan orang Yahudi berpendapat bahwa mereka dimakan api selama tujuh hari.
Karena umur dunia menurut pendapat mereka 7000 tahun, maka siapa di antara mereka yang tidak memperoleh keselamatan dan kemenangan serta kebahagiaan, mereka akan mendekam dalam neraka selama 7 hari.

Sehari untuk tiap 1000 tahun.

Tafsir QS. Al Baqarah (2) : 80. Oleh Muhammad Quraish Shihab:


Di antara hal-hal yang mereka perselisihkan adalah apa yang mereka terima dari pendeta-pendeta mereka bahwa api neraka tidak akan menyentuh orang Yahudi kecuali hanya beberapa hari saja, meskipun mereka telah berbuat bermacam maksiat.
Maka katakanlah kepada mereka, wahai Muhammad,
"Apakah kalian telah membuat perjanjian dengan Allah untuk itu, sehingga kalian merasa tenang karena Allah tidak akan memungkiri janji-Nya?
Ataukah kalian hanya membuat kebohongan terhadap Allah?"

Oleh tim Mujamma’ Raja Fahd arahan Syaikh al-Allamah Dr. Shalih bin Muhammad Alu asy-Syaikh:


Bani Israil berkata, Kami tidak akan tersentuh api neraka di akhirat kecuali beberapa hari saja.
Katakan kepada mereka –wahai Rasul – untuk menyanggah kebatilan dakwaan mereka,
"Apakah kalian mendapatkan janji demikian dari Allah, bila benar maka Allah tidak menyelisihi janji-janji-Nya?
Ternyata tidak, sebaliknya kalian hanya berkata dusta atas nama Allah semata."

Oleh Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin as-Suyuthi:



(Dan mereka berkata) yakni tatkala Nabi mengancam mereka dengan neraka,


("Kami sekali-kali takkan disentuh) tidak akan ditimpa sama sekali


(oleh api neraka, kecuali selama hari-hari yang berbilang") maksudnya selama beberapa hari saja, yaitu selama 40 hari yakni selama waktu nenek moyang mereka menyembah patung lembu, kemudian siksaan itu akan berhenti.


(Katakanlah) kepada mereka hai Muhammad,


("Apakah kamu telah menerima) hamzah washalnya dibuang karena cukup dengan adanya hamzah istifham


(janji dari Allah) atau ikrar mengenai hal tersebut?


(Sehingga Allah tidak akan menyalahi janji-Nya?) Tidak, bukan?


(Ataukah) bahkan


(kamu hanya mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui").

Oleh Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi:


Melalui ayat ini Allah menceritakan perihal orang-orang Yahudi tentang apa yang mereka nukil dan mereka dakwakan untuk dirinya sendiri, bahwa diri mereka tidak akan disentuh oleh api neraka kecuali hanya beberapa hari saja, setelah itu mereka selamat.
Maka Allah menyangkal pengakuan tersebut melalui firman-Nya:

Katakanlah,
"Sudahkah kalian menerima janji dari Allah…."


tentang hal tersebut.
Apabila telah terjadi suatu perjanjian, pasti Allah tidak akan mengingkari janji-Nya.
Tetapi yang terjadi adalah sebaliknya dan apa yang mereka akui itu sama sekali tidak ada buktinya.
Karena itu.
dalam ungkapan ayat dipakai kata am yang bermakna bal (bahkan).
yakni bahkan kalian hanya mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kalian ketahui.
Dengan kata lain, kalian hanya mengatakan kedustaan dan kebohongan yang kalian buat-buat terhadap Allah subhanahu wa ta’ala

Muhammad ibnu Ishaq meriwayatkan dari Saif ibnu Sulaiman, dari Mujahid, dari Ibnu Abbas, bahwa orang-orang Yahudi sering mengatakan,
"Sesungguhnya usia dunia ini tujuh ribu tahun.
Setiap seribu tahun kami hanya satu hari mengalami firman-Nya:
Dan mereka berkata,
"Kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh api neraka, kecuali selama beberapa hari saja."
(QS. Al-Baqarah [2]: 80)
sampai dengan firman-Nya.
mereka kekal di dalamnya.
(QS. Al-Baqarah [2]: 81)

Kemudian perawi meriwayatkan pula hal yang semisal dari Muhammad, dari Sa’id atau Ikrimah, dari Ibnu Abbas.

Al-Aufi meriwayatkan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan firman-Nya:
Dan mereka mengatakan,
"Kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh api neraka, kecuali selama beberapa hari saja.”” (QS. Al-Baqarah [2]: 80)
Bahwa orang-orang Yahudi telah mengatakan,
"Kami tidak disentuh oleh api neraka kecuali hanya selama empat puluh malam."
Selain Al-Aufi menambahkan bahwa masa tersebut adalah masa selama mereka menyembah anak lembu.
Demikianlah menurut riwayat Al-Qurtubi, dari Ibnu Abbas dan Qatadah.

