Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

amirulmukminin

Kategori: Gelar Islam

KBBI

ami.rul.muk.mi.nin
[Ar n] sebutan atau gelar bagi pemimpin umat Islam (khalifah)



***

Amirul Mukminin ( أمير المؤمنين‎) adalah sebuah gelar dalam tradisi awal Islam yang berarti “Pemimpin Orang-Orang Beriman”.

Secara umum kaum Sunni berpendapat bahwa semua khalifah di segala zaman dapat menyandang gelar Amirul Mukminin; sementara kalangan Syiah berpandangan gelar itu eksklusif milik Ali bin Abi Thalib.

Penyandang gelar tersebut memang tidak selamanya berperan sebagai khalifah, ataupun sebaliknya. Seperti ditunjukkan di masa kekaisaran Turki Utsmani yang mana gelar tersebut tidak pernah digunakan oleh para sultan Ottoman, malah dilekatkan kepada orang lain yang bukan menduduki jabatan khalifah.

Penggunaan Istilah
Amirul Mukminin diterjemahkan ke dalam bahasa Latin sebagai Miramolinus, lalu diserap ke dalam bahasa Italia menjadi Miramolino, Perancis Miramolin, Spanyol Miramolín, dan Portugis Miramolim. Adapun dalam bahasa Yunani Bizantium diterjemahkan sebagai Amermoumnês (ἀμερμουμνῆς).

Istilah “amir”, meski lebih lazim diterjemahkan sebagai “pemimpin”, kadang diterjemahkan sebagai “pangeran”; sehingga istilah Amirul Mukminin dapat diterjemahkan sebagai “Pangeran Orang-Orang Beriman”.

Penggunaan di Masa Modern
Istilah Amirul Mukminin masih digunakan hingga sekarang di beberapa bagian dunia muslim. Berikut di antaranya:

• Raja Maroko, berdasarkan konstitusi negaranya, mendapat gelar Amirul Mukminin.
Kekhalifahan Sokoto yang sekarang berada di Nigeria, sejak abad ke-19 menganggap para pemimpinnya sebagai “Sarkin Musulmi” (terjemahan Amirul Mukminin dalam bahasa Hausa).
• Para pemimpin Ahmadiyah disebut sebagai Amirul Mukminin.

***

Amirul Mukminin adalah julukan kepada
Istilah amirul mukminin yang berarti pemimpin kaum Mukmin.

Istilah amirul mukminin yang mempunyai arti pemimpin kaum Mukmin disematkan pada diri seseorang, yaitu orang yang berwenang memberikan perintah atau tugas kepada pasukan selama masa Nabi Muhammad ﷺ dan setelahnya. Dengan demikian, ini berasal pada masa awal Islam.

Rezim Islam pada generasi selanjutnya mempertahankan penggunaannya. Arti lain juga muncul, misalnya, Ensiklopedia Islam menuturkan amirul mukminin dilekatkan pada seseorang yang memiliki kewenangan dalam memelihara dan mengatur berbagai urusan pemerintahan Islam.

Kepemerintahan Islam sering pula disebut dengan imarah dan kepala negaranya merupakan amir. Sebutan amir tercetus sejak pertemuan di Saqifah Bani Saidah ketika memusyawaratkan siapa yang menggantikan Nabi Muhammad sebagai pemimpin dalam pemerintahan dan bidang agama.

Akan tetapi, selanjutnya pengganti Muhammad memperoleh gelar khalifah. Umar bin Khattab yang menggantikan Abu Bakar disebut khalifah Rasulullah ﷺ. Ini dianggap terlalu panjang, kemudian muncul kesepakatan untuk memanggilnya menggunakan gelar amirul mukminin.

Ini terkuak dari riwayat at-Thabari dan al-Yaqubi yang dikutip Ensiklopedia Oxford Dunia Islam Modern. Orang pertama yang memanggil Umar dengan sebutan amirul mukminin adalah Abdullah bin Jasy. Tapi, pendapat lainnya menyebut Amr bin Ash. Sumber lain mengungkap nama Mughirah bin Syu’bah.

