Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 5144 – Kehancuran umat ini karena saling bermusuhan

حَدَّثَنَا أَبُو الرَّبِيعِ الْعَتَكِيُّ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ كِلَاهُمَا عَنْ حَمَّادِ بْنِ زَيْدٍ وَاللَّفْظُ لِقُتَيْبَةَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ أَيَّوبَ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ عَنْ أَبِي أَسْمَاءَ عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
Shahih Muslim hadis nomor 5144
Telah menceritakan kepada kami Abu Ar Rabi’ Al Ataki(1) dan Qutaibah bin Sa’id(2), keduanya dari Hammad bin Zaid(3) dan teksnya milik Qutaibah, telah menceritakan kepada kami Hammad(4) dari Ayub(5) dari Abu Qilabah(6) dari Abu Asma`(7) dari Tsauban(8) berkata:
Rasulullah ﷺ bersabda:

“Sesungguhnya Allah menghimpun bumi untukku lalu aku melihat timur dan baratnya dan sesungguhnya kekuasaan ummatku akan mencapai yang dihimpunkan untukku, aku diberi dua harta simpanan:
merah dan putih, dan sesungguhnya aku meminta Rabbku untuk ummatku agar tidak dibinasakan oleh kekeringan menyeluruh, agar Ia tidak memberi kuasa musuh untuk menguasai mereka selain diri mereka sendiri lalu menyerang perkumpulan mereka, dan sesungguhnya Rabbku berfirman:
‘Hai Muhammad, sesungguhnya Aku bila menentukan takdir tidak bisa dirubah, sesungguhnya Aku memberikan untuk umatmu agar tidak dibinasakan oleh kekeringan menyeluruh, Aku tidak memberi kuasa musuh untuk menyerang mereka selain diri mereka sendiri lalu mereka menyerang perkumpulan mereka meski mereka dikepung dari segala penjurunya hingga sebagaian dari mereka membinasakan sebagaian lainnya dan saling menawan satu sama lain.”

Telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb(9), Ishaq bin Ibrahim(10), Muhammad bin Al Mutsanna(11) dan Ibnu Basyar(12), berkata Ishaq:
Telah mengkhabarkan kepada kami, sedangkan yang lain berkata:
telah menceritakan kepada kami Mu’adz bin Hiysam(13) telah menceritakan kepadaku ayahku(14) dari Qatadah(15) dari Abu Qilabah(6) dari Abu Asma` Ar Rahabi(17) dari Tsauban(8) bahwa nabi Allah ﷺ bersabda:

“Sesungguhnya Allah menghimpun bumi untukku hingga aku melihat timur dan baratnya, dan Ia memberiku dua harta simpanan:
merah dan putih.”

Selanjutnya ia menyebut seperti hadis Ayyub dari Abu Qilabah.


(3) 👤 Hammad bin Zaid bin Dirham, Abu Isma’il, Al Azraq ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 179 Hijriah (± 795 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(2) 👤 Qutaibah bin Sa’id bin Jamil bin Tharif bin ‘Abdullah , Ats Tsaqafiy Al Baghlaniy, Abu Raja’ ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 240 Hijriah (± 854 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.

(4) 👤 Hammad bin Zaid bin Dirham, Abu Isma’il, Al Azraq ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 179 Hijriah (± 795 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(5) 👤 Ayyub bin Abi Tamimah Kaysan, As Sikhtiyaniiy, Abu Bakar ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 131 Hijriah (± 749 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(6) 👤 Abdullah bin Zaid bin ‘Amru bin Nabil, Al Jarmiy, Abu Qilabah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 104 Hijriah (± 722 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Syam.


(7) 👤 Amru bin Mirtsad, Ar Rahabiy Ad Damasyqiy, Abu Asma’ ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Syam.

(8) 👤 Tsauban bin Bajdad, Abu ‘Abdullah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 54 Hijriah (± 674 Masehi) ☖ Hidup di Syam ⚑ Wafat di Halwan.


(9) 👤 Zuhair bin Harb bin Syaddad, Al Harasyiy An Nasa’iy, Abu Khaitsamah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.

(10) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.


(11) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(12) 👤 Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(13) 👤 Mu’adz bin Hisyam bin Abi ‘Abdullah , Ad Dustuwa’iy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 200 Hijriah (± 816 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(14) 👤 Hisyam bin Abi ‘Abdullah Sanbar, Ad Dastuwa’i Ar Rib’i, Abu Bakar ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 154 Hijriah (± 771 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(15) 👤 Qatadah bin Da’amah bin Qatadah, As Sadusiy, Abu Al Khaththab ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Hait.

(16) 👤 Abdullah bin Zaid bin ‘Amru bin Nabil, Al Jarmiy, Abu Qilabah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 104 Hijriah (± 722 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Syam.


(17) 👤 Amru bin Mirtsad, Ar Rahabiy Ad Damasyqiy, Abu Asma’ ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Syam.