Ad-Dahhak mengatakan bahwa Ibnu Abbas pernah berkata,
"Orang-orang Yahudi mempunyai dugaan bahwa mereka menemukan di dalam kitab Taurat dicatatkan jarak di antara bagian atas dan bagian bawah neraka Jahannam sama dengan perjalanan selama empat puluh tahun, hingga sampai pada pohon Zaqqum yang terletak di dasar neraka.
Musuh-musuh Allah (orang-orang Yahudi) mengatakan bahwa mereka diazab hanya sampai pada pohon Zaqqum, setelah itu neraka Jahannam tidak ada lagi dan hancur."
Yang demikian itu adalah perkataan mereka yang disitir oleh firman-Nya:

Dan mereka berkata,
"Kami sekali-kali tidak akan disentuh api neraka, kecuali selama beberapa hari saja."


Abdur Razzaq meriwayatkan dari Ma’mar dan Qatadah sehubungan dengan firman-Nya:

Dan mereka berkata,
"Kami sekali-kali tidak akan disentuh api neraka, kecuali selama beberapa hari saja."


yakni selama hari-hari mereka menyembah anak lembu.

Ikrimah meriwayatkan bahwa orang-orang Yahudi berdebat dengan Rasulullah ﷺ, lalu mereka berkata,
"Kami tidak akan masuk neraka kecuali hanya selama empat puluh malam, setelah itu kami digantikan oleh suatu kaum yang lain,"
yang dimaksud oleh mereka ialah Nabi ﷺ dan sahabat-sahabatnya radiyallahu ‘anhum.
Maka Rasulullah ﷺ berisyarat dengan tangannya di atas kepala mereka (yang mengandung makna seakan-akan beliau bersabda):

Bahkan kalian kekal di dalamnya, tiada seorang pun yang menggantikan kalian.

Lalu Allah subhanahu wa ta’ala menurunkan firman-Nya:

Dan mereka berkata,
"Kami sekali-kali tidak akan disentuh api neraka, kecuali selama beberapa hari saja."


Al-Hafiz Abu Bakar ibnu Murdawaih meriwayatkan, telah menceritakan kepada kami Abdur Rahman ibnu Ja’far, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Muhammad ibnu Sakhr, telah menceritakan kepada kami Abu Abdur Rahman Al-Muqri’, telah menceritakan kepada kami Lais ibnu Sa’d, telah menceritakan kepadaku Sa’id ibnu Abu Sa’id, dari Abu Hurairah yang menceritakan:
Ketika Khaibar berhasil dibuka (dikalahkan), dihadiahkan kepada Rasulullah ﷺ kambing yang telah diracuni, maka Rasulullah ﷺ bersabda,
"Kumpulkanlah oleh kalian di hadapanku semua orang Yahudi yang ada di tempat ini."
Lalu Rasulullah ﷺ bersabda kepada mereka,
"Siapakah nama bapak kalian?"
Mereka menjawab,
"Si Anu."
Nabi ﷺ bersabda,
"Kalian dusta, bapak kalian adalah si Fulan."
Mereka menjawab,
"Engkau benar dan sesuai dengan kenyataan."
Kemudian Rasulullah ﷺ bersabda kepada mereka,
"Apakah kalian akan berkata sejujurnya kepadaku jika kutanyakan kepada kalian tentang sesuatu hal?"
Mereka menjawab,
"Ya, wahai Abul Qasim, dan jika kami dusta kepadamu, niscaya kamu akan mengetahui dusta kami sebagaimana kamu mengetahuinya pada kakek moyang kami."
Maka Rasulullah ﷺ bersabda kepada mereka,
"Siapakah penghuni neraka itu?
Mereka menjawab,
"Kami akan berada di dalamnya dalam masa yang sebentar, kemudian kalian menggantikan kami menjadi penghuninya."
Rasulullah ﷺ bersabda kepada mereka,
"Hinalah kalian.
Demi Allah, kami tidak akan menggantikan kalian di dalamnya untuk selama-lamanya."
Kemudian beliau ﷺ bersabda kepada mereka,
"Apakah kalian akan berkata sejujurnya kepadaku jika kutanyakan kepada kalian tentang sesuatu hal?"
Mereka menjawab,
"Ya, wahai Abul Qasim."
Beliau bertanya,
"Apakah kalian memasukkan racun ke dalam (daging) kambing ini?
Mereka menjawab,
"Ya."
Nabi ﷺ bertanya,
"Apakah yang mendorong kalian berbuat demikian?"
Mereka menjawab,
"Kami bermaksud jika engkau berdusta, maka kami terbebas darimu, dan jika engkau benar seorang nabi, niscaya racun itu tidak akan membahayakan dirimu."

