Keluarga Anda ada yang belum mahir membaca Alquran? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

QS. Al Balad (Negeri) – surah 90 ayat 7 [QS. 90:7]

اَیَحۡسَبُ اَنۡ لَّمۡ یَرَہٗۤ اَحَدٌ ؕ
Ayahsabu an lam yarahu ahadun;
Apakah dia mengira bahwa tidak ada sesuatu pun yang melihatnya?
―QS. Al Balad [90]: 7

Does he think that no one has seen him?
― Chapter 90. Surah Al Balad [verse 7]

أَيَحْسَبُ apakah ia menyangka

Does he think
أَن bahwa

that
لَّمْ tidak

not
يَرَهُۥٓ berkuasa

sees him
أَحَدٌ seorang/satu

anyone?

Tafsir

Alquran

Surah Al Balad
90:7

Tafsir QS. Al Balad (90) : 7. Oleh Kementrian Agama RI


Allah bertanya mengenai orang yang sombong dengan pengeluarannya itu,
"Apakah ia mengira bahwa tidak seorang pun yang melihat perbuatannya itu?"
Artinya, bila ia sombong dengan pengeluarannya itu, berarti ia mengorbankan kekayaannya hanya untuk mencari nama, maka pengorbanan itu tidak akan diterima-Nya.
Jangan ia menyangka bahwa Allah tidak melihat perbuatannya itu dan tidak mengetahui motif di balik perbuatan baiknya itu, yang tidak diketahui oleh manusia.

Tafsir QS. Al Balad (90) : 7. Oleh Muhammad Quraish Shihab:


Apakah ia menyangka bahwa perbuatannya itu tidak diketahui oleh siapa pun, bahkan oleh Penciptanya sendiri?

Oleh tim Mujamma’ Raja Fahd arahan Syaikh al-Allamah Dr. Shalih bin Muhammad Alu asy-Syaikh:


Dia berkata dengan bangga,
"Aku telah membelanjakan harta yang banyak."
Apakah dia menyangka dengan perbuatannya ini bahwa Allah tidak melihatnya dan tidak akan menghisabnya atas perbuatan kecil dan besar?

Oleh Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin as-Suyuthi:



(Apakah dia menyangka bahwa) dirinya


(tiada seorang pun yang melihatnya?) artinya melihat apa-apa yang telah dibelanjakannya itu, sehingga ada orang yang mengetahui berapa jumlah harta yang telah dibelanjakannya.
Allahlah yang mengetahui berapa jumlah yang telah dibelanjakannya itu, dan jumlah sedemikian itu tidak berarti apa-apa di sisi-Nya, bahkan Dia kelak akan membalas perbuatannya yang buruk dan keji itu.

Oleh Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi:


Firman Allah subhanahu wa ta’ala:


{يَقُولُ أَهْلَكْتُ مَالا لُبَدًا}

Dia mengatakan,
"Aku telah menghabiskan harta yang banyak."
(QS. Al-Balad [90]: 6)

Yakni anak Adam mengatakan bahwa dirinya telah membelanjakan harta yang banyak jumlahnya menurut Mujahid, Al-Hasan, Qatadah.
As-Saddi, dan yang lainnya.

{أَيَحْسَبُ أَنْ لَمْ يَرَهُ أَحَدٌ}

Apakah dia menyangka bahwa tiada seorang pun yang melihatnya.
(QS. Al-Balad [90]: 7)

Mujahid mengatakan bahwa apakah dia mengira bahwa Allah subhanahu wa ta’ala tidak melihatnya?
Hal yang sama dikatakan oleh yang lainnya dari kalangan ulama Salaf.

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

{أَلَمْ نَجْعَلْ لَهُ عَيْنَيْنِ}

Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata.
(QS. Al-Balad [90]: 8)

yang dengan kedua matanya itu dia melihat.

{وَلِسَانًا}

lidah.
(QS. Al-Balad [90]: 9)

yang dengannya dia berbicara, lalu dapat mengungkapkan apa yang terkandung di dalam hatinya.

{وَشَفَتَيْنِ}

dan dua buah bibirnya.
(QS. Al-Balad [90]: 9)

yang membantunya untuk berbicara dan makan serta menjadi anggota yang memperindah penampilan wajah dan mulutnya.

Al-Hafiz Ibnu Asakir di dalam auto biografi Abur Rabi’ Ad-Dimasyqi telah meriwayatkan dari Mak-hul, bahwaNabi ﷺ pernah bersabda:

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,
"Hai anak Adam, Aku telah memberikan nikmat-nikmat yang besar kepadamu, yang tidak dapat kamu hitung bilangannya, dan kamu tidak akan mampu mensyukurinya.
Dan sesungguhnya di antara nikmat yang Aku berikan kepadamu ialah Aku jadikan bagimu dua buah mata yang dengan keduanya kamu dapat melihat, dan Aku jadikan bagi keduanya kelopak.
Maka gunakanlah keduanya untuk memandang apa yang telah Kuhalalkan bagimu, dan jika kamu melihat apa yang telah Kuharamkan bagimu, maka katupkanlah kedua kelopaknya.
Dan Aku telah menjadikan bagimu lisan dan Kujadikan pula baginya penutupnya.
Maka berbicaralah dengan apa yang telah Kuperintahkan kepadamu dan apa yang telah Kuhalalkan bagimu.
Dan jika ditawarkan kepadamu apa yang telah Kuharamkan bagimu, maka tutuplah lisanmu (diamlah).
Dan Aku telah menjadikan kemaluan bagimu, dan Aku telah menjadikan pula baginya penutup, maka gunakanlah kemaluanmu terhadap apa yang telah Kuhalalkan bagimu.
Dan jika ditawarkan kepadamu apa yang telah Kuharamkan bagimu, maka turunkanlah penutupnya.
Hai anak Adam, sesungguhnya Engkau tidak akan mampu menanggung murka-Ku dan tidak akan mampu menahan pembalasan (azab)-Ku."