(18) 👤 Tsauban bin Bajdad, Abu ‘Abdullah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 54 Hijriah (± 674 Masehi) ☖ Hidup di Syam ⚑ Wafat di Halwan.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Sunan Abu Daud 3710
• Musnad Ahmad 21415
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More
HR. Muslim: 5145 – Kehancuran umat ini karena saling bermusuhan

… Mu’awiyah telah menceritakan kepada kami Utsman bin Hakim Al Anshari telah mengkhabarkan kepadaku Amir bin Sa’ad dari ia pulang bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam dalam sekelompok sahabat-sahabat beliau beliau melintasi masjid bani Mu’awiyah seperti hadis Ibnu Numair • HR Muslim 5145, Hadits Shahih Muslim 5145, Hadits Muslim No. 5145

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu,
tetapi dia adalah Rasulullah & penutup nabi-nabi.
Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
QS. Al-Ahzab [33]: 40

Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah.
Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.
QS. Al-‘Ankabut [29]: 41

Nikmat apa saja yang datang kepada kalian adalah semata-mata dari Allah.
Maka jika kalian mendapatkan malapetaka,
janganlah kalian memohon dengan suara lantang kecuali hanya kepada-Nya.
QS. An-Nahl [16]: 53

Allah bentangkannya di langit menurut yang dikehendaki-Nya, dan jadikannya bergumpal-gumpal,
lalu kamu lihat hujan keluar dari celah-celahnya,
bila hujan turun mengenai hamba-hamba yang dikehendaki-Nya, tiba-tiba mereka menjadi gembira
QS. Ar-Rum [30]: 48

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #22

Karena rajin belajar maka Afit selalu juara dalam setiap perlombaan antar sekolah, pernyataan tersebut merupakan contoh … Takdir yang bisa diubah dinamakan … Salah satu contoh takdir muallaq (bisa diubah) adalah … Matahari berputar mengelilingi sumbunya, termasuk contoh takdir … Yang tidak termasuk cara beriman kepada qada dan qadar Allah adalah …

Pendidikan Agama Islam #29

Sebagai perumpamaan orang yang mengajak berbuat baik, tetapi dirinya sendiri tidak melakukan adalah … Berikut kedudukan orang yang menuntut ilmu, kecuali … potongan ayat di atas terdapat pada Alquran surah … Ilmuan muslim yang dalam bidang kedokteran yang berasal dari Persia yaitu … Siapakah nabi yang lebih memilih ilmu daripada harta?

Pendidikan Agama Islam #9

Arti hadits maudhu’ adalah … Pengertian ijtihad menurut istilah adalah … Orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan infefensi hukum-hukum syariat dari sumber-sumber yang terpercaya disebut dengan … Berdasarkan bahasa, ijma artinya adalah … Era ketidaktahuan juga disebut zaman …

Kamus

Ibnu Abi Mulaikah

Siapa itu Ibnu Abi Mulaikah? Ibnu Abi Mulaikah adalah seorang ulama kota Mekkah, hafidz Qur’an, dan perawi hadits yang ternama dari golongan tabi’in. Nama lengkapnya ialah Abdullah bin Ubaidullah bin Abi Mulaikah, Zuhair bin Abdullah bin Jud’an bin Amru bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim, yaitu keturunan dari Bani Taim dari suku Quraisy. Ia dilahirkan pada masa akhi … •

Bani Nadhir

Siapa itu Bani Nadhir? Bani Nadhir adalah kabilah Yahudi yang tinggal di wilayah Utara Jazirah Arab, di sebuah oase yang dahulu dikenal dengan nama Yatsrib. Mereka tinggal di wilayah tersebut hingga nama kota itu berganti dengan Madinah an-Nabawiyah. Pada abad ke-7 M, mereka pun terusir dari wilayah yang telah lama mereka diami karena penghianatan perjanjian yang mereka … • Bani Nadir, Bani an-Nadhir

Al Mughnii

Apa itu Al Mughnii? Allah itu Al-Mughniyy ◀ Artinya adalah Allah itu berkuasa untuk memberikan kekayaan kepada makhluk-Nya sesuai dengan yang Dia kehendaki. Al-Mughniyy menunjukkan bahwa Allah adalah Dzat yang mencukupi segala kebutuhan seluruh ciptaan-Nya. Semua yang ada dilangit dan dibumi adalah kepunyaan Allah termasuk diri kita sendiri. Oleh sebab itu apap … • Al-Mughnii, Al-Mughni

An-Nashir

Siapa itu An-Nashir? An-Nashir Lidinillah bergelar Abu al-Abbas dengan nama asli Ahmad bin al-Mustadhi’ Biamrillah adalah Khalifah ke-34 Bani Abbasiyah di Baghdad dari 1180 hingga 1225. Adz-Dzahabi berkata tentang masa kekuasaannya: “Tidak seorang pun dari khalifah yang memegang kekuasaan lebih lama darinya. Karena dia berkuasa sela … • • An Nashir

Tarekat Qodiriyah

Apa itu Tarekat Qodiriyah? Qodiriyah adalah nama sebuah tarekat yang didirikan oleh Syeikh Muhyidin Abu Muhammad Abdul Qodir Jaelani Al Baghdadi QS. Tarekat Qodiriyah berkembang dan berpusat di Iraq dan Syria kemudian diikuti oleh jutaan umat muslim yang tersebar di Yaman, Turki, Mesir, India, Afrika dan Asia. Tarekat ini sudah berkembang sejak abad ke-13. Namun meski sudah … • Qadiriyah, Qodiriyah

mud

Apa itu mud? ukuran isi sama dengan 5/6 liter; orang yang tua renta itu menggantikan kada puasa yang ditinggalkannya dengan lima mud beras … •

Instagram