اَلَمۡ نَجۡعَلۡ لَّہٗ عَیۡنَیۡنِ ۙ
Alam naj’al lahu ‘ainain(i);
Bukankah Kami telah menjadikan untuknya sepasang mata,
―QS. Al Balad [90]: 8
―QS. Al Balad [90]: 8
Have We not made for him two eyes?
― Chapter 90. Surah Al Balad [verse 8]
أَلَمْ | bukankah
Have not
|
---|---|
نَجْعَل | Kami jadikan
We made
|
لَّهُۥ | baginya
for him
|
عَيْنَيْنِ | dua buah mata
two eyes?
|
Tafsir QS. Al-Balad (90) : 8. Oleh Kementrian Agama RI
Allah selanjutnya bertanya mengenai orang itu,
"Tidakkah Kami beri ia dua mata?"
Artinya, untuk dapat mencari kekayaan, ia perlu dua mata, lalu siapakah yang memberinya dua mata itu bila bukan Allah?
Untuk mencari rezeki ia perlu berbicara, lalu siapakah yang telah memberinya lidah dan dua bibir untuk mampu bicara?
Dalam membesarkannya, ia telah menyusu pada kedua susu ibunya, siapakah yang telah menyediakan air susu ibunya itu bila bukan Allah?
Dengan demikian, keberhasilannya adalah karena bantuan dan kasih sayang Allah.
Oleh karena itu, ia tidak perlu menyombongkan dirinya karena hartanya.
Di samping itu, mata, lidah, dan nafsu adalah nikmat Allah kepadanya yang tiada taranya.
Ia akan bertemu dengan dua jalan yang disediakan Allah, yaitu jalan yang benar dan jalan yang salah.
Ia perlu menggunakan mata, lidah, dan nafsu itu untuk jalan yang diridai oleh Allah.
Tafsir QS. Al Balad (90) : 8. Oleh Muhammad Quraish Shihab:
Bukankah Kami telah menciptakan dua mata untuknya agar ia dapat melihat, juga lidah dan dua bibir agar dapat berbicara?
Oleh tim Mujamma’ Raja Fahd arahan Syaikh al-Allamah Dr. Shalih bin Muhammad Alu asy-Syaikh:
Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata untuk melihat, lidah dan dua buah bibir untuk berbicara, dan Kami telah jelaskan kepadanya dua jalan kebaikan dan keburukan?
Oleh Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin as-Suyuthi:
(Bukankah Kami telah menjadikan) Istifham atau kata tanya di sini mengandung arti Taqrir
(baginya dua buah mata,)
Oleh Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi:
Firman Allah subhanahu wa ta’ala:
{يَقُولُ أَهْلَكْتُ مَالا لُبَدًا}
Dia mengatakan,
"Aku telah menghabiskan harta yang banyak."
(QS. Al-Balad [90]: 6)
Yakni anak Adam mengatakan bahwa dirinya telah membelanjakan harta yang banyak jumlahnya menurut Mujahid, Al-Hasan, Qatadah.
As-Saddi, dan yang lainnya.
{أَيَحْسَبُ أَنْ لَمْ يَرَهُ أَحَدٌ}
Apakah dia menyangka bahwa tiada seorang pun yang melihatnya.
(QS. Al-Balad [90]: 7)
Mujahid mengatakan bahwa apakah dia mengira bahwa Allah subhanahu wa ta’ala tidak melihatnya?
Hal yang sama dikatakan oleh yang lainnya dari kalangan ulama Salaf.
Firman Allah subhanahu wa ta’ala:
{أَلَمْ نَجْعَلْ لَهُ عَيْنَيْنِ}
Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata.
(QS. Al-Balad [90]: 8)
yang dengan kedua matanya itu dia melihat.
{وَلِسَانًا}
lidah.
(QS. Al-Balad [90]: 9)
yang dengannya dia berbicara, lalu dapat mengungkapkan apa yang terkandung di dalam hatinya.
{وَشَفَتَيْنِ}
dan dua buah bibirnya.
(QS. Al-Balad [90]: 9)
yang membantunya untuk berbicara dan makan serta menjadi anggota yang memperindah penampilan wajah dan mulutnya.
Al-Hafiz Ibnu Asakir di dalam auto biografi Abur Rabi’ Ad-Dimasyqi telah meriwayatkan dari Mak-hul, bahwaNabi ﷺ pernah bersabda:
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,
"Hai anak Adam, Aku telah memberikan nikmat-nikmat yang besar kepadamu, yang tidak dapat kamu hitung bilangannya, dan kamu tidak akan mampu mensyukurinya.