Unsur Pokok Surah Al Balad (البلد)

Surat Al Balad terdiri atas 20 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al Balad, diambil dari perkataan "Al Balad" yang terdapat pada ayat pertama surat ini.
Yang dimaksud dengan negeri di sini ialah kota Mekah (Tanah Haram).

Keimanan:

▪ Manusia diciptakan Allah untuk berjuang menghadapi kesulitan.
▪ Janganlah manusia terperdaya oleh kekuasaan dan harta benda yang banyak yang telah dibelanjakannya.
▪ Beberapa peringatan kepada manusia atas beberapa nikmat yang telah diberikan Allah kepadanya dan bahwa Allah telah menunjukkan jalan-jalan yang akan menyampaikannya kepada kebahagiaan dan yang akan membawanya kepada kecelakaan.

Audio

QS. Al-Balad (90) : 1-20 ⊸ Misyari Rasyid Alafasy
Ayat 1 sampai 20 + Terjemahan Indonesia

QS. Al-Balad (90) : 1-20 ⊸ Nabil ar-Rifa’i
Ayat 1 sampai 20

Gambar Kutipan Ayat

Surah Al Balad ayat 7 - Gambar 1 Surah Al Balad ayat 7 - Gambar 2
Statistik QS. 90:7
  • Rating RisalahMuslim
4.9

Ayat ini terdapat dalam surah Al Balad.

Surah Al-Balad (bahasa Arab: البلد) adalah surah ke-90 dalam Alquran.
Surah ini tergolong surah Makkiyah yang terdiri atas 20 ayat.
Dinamakan “Al-Balad” yang berarti Negeri diambil dari perkataan “Al-Balad” yang terdapat pada ayat pertama surah ini.
Yang dimaksud dengan kota dalam ayat ini ialah kota Mekkah.

Nomor Surah90
Nama SurahAl Balad
Arabالبلد
ArtiNegeri
Nama lain
Tempat TurunMekkah
Urutan Wahyu35
JuzJuz 30
Jumlah ruku’1 ruku’
Jumlah ayat20
Jumlah kata82
Jumlah huruf343
Surah sebelumnyaSurah Al-Fajr
Surah selanjutnyaSurah Asy-Syams
Sending
User Review
4.7 (27 votes)
Tags:

90:7, 90 7, 90-7, Surah Al Balad 7, Tafsir surat AlBalad 7, Quran Al-Balad 7, Surah Al Balad ayat 7

Keluarga Anda ada yang belum mahir membaca Alquran? Ingin segera bisa?
Klik di sini sekarang!

Video


Panggil Video Lainnya

Ayat Lainnya

QS. Ash Shaffaat (Barisan-barisan) – surah 37 ayat 9 [QS. 37:9]

9. Kami lemparkan benda langit ke arah setan-setan durhaka itu untuk mengusir mereka dan mereka pun kelak akan mendapat azab yang kekal dan pedih di akhirat. … 37:9, 37 9, 37-9, Surah Ash Shaffaat 9, Tafsir surat AshShaffaat 9, Quran Al-Shaffat 9, AshShaffat 9, Ash Shafat 9, Ash Shaffat 9, Surah Ash Shaffat ayat 9

QS. Al A’raaf (Tempat yang tertinggi) – surah 7 ayat 165 [QS. 7:165]

Nasihat yang berkelanjutan pada ayat-ayat terdahulu bertujuan mengantar para pendurhaka itu sadar dan bertakwa, tetapi ternyata mereka tetap lengah dan lupa. Maka setelah mereka golongan yang diberi n … 7:165, 7 165, 7-165, Surah Al A’raaf 165, Tafsir surat AlAraaf 165, Quran Al Araf 165, Al-A’raf 165, Surah Al Araf ayat 165

Hadits Shahih

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Al-Lihyaniy berpendapat bahwa Alquran secara etimologi memiliki arti ...

Benar! Kurang tepat!

Fungsi utama kandungan Alquran yang menjelaskan kisah umat terdahulu adalah sebagai ...

Benar! Kurang tepat!

Selain berisi kisah-kisah umat terdahulu, dalam Alquran juga terdapat tamsil sebagai peringatan bagi manusia. Tamsil artinya ...

Benar! Kurang tepat!

+

Array

Alquran adalah mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. Di bawah ini merupakan bukti bahwa Alquran adalah mukjizat yang terbesar adalah ...

Benar! Kurang tepat!

Yang berarti “menggabungkan sesuatu dengan yang lain” adalah lafaz ...

Benar! Kurang tepat!

Pendidikan Agama Islam #16
Ingatan kamu cukup bagus untuk menjawab soal-soal ujian sekolah ini.

Pendidikan Agama Islam #16 1

Mantab!! Pertahankan yaa..
Jawaban kamu masih ada yang salah tuh.

Pendidikan Agama Islam #16 2

Belajar lagi yaa...

Bagikan Prestasimu:

Soal Lainnya

Pendidikan Agama Islam #1

Tuhan memiliki sifat Al Matiin, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala adalah zat Yang … Yang Maha Pembuka Rahmat

Pendidikan Agama Islam #8

Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah … haram makruh wajib sunnah mubah Benar! Kurang tepat! Undang-undang tentang penggunaan Hadits-Maudu

Pendidikan Agama Islam #10

Khotbah Nabi Muhammad saat masih di Mekah, difokuskan langsung pada esensi-esensi utama, yaitu … akhlakul karimah tauhid berperang melawan hawa

Instagram