Tatkala masa-masa berikutnya, amirul mukminin digunakan oleh khalifah penerus Umar hingga Dinasti Umayyah dan Abbasiyah. Tentang gelar ini, tak ada wacana eksplisit yang mengaitkannya dengan perintah dalam Alquran agar umat Islam mematuhi Allah, Rasul, dan pemimpin di antara mereka.

Pada masa Dinasti Umayyah yang diawali dengan rezim Muawiyah, gelar ini lebih memiliki muatan ideologis. Selain kalender Hijriah dan kata bismillah, gelar ini tertera di atas mata uang logam. Mata uang Arab Sassaniyah awal tercantum kalimat “Muawiyah, amirul mukminin”.

Penguasa Islam di Spanyol semula memperoleh gelar amir, yang bermula pada Abdurrahman ad-Dakhil. Penggunaan amirul mukminin baru berlangsung ketika Abdul Rahman III naik takhta yang bertahan hingga rezim Umayyah di sana bubar pada 1031 Masehi.

Penggunaan gelar amirul mukminin semakin ditinggalkan sesudah terjadi gempuran Mongol terhadap rezim Islam di Timur Tengah pada abad ke-13. Para penguasa Usmaniyah pada puncak kejayaannya pada abad ke-16 dengan beberapa pengecualian tidak mengklaim dengan formal gelar tersebut.

Akan tetapi, amirul mukminin masih tetap mempunyai corak ideologisnya pada komunitas Muslim di Afrika Barat. Nashir al-Din memproklamasikan diri sebagai amirul mukminin saat memimpin gerakan sosial religius di Mauritania. Gerakan ini hancur tiga tahun setelah kematian Nasir al-Din pada 1674.

Usman Dan Fodio yang meniupkan gagasan reformis dan mesianis melawan rezim di wilayah yang sekarang dinamakan Nigeria, yang dia anggap korup, pun diberi gelar amirul mukminin. Itu adalah salah satu gelar yang ia sandang.

Di kalangan Syiah, imam ialah gelar bagi pemimpin negara yang berlaku pada masa Ali bin Abu Thalib memerintah. Meskipun demikian, pada perkembangannya amirul mukminin kembali dipakai pada masa Ubaidullah al-Mahdi dan Qasim Muhammad Abdul Qasim di Maroko, misalnya, termasuk Dinasti Idrisiah di Maghrib serta al-Aqsa di Maroko.
۞ Variasi nama:
Amirul Mukminin, Amirul Mu’minin
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video


More Videos

Al-Qasas

Apa itu Al-Qasas? Surah Al-Qasas adalah surah ke-28 dalam Alquran. Surah ini diturunkan di Makkah setelah Surah An-Naml dan terdiri dari 88 ayat. Surah ini diberi nama surah Al-Qasas karena mengambil kata dari ayat 25 yang berarti: “Kemudian salah seorang dari perempuan dua beradik itu datang mendapatkannya dengan berjalan dalam keadaan ter … • Al-Qashash, Al-Qasas, Al Qasas, Al Qashash

Doktor H. Komarudin Shaleh M.Ag

Siapa itu Doktor H. Komarudin Shaleh M.Ag? Doktor H. Komarudin Shaleh M.Ag menjabat sebagai Bidgar Pengembangan Sumber Daya Dakwah PP Persis, disamping juga aktif sebagai mubaligh, beliau juga menjabat Dekan Fakultas Dakwah Universitas Islam Bandung. Penulis buku: ● Asbabun Nuzul : Latar Belakang Historis Turunnya Ayat-Ayat Al-Quran 1 edition published in 1989 in Malay ●Ayat-Ayat … • Qamaruddin Shaleh • Komarudin Shaleh, K. H. Q Shaleh, K.H.Q.Shaleh, K.H.Q. Shaleh, KHQ. Shaleh, KHQ Shaleh, Qamaruddin KH Shaleh

