Hadits Gharib

Kategori: Istilah Hadis

Hadits gharib secara kebahasaan bermakna menyendiri, atau jauh dari kerabat-kerabatnya.
Secara istilah Ibnu Shalah mendefinisikan hadis gharib sebagai hadis yang menyendiri sebagian rawinya, disifati dengan asing, begitupun dengan hadits yang menyendiri di dalamnya sesuatu yang tidak di sebutkan di selainnya.
Entah itu pada matan atau sanad.
Mahmud Thahhan menyebutnya sebagai hadis yang diriwayatkan oleh seorang perawi, entah itu terjadi pada setiap tingkatan (thabaqat), atau di salah satu dari sekian tingkatan, meski hanya terjadi pada satu tingkatan saja.
Dalam bait manzhumah-nya, al-Baiquny menjelaskan makna hadis gharib dengan ungkapan : و قل غريب ما روى راو فقط Dan katakanlah : bahwa yang dimaksud dengan hadis gharib adalah hadis yang diriwayatkan oleh seorang saja.
Hadis gharib adalah bagian dari hadis ahad, yakni hadis yang diriwayatkan oleh segelintir perawi saja pada setiap tingkatannya.
Kebalikan dari ahad adalah hadis mutawatir, yakni hadis yang diriwayatkan oleh banyak perawi pada setiap tingkatannya melebihi 10 perawi.
Contoh hadits gharib Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari : عن عمر ابن الخطاب: أن رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ إِلَى امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ Dari Umar bin Khattab bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia diniatkan”
Hadits ini gharib.
Namun, ke-gharib-annya hanya terletak pada sahabat saja, akan tetapi setelah itu terjadi penyebaran secara besar-besaran.


۞ Variasi nama: Hadis Gharib, Hadis Garib, garib, gharib

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Ad Dukhaan (Kabut) – surah 44 ayat 39 [QS. 44:39]

39. Tidaklah Kami ciptakan keduanya, yakni langit dan bumi itu, melainkan dengan haq atau benar sebagai bukti ke-Esaan dan kekuasaan Kami untuk kesempurnaan kehidupan manusia di dunia ini, tetapi keba … 44:39, 44 39, 44-39, Surah Ad Dukhaan 39, Tafsir surat AdDukhaan 39, Quran AdDukhan 39, Ad Dukhan 39, Ad-Dukhan 39, Surah Ad Dukhan ayat 39

QS. Al Infithar (Terbelah) – surah 82 ayat 2 [QS. 82:2]

1-4. Ada empat peristiwa besar pada hari kiamat yang disebutkan di bagian awal surah ini, dari ayat 1 s.d. 4. Dua peristiwa yang pertama terjadi di langit dan sisanya di bumi. Apabila langit yang demi … 82:2, 82 2, 82-2, Surah Al Infithar 2, Tafsir surat AlInfithar 2, Quran Al Infithaar 2, Al Infitar 2, Al-Infitar 2, Surah Al Infithar ayat 2

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #5

Lawan kata dari jujur ​​adalah … riya’ muslihat kebohongan ajur takwa Benar! Kurang tepat! Bekerja tepat waktu adalah salah satu

Pendidikan Agama Islam #4

Kejujuran adalah karakteristik dari seorang Muslim, sementara berbohong atau ketidakjujuran adalah fitur dari orang … mukmin beragama munafik muttaqin muhsin

Pendidikan Agama Islam #26

Pesan utama dari kandungan Alquran adalah … fikih sosial kemasyarakatan muamalah akhlak tauhid Benar! Kurang tepat! Surah yang terpanjang dalam

Instagram