Dan sesungguhnya di antara nikmat yang Aku berikan kepadamu ialah Aku jadikan bagimu dua buah mata yang dengan keduanya kamu dapat melihat, dan Aku jadikan bagi keduanya kelopak.
Maka gunakanlah keduanya untuk memandang apa yang telah Kuhalalkan bagimu, dan jika kamu melihat apa yang telah Kuharamkan bagimu, maka katupkanlah kedua kelopaknya.
Dan Aku telah menjadikan bagimu lisan dan Kujadikan pula baginya penutupnya.
Maka berbicaralah dengan apa yang telah Kuperintahkan kepadamu dan apa yang telah Kuhalalkan bagimu.
Dan jika ditawarkan kepadamu apa yang telah Kuharamkan bagimu, maka tutuplah lisanmu (diamlah).
Dan Aku telah menjadikan kemaluan bagimu, dan Aku telah menjadikan pula baginya penutup, maka gunakanlah kemaluanmu terhadap apa yang telah Kuhalalkan bagimu.
Dan jika ditawarkan kepadamu apa yang telah Kuharamkan bagimu, maka turunkanlah penutupnya.
Hai anak Adam, sesungguhnya Engkau tidak akan mampu menanggung murka-Ku dan tidak akan mampu menahan pembalasan (azab)-Ku."
Unsur Pokok Surah Al Balad (البلد)
Surat Al Balad terdiri atas 20 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Qaaf.
Dinamai "Al Balad, diambil dari perkataan "Al Balad" yang terdapat pada ayat pertama surat ini.
Yang dimaksud dengan negeri di sini ialah kota Mekah (Tanah Haram).
Keimanan:
▪ Manusia diciptakan Allah untuk berjuang menghadapi kesulitan.
▪ Janganlah manusia terperdaya oleh kekuasaan dan harta benda yang banyak yang telah dibelanjakannya.
▪ Beberapa peringatan kepada manusia atas beberapa nikmat yang telah diberikan Allah kepadanya dan bahwa Allah telah menunjukkan jalan-jalan yang akan menyampaikannya kepada kebahagiaan dan yang akan membawanya kepada kecelakaan.
QS. Al-Balad (90) : 1-20 ⊸ Misyari Rasyid Alafasy
Ayat 1 sampai 20 + Terjemahan Indonesia
QS. Al-Balad (90) : 1-20 ⊸ Nabil ar-Rifa’i
Ayat 1 sampai 20
Ayat ini terdapat dalam surah Al Balad.
Surah Al-Balad (bahasa Arab: البلد) adalah surah ke-90 dalam Alquran.
Surah ini tergolong surah Makkiyah yang terdiri atas 20 ayat.
Dinamakan “Al-Balad” yang berarti Negeri diambil dari perkataan “Al-Balad” yang terdapat pada ayat pertama surah ini.
Yang dimaksud dengan kota dalam ayat ini ialah kota Mekkah.
Nomor Surah | 90 |
---|---|
Nama Surah | Al Balad |
Arab | البلد |
Arti | Negeri |
Nama lain | – |
Tempat Turun | Mekkah |
Urutan Wahyu | 35 |
Juz | Juz 30 |
Jumlah ruku’ | 1 ruku’ |
Jumlah ayat | 20 |
Jumlah kata | 82 |
Jumlah huruf | 343 |
Surah sebelumnya | Surah Al-Fajr |
Surah selanjutnya | Surah Asy-Syams |
90:8, 90 8, 90-8, Surah Al Balad 8, Tafsir surat AlBalad 8, Quran Al-Balad 8, Surah Al Balad ayat 8
90:8
۞ QS. 90:7 • Keluasan ilmu Allah • Menghitung amal kebaikan
۞ QS. 90:10 • Manusia antara memilih dan dipaksa • Hidayah (petunjuk) dari Allah
۞ QS. 90:11 • Sifat neraka • Azab orang kafir
۞ QS. 90:12 • Sifat neraka • Azab orang kafir
۞ QS. 90:13 • Perbuatan yang menghalangi api neraka
۞ QS. 90:14 • Perbuatan yang menghalangi api neraka
۞ QS. 90:15 • Perbuatan yang menghalangi api neraka
۞ QS. 90:16 • Perbuatan yang menghalangi api neraka
۞ QS. 90:17 • Iman adalah ucapan dan perbuatan
۞ QS. 90:18 • Pahala iman • Perbuatan baik adalah penyebab masuk surga
۞ QS. 90:19 • Sifat ahli neraka dan kejahatan mereka • Azab orang kafir
۞ QS. 90:20 • Sifat neraka • Azab orang kafir
Apakah kamu puas dengan kehidupan di dunia sebagai ganti kehidupan di akhirat?
