Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

Al-Walid bin Abdul-Malik

Kategori: Tokoh

Al-Walid bin ‘Abdul-Malik (الوليد بن عبد الملك‎) atau Al-Walid I (668—23 Februari 715) adalah khalifah yang berkuasa pada tahun 705–715. Dia berasal dari Bani Umayyah cabang Marwani.
Al-Walid mewarisi tampuk kekhalifahan dari ayahnya dan diteruskan saudaranya.
Tidak ada penentangan berarti atas kedudukan Al-Walid sebagai khalifah sebagaimana pada masa tiga pendahulunya.

Ditambah keberadaan para gubernur yang cakap, kekhalifahan mampu meluaskan wilayah hingga mencapai Transoxiana di Asia Tengah, Sindh di anak benua India, dan semenanjung Iberia di Eropa.
Al-Walid juga memerintahkan pembangunan berbagai infrastruktur, sehingga sejarah arsitektur Islam dapat dikatakan dimulai dengan serius mulai pada masa kekuasaannya.

Awal kehidupan

Al-Walid lahir pada tahun 668 di masa kekuasaan Khalifah Mu’awiyah bin Abu Sufyan.
Dia merupakan putra tertua dari ayahnya, ‘Abdul Malik.
Pada masa kekhalifahan kakeknya, Marwan bin Al-Hakam, ‘Abdul Malik ditetapkan sebagai putra mahkota dan saudara ‘Abdul Malik, ‘Abdul Aziz, ditetapkan sebagai putra mahkota kedua.
Dengan demikian, saat ‘Abdul Malik menjadi khalifah, ‘Abdul ‘Aziz berada di urutan pertama sebagai pewaris sepeninggal ‘Abdul Malik.

‘Abdul Malik berkeinginan agar takhta diwariskan kepada putranya, tetapi ‘Abdul ‘Aziz menolak menyerahkan statusnya.
Namun perselisihan dapat dihindari lantaran ‘Abdul ‘Aziz meninggal pada Mei 705. Lima bulan kemudian, ‘Abdul Malik mangkat.
Al-Walid kemudian mewarisi tampuk kekhalifahan tanpa ada halangan.

Khalifah

Penaklukan dan pemerintahan Al-Walid melanjutkan kebijakan ayahnya untuk meluaskan wilayah kekhalifahan.
Tidak ada yang menantang kedudukannya sebagai khalifah sebagaimana pada masa tiga pendahulunya, sehingga Al-Walid dapat lebih memusatkan perhatian pada upaya penaklukan di timur dan barat.
Masa pemerintahannya dipandang sebagai salah satu periode terkuat kekhalifahan.
Keberhasilan dalam masa kekuasaan Al-Walid tidak terlepas dari para gubernur berpengaruh yang berkuasa atas namanya.

Sepupunya, ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz, ditunjuk sebagai gubernur di kawasan Hijaz dan dia berhasil meredakan ketegangan yang disebabkan luka politik antara penduduk setempat dengan pihak Umayyah.
Al-Walid menaruh perhatian besar pada pengembangan militer.
Dia membangun angkatan laut terkuat pada masa Umayyah dan menjadi kunci penting penaklukan Iberia.

Pada tahun 711, pasukan kekhalifahan telah menyeberang Selat Gibraltar dan di bawah kepemimpinan dari Musa bin Nusair dan Thariq bin Ziyad, pasukan Umayyah yang terdiri dari bangsa Arab dan Berber mulai menaklukkan kawasan tersebut.
Tahun 716, Umayyah sudah berhasil menguasai Iberia dan sebagian Franka (Prancis).
Seperti ayahnya, ia melanjutkan untuk memberikan kebebasan pada Al-Hajjaj bin Yusuf, dan kepercayaan tersebut berbuah kemenangan.

