Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 5234 – Dajjal keluar dan tinggal di bumi

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بِشْرٍ عَنْ أَبِي حَيَّانَ عَنْ أَبِي زُرْعَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ حَفِظْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدِيثًا لَمْ أَنْسَهُ بَعْدُ سَمِع
Shahih Muslim hadis nomor 5234
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah(1) telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Bisyr(2) dari Abu Hayyan(3) dari Abu Zur’ah(4) dari Abdullah bin Amru(5) berkata:
Aku menghafal suatu hadis dari Rasulullah ﷺ yang tidak aku lupakan sama sekali.
Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda:

“Sesungguhnya tanda-tanda pertama yang muncul adalah terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya, keluarnya binatang-binatang dipagi hari atas manusia, mana saja diantara keduanya yang muncul terlebih dahulu, yang selanjutnya muncul sesaat setelahnya.”

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdullah bin Numair(6) telah menceritakan kepada kami ayahku(7) telah menceritakan kepada kami Abu Hayyan(3) dari Abu Zur’ah(4) berkata:
Tiga orang muslim mendekati Marwan bin Al Hakam di Madinah, mereka mendengarnya menceritakan tentang tanda-tanda (kiamat),
dan yang pertama muncul adalah Dajjal.
Abdullah bin Amru(5) berkata:
Marwan tidak mengatakan apa pun.

Aku menghafal suatu hadis dari Rasulullah ﷺ yang tidak aku lupakan sama sekali.
Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, ia menyebut hadis serupa.

Telah menceritakan kepada kami Nashr bin Ali Al Jahdlami(11) telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad(12) telah menceritakan kepada kami Sufyan(13) dari Abu Hayyan(3) dari Abu Zur’ah(4) berkata:
Mereka menyebut-nyebut kiamat di kediaman Marwan lalu Abdullah bin Amru(5) berkata:
Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, seperti hadis mereka berdua tapi ia tidak menyebut:
Di pagi hari.


(3) 👤 Yahya bin Sa’id bin Hayyan, At Taymiy, Abu Hayyan ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 145 Hijriah (± 762 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(2) 👤 Muhammad bin Bisyir bin Al Furafashah, Al ‘Abdiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 203 Hijriah (± 819 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(4) 👤 Abu Zur’ah bin ‘Amru bin Jarir bin ‘Abdullah , Al Bajaliy , Abu Zur’ah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Kufah.


(5) 👤 Abdullah bin ‘Amru bin Al ‘Ash bin Wa’il, As Sahmiy Al Qurasyiy, Abu Muhammad ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 63 Hijriah (± 683 Masehi) ☖ Hidup di Maru ⚑ Wafat di Tha’if.

(6) 👤 Muhammad bin ‘Abdullah bin Numair, Al Hamdaniy Al Kharifiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(7) 👤 Abdullah bin Numair, Al Hamdaniy Al Kharifiy, Abu Hisyam ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 199 Hijriah (± 815 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(8) 👤 Yahya bin Sa’id bin Hayyan, At Taymiy, Abu Hayyan ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 145 Hijriah (± 762 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(9) 👤 Abu Zur’ah bin ‘Amru bin Jarir bin ‘Abdullah , Al Bajaliy , Abu Zur’ah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Kufah.

(10) 👤 Abdullah bin ‘Amru bin Al ‘Ash bin Wa’il, As Sahmiy Al Qurasyiy, Abu Muhammad ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 63 Hijriah (± 683 Masehi) ☖ Hidup di Maru ⚑ Wafat di Tha’if.


(11) 👤 Nashr bin ‘Ali bin Nashr bin Shubhan, Al Azdiy Al Jahdlomiy, Abu ‘Amru ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 250 Hijriah (± 864 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(12) 👤 Muhammad bin ‘Abdullah bin Az Zubair bin ‘Umar bin Dirham, Az Zubairiy Al Asadiy, Abu Ahmad ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 203 Hijriah (± 819 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Ahwaz.


(13) 👤 Sufyan bin Sa’id bin Masruq, Ats Tsauriy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 161 Hijriah (± 778 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Bashrah.

(14) 👤 Yahya bin Sa’id bin Hayyan, At Taymiy, Abu Hayyan ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 145 Hijriah (± 762 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(15) 👤 Abu Zur’ah bin ‘Amru bin Jarir bin ‘Abdullah , Al Bajaliy , Abu Zur’ah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Kufah.

(16) 👤 Abdullah bin ‘Amru bin Al ‘Ash bin Wa’il, As Sahmiy Al Qurasyiy, Abu Muhammad ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 63 Hijriah (± 683 Masehi) ☖ Hidup di Maru ⚑ Wafat di Tha’if.




Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Sunan Abu Daud 3756
Sunan Ibnu Majah 4059
• Musnad Ahmad 6586
• Musnad Ahmad 11500
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More
HR. Muslim: 5233 – Dajjal keluar dan tinggal di bumi

… menyebut hadis seperti hadis Mu’adz dan ia menyebutkan dalam hadisnya “Tidak tersisa seorang pun yang dihatinya ada keimanan seberat biji sawi melainkan nyawanya dicabut” Muhammad bin Ja’far berkata telah menceritakan kepadaku hadis ini beberapa kali dan aku memaparkannya padanya • HR Muslim 5233, Hadits Shahih Muslim 5233, Hadits Muslim No. 5233

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan.
Dia telah ciptakan manusia dari segumpal darah.
Bacalah dan Tuhanmulah Yang Maha Mulia, Yang mengajar (manusia) dengan pena,
Dia mengajar kepada manusia apa yang tak diketahuinya
QS. Al-‘Alaq [96]: 1-5

Karena itu,
ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu,
dan bersyukurlah kepada-Ku,
dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.
QS. Al-Baqarah [2]: 152

Allah berfirman kepada Musa,
“Aku telah kabulkan apa yang kau minta. Ini karunia untukmu. Sebelumnya, Kami juga telah berimu karunia lain tanpa diminta, ketika Kami ilhamkan kepada ibumu sebuah ilham yang kelak merupakan sumber hidupmu”
QS. Ta Ha [20]: 36-38

Pada hari (ketika),
lidah,
tangan & kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.
QS. An-Nur [24]: 24

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #19

Berakhirnya seluruh kehidupan di dunia dinamakan … Hari kiamat di jelaskan dalam Alquran, surah … .Tempat berkumpulnya manusia di akhirat di sebut padang … Salah satu hikmah mempercayai datangnya hari akhir, yaitu … … Surah yang menjelaskan bahwa ‘Allah Subhanahu Wa Ta`ala tempat meminta’, yaitu … …

Pendidikan Agama Islam #29

Sebagai perumpamaan orang yang mengajak berbuat baik, tetapi dirinya sendiri tidak melakukan adalah … Berikut kedudukan orang yang menuntut ilmu, kecuali … potongan ayat di atas terdapat pada Alquran surah … Ilmuan muslim yang dalam bidang kedokteran yang berasal dari Persia yaitu … Siapakah nabi yang lebih memilih ilmu daripada harta?

Pendidikan Agama Islam #8

Sumber kedua hukum dalam menetapkan Hukum tentang Alquran adalah … Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah … Orang yang menceritakan hadits disebut … Undang-undang tentang penggunaan Hadits-Maudu adalah … Berikut adalah hadits yang rusak, kecuali …

Kamus

Imam Qurtubi

Siapa itu Imam Qurtubi? Al-Qurthubi atau Qurtubi adalah seorang Imam, Ahli hadits, Alim, dan seorang mufassir Al-Qur’an yang terkenal. Nama lengkapnya adalah “Abu ‘Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakr Al-Anshari al-Qurthubi” . Dia berasal dari Qurthub dan mengikuti mahzab fiqih Maliki. Dia sangat terkenal melalui kary … • Al Qurtubi, Al-Qurtubi, Qurtubi, Qurthubi

Surga Al-Maqomul Amin

Apa itu Surga Al-Maqomul Amin? Surga Al-Maqomul Amin, diciptakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta`ala dari emas. Kandidat penghuninya, yakni orang-orang yang keimanannya sudah mencapai level muttaqin, yakni orang-orang yang benar- benar bertakwa kepada Allah. Berikut ini nama-nama surga, tingkatan, dan para kandidat penghuninya: 1. Surga Firdaus, diciptakan oleh Allah Subhanah … • Al-Maqomul Amin, Maqomul Amin

Az-Zamakhsyari

Siapa itu Az-Zamakhsyari? Zamakhsyari merupakan seorang mufassir muktazilah yang memiliki karya al-Kasyaf, salah satu kitab tafsir hebat di masanya. Sebagai pembaca dan pegiat kajian tafsir, anda pasti tidak asing dengan tafsir al-Kasyaf. Kitab tafsir yang dikarang oleh Zamakhsyari ini dinilai sebagai salah satu kitab tafsir terbaik di masanya. Akan kurang utama jika para … • Imam az-Zamakhsyari, Zamakhsyari

demokrasi politik

Apa itu demokrasi politik? sistem politik yang ditandai dengan berfungsinya lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif yang secara relatif bersifat otonom … •

Ummu Aiman

Siapa itu Ummu Aiman? Namanya adalah Barakah binti Tsa’labah bin Amru bin Hishan bin Malik bin Salmah bin Amru bin Nu’man Al-Habasyiyah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewarisi wanita ini dari ayah beliau, dan Ummu Aiman senantiasa mengasuh Rasulullah hingga dewasa. Tatkala Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menikah dengan Khadijah bi … • Umm Ayman, Barakah, Ummu Ayman, Barakah binti Tsa’labah

magrib

Apa itu magrib? mag.rib barat arah matahari terbenam; waktu matahari terbenam; ia tiba di Jakarta menjelang magrib; waktu salat wajib menjelang matahari terbenam sampai lenyapnya sinar merah di ufuk barat; salat wajib sebanyak tiga rakaat pada waktu menjelang matahari terbenam sampai lenyapnya sinar … • maghrib

Instagram