Hadis riwayat Ahmad, Bukhari, dan Nasai melalui jalur Lais ibnu Sa’d menyebutkan hal yang semisal.

Sebab-Sebab Diturunkannya Surah Al Baqarah (2) Ayat 80

Diriwayatkan oleh ath-Thabarani di dalam kitab al-Kabir, dan Ibnu Jarir, Ibnu Abi Hatim, dari Ibnu Ishaq, dari Muhammad bin Abi Muhammad, dari ‘Ikrimah atau Sa’id bin Jubair, yang bersumber dari Ibnu ‘Abbas.
Bahwa di waktu Rasulullah ﷺ sampai di Madinah, kaum Yahudi berkata: “Umur dunia ini tujuh ribu tahun.
Manusia disiksa setiap seribu tahun dari hari dunia ini sehari di yaumil akhir, sehingga jumlahnya hanya tujuh hari saja, dan setelah itu putuslah siksaan itu.
Maka Allah menurunkan ayat ini (Al-Baqarah: 80) sebagai bantahan dan peringatan kepada orang-orang yang menganggap dirinya lebih tahu daripada Allah subhanahu wa ta’ala

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari adl-Dlahhak yang bersumber dari ‘Ikrimah, Ibnu ‘Abbas, dan lain-lain bahwa turunnya ayat ini (Al-Baqarah: 80) sehubungan dengan ucapan kaum Yahudi yang berkata: “Kita tidak akan masuk neraka kecuali beberapa hari saja, selama kita menyembah anak sapi, yaitu empat puluh hari, sesuai dengan sumpah kita.
Dan apabila telah habis empat puluh hari, putuslah siksaan terhadap kita.

Sumber : Asbabun Nuzul – K.H.Q Shaleh – H.A.A Dahlan dkk.

Unsur Pokok Surah Al Baqarah (البقرة)

Surat "Al Baqarah" yang terdiri dari 286 ayat ini turun di Madinah yang sebagian besar diturun­kan pada permulaan tahun Hijrah, kecuali ayat 281 diturunkan di Mina pada Nabi Muhammad ﷺ yang terakhir).

Seluruh ayat dari surat Al Baqarah termasuk golongan Madaniyyah, merupakan surat yang terpanjang di antara surat-surat Alquran yang di dalamnya terdapat pula ayat yang terpanjang (ayat 282).

Surat ini dinamai "Al Baqarah" karena di dalamnya disebutkan kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil (ayat 67 sarnpai dengan 74), dimana dijelaskan watak orang Yahudi pada umumnya.

Dinamai "Fusthaathul-Qur’an" (puncak Alquran) karena memuat beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surat yang lain.
Dinamai juga surat "alif-laam-miim" karena surat ini dimulai dengan Alif-laam-miim.

Keimanan:

Dakwah Islamiyah yang dihadapkan kepada umat Islam, ahli kitab dan para musyrikin.

Hukum:

▪ Perintah mengerjakan shalat.
Menunaikan zakat.
Hukum puasa.
Hukum umrah.
Hukum qishash.
▪ Hal-hal yang halal dan yang haram.
▪ Bernafkah di jalan Allah.
Hukum arak dan judi.
▪ Cara menyantuni anak yatim, larangan riba.
▪ Hutang piutang.
▪ Nafkah dan yang berhak menerimanya.
▪ Wasiyat kepada dua orang ibu bapak dan kaum kerabat.
Hukum sumpah.
▪ Kewajiban menyampaikan amanat.
▪ Sihir.
Hukum merusak masjid.
Hukum merubah kitabkitab Allah.
Hukum haidh, ‘iddah, thalak, khulu’, ilaa’.
Hukum susuan.
Hukum melamar.
Mahar larangan mengawini wanita musyrik dan sebaliknya.
Hukum perang.

Kisah:

▪ Kisah penciptaan Nabi Adam `alaihis salam.
▪ Kisah Nabi Ibrahim `alaihis salam.
▪ Kisah Nabi Musa `alaihis salam dengan Bani Israil.

Lain-lain:

▪ Sifat-sifat orang yang bertakwa.
▪ Sifat-sifat orang munafik.
▪ Sifat-sifat Allah.
▪ Perumpamaan-perumpamaan.
Kiblat.
▪ Kebangkitan sesudah mati.