Padahal kenikmatan hidup di dunia ini (dibandingkan dengan kehidupan) di akhirat hanyalah sedikit.
― QS. At-Taubah [9]: 38
Sungguh Kami telah berikan kepadamu Muhammad, kemenangan nyata, yaitu kemenangan kebenaran melawan kebatilan, agar Allah ampuni dosa-dosamu yang lalu dan yang akan datang dan sempurnakan nikmat-Nya kepadamu dengan tersebarnya dakwahmu
― QS. Al-Fath [48]: 1
(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya),
baik di waktu lapang maupun sempit,
dan orang-orang yang menahan amarahnya & memaafkan (kesalahan) orang.
Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.
― QS. Ali ‘Imran [3]: 134
Hai manusia,
ingatlah akan nikmat Allah kepadamu.
Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepada kamu dari langit & bumi?
Tidak ada Tuhan selain Dia,
maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)?
― QS. Fatir [35]: 3
Penjelasan:
Surah Al-Kausar adalah surah ke-108 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah Makkiyah dan terdiri dari 3 ayat yang menjadi surah terpendek dalam Alquran.
Penjelasan:
Surah At-Taubah adalah surah ke-9 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah Madaniyah yang terdiri atas 129 ayat. Dinamakan At-Taubah yang berarti 'Pengampunan' karena kata At-Taubah berulang kali disebut dalam surah ini.
+
ArrayShare your Results:
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menerima wahyu pertama di … Wahyu pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam terkandung dalam surah … Sejak wahyu di Surah Al Muddasir : 1-7, Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mulai berkhotbah. Awalnya nabi melakukan dakwah kepada … Khotbah Nabi Muhammad saat masih di Mekah, difokuskan langsung pada esensi-esensi utama, yaitu … … Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkhotbah di kota Mekah kurang lebih selama …
Siapa nama ayah Nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam? … Siapa nama Nabi setelah Nabi Isa ‘Alaihissalam? … Setiap umat Islam wajib menuntut ilmu. Bagaimana hukum mempelajari Ilmu Agama? … Kewajiban menuntut ilmu terdapat pada Alquran surah … Ada berapa syarat dalam menuntut ilmu? …
Mujahadah berasal dari bahasa Arab, yang berasal dari kata jahada, yang berarti …َبَارَكَ ٱلَّذِى نَزَّلَ ٱلْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِۦ لِيَكُونَ لِلْعَٰلَمِينَ نَذِيرًا Dalil di atas adalah nama-nama lain dari Alquran, yaitu إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا ٱلذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ Dalil di atas adalah nama-nama lain dari Alquran, yaituSalah satu tokoh dalam kisah umat masa lalu yang dapat dipetik pelajaran sebagai teladan yang baik … Tujuan utama diturunkannya Alquran kepada umat manusia adalah …
Apa itu surau? su.rau tempat umat Islam melakukan ibadatnya ; langgar … •
Siapa itu Ibrahim `alaihis salam? Ibrahim merupakan nabi dalam agama Samawi. Ia bergelar Khalilullah . Ibrahim bersama anaknya, Ismail, dikenal sebagai para pendiri Baitullah. Ia diangkat menjadi nabi yang diutus kepada kaum Kaldān yang terletak di negeri Ur, yang sekarang dikenal sebagai Iraq. Ibrahim merupakan sosok teladan utama bagi umat … • Ibrahim, Nabi Ibrahim
Apa itu Al-‘Asr? Surah Al-‘Asr adalah surah ke-103 dari Alquran. Surah ini tergolong surah Makkiyah dan terdiri atas 3 ayat. Kata Al ‘Ashr berarti waktu/masa dan diambil dari ayat pertama surat ini. Isi surat mengabarkan bahwa sesungguhnya semua manusia itu berada dalam keadaan merugi kecuali dia termasuk mereka yang selalu beramal saleh, saling menasihati … • Al-‘Asr, Al ‘Asr, Al Asr, Al-Asr, al-Ashr, Al-‘Asr