Jabir bin Abdullah

Siapa itu Jabir bin Abdullah? Jabir bin ‘Abdullah bin Haram al-Anshari 15 tahun sebelum Nabi Muhammad Hijriah. Dia berasal dari keluarga yang miskin. Dia berasal dari suku Khazraj. Ibunya bernama Nasib … • Jabir ibn ‘Abdullah, Jabir, Jabir ibnu Abdullah, Abu ‘Abdullah

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Kategori: Gelar Islam

Katakanlah,
“Cukuplah Allah bagiku.”
Kepada-Nya-lah bertawakal orang-orang yang berserah diri.
QS. Az-Zumar [39]: 38

۞ Variasi nama:
Amirul Mukminin, Amirul Mu’minin
Kategori: Gelar Islam

Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia,
ialah Baitullah di Mekah yang diberkahi & menjadi petunjuk bagi semua manusia.
QS. Ali ‘Imran [3]: 96

۞ Variasi nama:
Amirul Mukminin, Amirul Mu’minin
Kategori: Gelar Islam

Di antara tanda kekuasaanNya, diperlihatkan padamu kilat untuk (timbulkan) ketakutan & harapan, Dia turunkan hujan, lalu hidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya.
Sungguh yang demikian itu terdapat tanda bagi kaum yang mempergunakan akal
QS. Ar-Rum [30]: 24

۞ Variasi nama:
Amirul Mukminin, Amirul Mu’minin

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan

Pendidikan Agama Islam #13

Nama pedang Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … … Apa nama peperangan pertama yang berlaku dalam sejarah Islam? … Apa makanan kegemaran Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam? … Apa warna kesukaan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam? … Sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Siapa yang berselawat kepadaku sekali, maka Allah akan berselawat kepadanya … kali.”

Pendidikan Agama Islam #12

Masyarakat Mekkah pada awal nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah waktu itu sedang dilanda berbagai krisis, dan yang paling menonjol adalah krisis … Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam lahir pada bulan … Nama isteri Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam selepas Khadijah ialah … Nama anak lelaki Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … … Nama Ibu susuan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … …

Pendidikan Agama Islam #1

Arti fana adalah … Tuhan memiliki sifat Al Karim, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala merupakan zat Yang ..Allah memiliki sifat Al Kariim yang tercantum dalam Alquran surah … Tuhan memiliki sifat Al Matiin, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala adalah zat Yang … Dalam Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al Matiin yang tercantum dalam Alquran surah …

Kamus

kunut nazilah

Apa itu kunut nazilah? kunut yang dibaca karena ada bahaya, malapetaka, atau musibah yang menimpa masyarakat … •

Alqamah bin Qais

Siapa itu Alqamah bin Qais? Alqamah bin Qais an-Nakha’i adalah seorang tabi’in senior, ahli fiqih, dan ahli tafsir yang ternama dari Kufah. Nama lengkapnya adalah Abu Syibli ‘Alqama...

kaifiah

Apa itu kaifiah? kai.fi.ah mengenai cara bersuci, baik berwudu, mandi besar, maupun ibadah wajib dan ibadah sunah … •

Munfarid

Apa itu Munfarid? Munfarid itu artinya sendiri. Yang dimaksud dengan MUNFARID adalah melaksanakan sesuatu secara sendiri. Munfarid ini adalah lawan dari Jamaah atau berjamaah dimana sesuatu dilaksana...

girah

Apa itu girah? gi.rah cemburu terhadap musuh agama dan sebagainya; ia berpandangan tajam, jernih, fanatik, dan girah terhadap keselamatan dakwah pohon, Ellipeia nervosa … •

Abdullah Ibnu Mas’ud

Siapa itu Abdullah Ibnu Mas’ud? Abdullah bin Mas’ud adalah sahabat Nabi Muhammad dan orang keenam yang masuk Islam setelah Nabi Muhammad mengawali dakwah di Mekah. Abdullah adalah sahabat...