H.R. Bukhari: 3157 – Tentang Nabi Adam Dan Nabi Musa

Ketika Nabi Musa dan Nabi Adam berdebat…

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 3157

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:

احْتَجَّ آدَمُ وَمُوسَى، فَقَالَ لَهُ مُوسَى: أَنْتَ آدَمُ الَّذِي أَخْرَجَتْكَ خَطِيئَتُكَ مِنْ الْجَنَّةِ. فَقَالَ لَهُ آدَمُ: أَنْتَ مُوسَى الَّذِي اصْطَفَاكَ اللَّهُ بِرِسَالاَتِهِ وَبِكَلاَمِهِ، ثُمَّ تَلُومُنِي عَلَى أَمْرٍ قُدِّرَ عَلَيَّ قَبْلَ أَنْ أُخْلَقَ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: فَحَجَّ آدَمُ مُوسَى مَرَّتَيْنِ.

 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah ﷺ bersabda:

Nabi Adam dan Nabi Musa berdebat. Nabi Musa berkata kepadanya: Kamu adalah Adam yang dosamu telah mengeluarkan kamu dari surga. Nabi Adam menjawabnya: Kamu adalah Musa yang telah Allah pilih dengan risalah-Nya dan dengan kalam-Nya lalu kamu menyalahkan aku atas urusan yang telah ditakdirkan atasku sebelum aku diciptakan? Maka kemudian Rasulullah ﷺ bersabda: Maka Nabi Adam mengalahkan Nabi Musa (dalam perdebatan) dua kali.

 

Pesan hadits yang disampaikan:

Dosa yang telah dilakukan seseorang di masa lalunya, kemudian ia bertaubat dan baik taubatnya, hendaklah orang lain tidak mengungkitnya dan menyalahkannya atas dosa tersebut. Karena takdir seseorang telah ditulis jauh sebelum dia diciptakan.







Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya





Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim
               



Copied!

Email: [email protected]
Made with in Yogyakarta


Ikuti RisalahMuslim