Audio

QS. Al-Baqarah (2) : 1-286 ⊸ Misyari Rasyid Alafasy
Ayat 1 sampai 286 + Terjemahan Indonesia

QS. Al-Baqarah (2) : 1-286 ⊸ Nabil ar-Rifa’i
Ayat 1 sampai 286

Gambar Kutipan Ayat

Surah Al Baqarah ayat 80 - Gambar 1 Surah Al Baqarah ayat 80 - Gambar 2
Statistik QS. 2:80
  • Rating RisalahMuslim
4.6

Ayat ini terdapat dalam surah Al Baqarah.

Surah Al-Baqarah (Arab: سورة البقرة‎, bahasa Indonesia: “Sapi Betina”) adalah surah ke-2 dalam Alquran.
Surah ini terdiri dari 286 ayat, 6.221 kata, dan 25.500 huruf dan tergolong surah Madaniyah.
Surah ini merupakan surah dengan jumlah ayat terbanyak dalam Alquran.
Surah ini dinamai al-Baqarah yang artinya Sapi Betina sebab di dalam surah ini terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil (ayat 67-74).
Surah ini juga dinamai Fustatul Qur’an (Puncak Alquran) karena memuat beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surah yang lain.
Dinamai juga surah Alif Lam Mim karena ayat pertama di surah berisi tiga huruf arab yakni Alif, Lam, dan Mim.

Nomor Surah2
Nama SurahAl Baqarah
Arabالبقرة
ArtiSapi Betina
Nama lainFasthath al-Qur’an, Sanam al-Qur’an (Puncak Al-Quran), Al-Zahrawan (Dua yang Cemerlang), Alif Lam Mim
Tempat TurunMadinah
Urutan Wahyu87
JuzJuz 1 (ayat 1-141), 2 (ayat 142-252) dan 3 (ayat 253-286)
Jumlah ruku’40 ruku’
Jumlah ayat286
Jumlah kata6156
Jumlah huruf26256
Surah sebelumnyaSurah Al-Fatihah
Surah selanjutnyaSurah Ali ‘Imran
Sending
User Review
4.8 (10 votes)
Tags:

2:80, 2 80, 2-80, Surah Al Baqarah 80, Tafsir surat AlBaqarah 80, Quran Al-Baqarah 80, Surah Al Baqarah ayat 80

Keluarga Anda ada yang belum mahir membaca Alquran? Ingin segera bisa?
Klik di sini sekarang!

Video


Panggil Video Lainnya

Ayat Lainnya

QS. At Taubah (Pengampunan) – surah 9 ayat 48 [QS. 9:48]

Bukan hanya saat itu, sungguh, sebelum itu mereka, kaum munafik, memang sudah berusaha membuat kekacauan, melemahkan mental kaum muslim dan bahkan mengatur berbagai macam tipu daya bagimu dengan memut … 9:48, 9 48, 9-48, Surah At Taubah 48, Tafsir surat AtTaubah 48, Quran At-Taubah 48, Surah At Taubah ayat 48

Hadits Shahih

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Orang yang menceritakan hadits disebut ...

Benar! Kurang tepat!

Berikut adalah hadits yang rusak, kecuali ...

Benar! Kurang tepat!

Penjelasan:
Hadis Mu’allaq adalah bila sanad sebuah hadits terputus pada penutur 5 hingga penutur 1, alias tidak ada sanadnya.
Contoh:

'Seorang pencatat hadis mengatakan, telah sampai kepadaku bahwa Rasulullah mengatakan....'

tanpa ia menjelaskan sanad antara dirinya hingga Rasulullah.

Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah ...

Benar! Kurang tepat!

+

Array

Sumber kedua hukum dalam menetapkan Hukum tentang Alquran adalah ...

Benar! Kurang tepat!

Undang-undang tentang penggunaan Hadits-Maudu adalah ...

Benar! Kurang tepat!

Pendidikan Agama Islam #8
Ingatan kamu cukup bagus untuk menjawab soal-soal ujian sekolah ini.

Pendidikan Agama Islam #8 1

Mantab!! Pertahankan yaa..
Jawaban kamu masih ada yang salah tuh.

Pendidikan Agama Islam #8 2

Belajar lagi yaa...

Bagikan Prestasimu:

Soal Lainnya

Pendidikan Agama Islam #30

Siapakah ilmuan muslim yang pertama menjadi penemu Al-Jabar? Ibnu Miskawaih Ibnu Sina Ibnu Batutah Ibnu Kholdun Al Khawarizmi Benar! Kurang

Pendidikan Agama Islam #25

Surah Al-Insyirah terdiri dari … ayat. 6 8 5 9 7 Benar! Kurang tepat! Penjelasan:Surah Al-Insyirah adalah surah ke-94 dalam

Pendidikan Agama Islam #9

Era ketidaktahuan juga disebut zaman … madaniyah jahiliyah makiyah sanawiyah abu jahal Benar! Kurang tepat! Pengertian ijtihad menurut istilah adalah

Instagram