Tafsir Alquran

Kategori: Istilah Alquran

Tafsir Alquran (bahasa Arab: تفسير القرآن‎) adalah ilmu pengetahuan untuk memahami dan menafsirkan yang bersangkutan dengan Alquran dan isinya berfungsi sebagai mubayyin (pemberi penjelasan), menjelaskan tentang arti dan kandungan Alquran, khususnya menyangkut ayat-ayat yang tidak di pahami dan samar artinya.
Kebutuhan umat Islam terhadap tafsir Alquran, sehingga makna-maknanya dapat dipahami secara penuh dan menyeluruh, merupakan hal yang mendasar dalam rangka melaksanakan perintah Allah (Tuhan dalam Islam) sesuai yang dikehendaki-Nya.
Dalam memahami dan menafsirkan Alquran diperlukan bukan hanya pengetahuan bahasa Arab, tetapi juga berbagai macam ilmu pengetahuan yang menyangkut Alquran dan isinya.
Ilmu untuk memahami Alquran ini disebut dengan Ushul Tafsir atau biasa dikenal dengan Ulumul Qur’an (ilmu-ilmu Alquran).
Terdapat tiga bentuk penafsiran yaitu Tafsîr bil ma’tsûr, at-tafsîr bir ra’yi, dan tafsir isyari, dengan empat metode, yaitu ijmâli, tahlîli, muqârin dan maudhû’i.
Sedangkan dari segi corak lebih beragam, ada yang bercorak sastra bahasa, fiqh, teologi, filsafat, tasawuf, ilmiyah dan corak sastra budaya kemasyarakatan.
Usaha menafsirkan Alquran sudah dimulai semenjak zaman para sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri.
‘Ali ibn Abi Thâlib (w.
40 H), ‘Abdullah ibn ‘Abbâs (w.
68 H), ‘Abdullah Ibn Mas’ûd (w.
32 H) dan Ubay ibn Ka’ab (w.
32 H) adalah di antara para sahabat yang terkenal banyak menafsirkan ayat-ayat Alquran dibandingkan dengan sahabat-sahabat yang lain.

Definisi

Al-Utsaimin (2001), hlm. 23 menyebutkan,
“Tafsir secara bahasa berasal dari al-fasr (bahasa Arab: الفسر), yaitu menyingkap sesuatu yang tertutup.”
Adapun secara bahasa, tafsir (Alquran) adalah penjelasan terhadap makna-makna yang dikandung Alquran.
As-Suyuthi menukil dari Al-Imam Az-Zarkasyi, menjelaskan pengertian tafsir sebagai ilmu untuk memahami kitab Allah Subhanahu Wa Ta`ala yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, menjelaskan makna-maknanya, menyimpulkan hikmah dan hukum-hukumnya.



۞ Variasi nama: Tafsir

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. An Nabaa (Berita besar) – surah 78 ayat 37 [QS. 78:37]

37. Tuhan yang menganugerahkan semua itu adalah Tuhan Pemelihara langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya. Dialah Tuhan Yang Maha Pengasih dan Mahakaya. Dia mempunyai rahmat yang sangat ban … 78:37, 78 37, 78-37, Surah An Nabaa 37, Tafsir surat AnNabaa 37, Quran An Naba 37, AnNaba 37, An-Naba’ 37, Surah An Naba ayat 37

QS. Al Qalam (Pena) – surah 68 ayat 47 [QS. 68:47]

46-47. Apakah ada yang meragukan dengan ajaran Al-Qur’an ataukah engkau, wahai Nabi Muhammad, meminta imbalan kepada mereka, sehingga mereka dibebani dengan hutang? Ataukah mungkin mereka secara khus … 68:47, 68 47, 68-47, Surah Al Qalam 47, Tafsir surat AlQalam 47, Quran Al-Qalam 47, Surah Al Qolam ayat 47

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #17

اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ lafal tersebut adalah surah Ad-Dhuha ayat ke- … 7 5 6 3 4 Benar! Kurang tepat!

Pendidikan Agama Islam #16

Fungsi utama kandungan Alquran yang menjelaskan kisah umat terdahulu adalah sebagai … ilustrasi Alquran agar lebih menarik pelengkap informasi yang

Pendidikan Agama Islam #20

Yang termasuk mustahiq (orang berhak menerima zakat) berikut yaitu … kaum muslimin orang biasa orang kafir musawwir hamba sahaya Benar!

Instagram