Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

Selawat

Kategori: Istilah Umum

Selawat atau Salawat (bahasa Arab: صلوات‎) adalah bentuk jamak dari kata salat yang berarti doa atau seruan kepada Allah.
Membaca selawat untuk nabi, memiliki maksud mendoakan atau memohonkan berkah kepada Allah Subhanahu Wa Ta`ala.
untuk nabi dengan ucapan, pernyataan serta pengharapan, semoga dia (nabi) sejahtera (beruntung, tak kurang suatu apapun, keadaannya tetap baik dan sehat).
Selawat dalam bentuk lengkap Shallallāhu ‘alayhi wa as-sallām (bahasa Arab: صلى الله عليه وسلم‎ disingkat SAW) adalah ungkapan yang diucapkan oleh umat beragama Islam setiap kali mereka merujuk pada nama Nabi Muhammad.
Dalam bahasa apapun hal itu adalah tanda kehormatan dan penghargaan yang besar.
Hal ini juga digunakan setiap kali mengatakan nama orang lain dilihat sebagai nabi besar (Isa, Musa, dll).
Umat ​​Muslim mengatakan atau menulis ungkapan untuk mendapatkan berkah dari Allah bagi Muhammad, dan pada gilirannya, berkah untuk mereka sendiri.
Singkatan Shallallahu ‘alaihi wa sallam digunakan secara tertulis di dunia Muslim secara pribadi dan kadang dokumen pemerintah.
Alquran, kitab suci Islam, memerintahkan hal ini dilakukan.
Surah Al-Ahzab mengatakan,

“Sesungguhnya Allah dan para malaikatnya bersalawat untuk nabi.
Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”
(Al-Ahzab 33:56) ”
Selawat adalah pengingat bagi umat Islam untuk mengikuti ajarannya, dan menjadi seperti Muhammad dalam segala hal yang mereka katakan dan lakukan.
Salam berarti damai, sejahtera, aman sentosa dan selamat.
Jadi saat seorang muslim membaca selawat untuk nabi, dimaksudkan mendoakan dia semoga tetap damai, sejahtera, aman sentosa dan selalu mendapatkan keselamatan.







Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya





Podcast

Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim