Ruqayyah binti Muhammad

Kategori: Tokoh

Ruqayyah binti Muhammad (bahasa Arab: رُقيّة بنت محمد‎) adalah putri Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan istrinya Khadijah binti Khuwailid, putri tertua kedua setelah Zainab.

Kunyahnya adalah Ummu Abdillah, dan laqab/gelarnyanya Dzat al-Hijratain, lahir sebelum diutusnya kenabian Muhammad sekitar 7 tahun, kemudian ia masuk islam, dan hijrah ke Habasyah dan Madinah, ia wafat pada hari Pertempuran Badar tahun 2 H saat bersama dengan suaminya Utsman bin Affan pada usia 23 tahun.

Kemudian, pada tahun ke-4 H adiknya, Ummu Kultsum binti Muhammad Saw dinikahi Utsman bin Affan sehingga Utsman digelari Dzun-Nurain (pemilik dua cahaya).

Biografi

Ruqayyah lahir di Makkah pada tahun 22 Sebelum Hijriah atau tahun 601 sebelum diutusnya kenabian Muhammad sekitar 7 tahun, pada wakyu itu umur Nabi Muhammad 31 tahun.

Ruqayyah menikah dengan sepupunya Utbah bin Abu Lahab ketika ia masih belum berusia 10 tahun, ketika diutusnya kenabian Muhammad, Ruqayyah masuk islam sedangkan suaminya tetap pada agamanya, ketika diturunkan surat al-Masad yang terdapat celaan bagi Abu Lahab dan istrinya, Abu Lahab memaksa anaknya Utbah untuk menceraikan Ruqayyah dan Utbah belum menyentuhnya.

Kemudian Utsman bin Affan menikahinya di Makkah, dan hijrah bersamanya ke Habasyah, dan lahirlah darinya seorang anak yang bernama Abdullah, oleh karena itu ia berkunyah Ummu Abdullah.
Hingga berusia 6 tahun, Abdullah wafat pada tahun ke-4 Hijriah karena sakit.

Kematian

Ruqayyah wafat ketika Nabi Muhammad masih hidup, tepatnya pada bulan Ramadhan tahun 2 H/Maret 624, ketika sedang berlangsungnya Pertempuran Badar, ia sakit, suaminya Utsman bin Affan menetap bersamanya di Madinah untuk menjaganya serta tidak ikut serta dalam Pertempuran Badar atas perintah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ketika Ruqayyah wafat, Utsman memakamkan jenazah istrinya pada hari dimana datangnya Zaid bin Haritsah ke Madinah membawa kabar kemenangan kaum muslimin pada pertempuran Badar.

Ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam mendapatkan kabar atas wafat putrinya Ruqayyah, ia bersabda: Segala puji bagi Allah, telah dimakamkan putri-putri dari perempuan-perempuan yang mulia.


۞ Variasi nama: Ruqayyah, Ruqoyyah

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. As Sajdah (Sajdah) – surah 32 ayat 12 [QS. 32:12]

12. Saat hari hisab itu tiba, kamu akan melihat orang kafir tampak seperti pesakitan yang menunggu putusan. Dan alangkah ngerinya jika sekiranya engkau melihat orang-orang yang berdosa itu menundukkan … 32:12, 32 12, 32-12, Surah As Sajdah 12, Tafsir surat AsSajdah 12, Quran As-Sajdah 12, Surah As Sajdah ayat 12

QS. Yunus (Nabi Yunus) – surah 10 ayat 47 [QS. 10:47]

Sebagai wujud keadilan Tuhan, Dia mengutus rasul-rasul sebagai pemberi peringatan. Dan setiap umat mempunyai rasul yang menyampaikan ajaran kebenaran disertai bukti-bukti atas kebenaran ajaran tersebu … 10:47, 10 47, 10-47, Surah Yunus 47, Tafsir surat Yunus 47, Quran Yunus 47, Surah Yunus ayat 47

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #5

Berikut ini, yang tidak mengandung moral terpuji, adalah … berkata jujur meski pahit menolong tetangga yang kafir berkata yang baik

Pendidikan Agama Islam #8

Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah … haram sunnah mubah makruh wajib Benar! Kurang tepat! Berikut adalah hadits yang

Pendidikan Agama Islam #27

Basmalah tertulis atau disebutkan sebanyak dua kali pada surah … ar-Rahman Yusuf Hud an-Naml at-Taubah Benar! Kurang tepat! Surah yang

Instagram