Al-Hajjaj bertanggung jawab memilih panglima yang berhasil membawa kemenangan di timur.
Muhammad bin Qasim berhasil menundukkan Sindh pada 711, membuka jalan penaklukan India di masa-masa selanjutnya.
Qutaibah bin Muslim, salah satu panglima Umayyah dan gubernur Khurasan, menaklukkan Samarkand, dan mengirim duta ke Tiongkok.
Dalam menjalankan pemerintahan di kawasan timur, Al-Hajjaj sendiri sangat keras dalam menekan para penentang Umayah, di antaranya adalah kelompok Syi’ah.
Keadaan ini membuat mereka mengungsi ke Madinah dan hidup dalam perlindungan ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz di sana.

Al-Hajjaj mengkritik ‘Umar karena dinilai terlalu lemah terhadap para penentang yang berpotensi menggoyahkan kekuasaan Umayyah sehingga dia meminta Al-Walid untuk memberhentikan ‘Umar.
Al-Walid sepakat, kemudian mengangkat ‘Utsman bin Hayyan sebagai Gubernur Makkah dan Khalid bin ‘Abdullah sebagai Gubernur Madinah.


۞ Variasi nama: Al-Walid ibnu Abdul Malik

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Apa mereka persekutukan (Allah dengan) berhala yang tak dapat ciptakan sesuatu pun? Sedang berhala itu sendiri buatan orang. Berhala itu tak bisa beri pertolongan pada penyembahnya & pada dirinya sendiri pun tak dapat memberi pertolongan
QS. Al-A’raf [7]: 191-192

Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin,
maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa & kesalahan.
QS. Al-Jinn [72]: 6

“Siapakah yang dapat melindungi kamu dari (takdir) Allah jika Dia menghendaki bencana atasmu atau menghendaki rahmat untuk dirimu?”
Dan orang-orang munafik itu tidak memperoleh bagi mereka pelindung & penolong selain Allah.
QS. Al-Ahzab [33]: 17

Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.
QS. Al-Qasas [28]: 24

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan

Pendidikan Agama Islam #5

Berikut ini, yang tidak mengandung moral terpuji, adalah … Orang yang jujur akan senantiasa mengatakan … Lawan kata dari jujur ??adalah … Orang yang suka berbohong adalah orang … Bekerja tepat waktu adalah salah satu ciri orang yang …

Pendidikan Agama Islam #23

Qada dan qadar termasuk rukun iman yang ke … Al Falaq artinya … Ayat ke 5 dari surah al-Falaq yaitu … … Percaya kepada Allah dan Rasulnya termasuk rukun … Meja, kursi, manusia, hewan dan tumbuhan adalah merupakan salah satu cara mengenal Allah Subhanahu Wa Ta`ala melalui …

Pendidikan Agama Islam #26

Sebab-sebab turunnya ayat Alquran disebut … Nama lain dari surah Al-Insyirah adalah … Jumlah surah-surah dalam Alquran adalah … Pesan utama dari kandungan Alquran adalah … Surah yang terpanjang dalam Alquran adalah …

Kamus

lailatulkadar

Apa itu lailatulkadar? lai.la.tul.ka.dar malam turunnya wahyu Allah (yakni pada malam gasal bulan Puasa sesudah tanggal 20), yang apabila seseorang beramal kebaikan pada malam itu, pahalanya akan dil...

ibadah badaniah

Apa itu ibadah badaniah? ibadah yang dilakukan secara fisik, seperti salat … •

hari tasyrik

Apa itu hari tasyrik? hari yang diharamkan berpuasa dan disunahkan menyembelih kurban pada hari ke-11, ke-12, dan ke-13 bulan Zulhijah … •

istislah

Apa itu istislah? is.tis.lah pendapat bahwa sesuatu adalah sahih karena berfaedah, baik untuk kepentingan pribadi maupun untuk kepentingan umum … •

Zindiq

Apa itu Zindiq? Zindiq secara etimologi berarti “kotoran yang membahayakan”. Sedangkan menurut istilah ilmu fiqih atau hukum islam berarti seseorang yang tidak berpegang teguh terhadap aga...

girah

Apa itu girah? gi.rah cemburu terhadap musuh agama dan sebagainya; ia berpandangan tajam, jernih, fanatik, dan girah terhadap keselamatan dakwah pohon, Ellipeia nervosa … •