Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 5041 – Seseorang tidak akan masuk surga dengan amalnya, tetapi dengan rahmat Allah

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَارِبُوا وَسَدِّدُوا وَاعْلَمُوا أَنَّهُ لَنْ يَنْجُوَ أ
Shahih Muslim hadis nomor 5041
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdullah bin Numair(1) telah menceritakan kepada kami ayahku(2) telah menceritakan kepada kami Al A’masy(3) dari Abu Shalih(4) dari Abu Hurairah(5) berkata:
Rasulullah ﷺ bersabda:

“Mendekatlah, tujulah kebenaran dan ketahuilah bahwa sesungguhnya tidak seorang pun dari kalian yang selamat karena amalnya.”

Mereka bertanya:
“Tidak juga Tuan, wahai Rasulullah? beliau menjawab:
“Tidak juga aku, kecuali bila Rabbmu melimpahkan rahmat dan karunia padaku.”

Telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair(6) telah menceritakan kepada kami ayahku(2) telah menceritakan kepada kami Al A’masy(3) dari Abu Sufyan(9) dari Jabir(10) dari nabi ﷺ sepertinya.
Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim(11) telah menceritakan kepada kami Jarir(12) dari Al A’masy(3) dengan kedua dua sanad secara keseluruhan seperti riwayat Ibnu Numar.

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah(14) dan Abu Kuraib(15) keduanya berkata:
Telah menceritakan kepada kami Abu Mu’awiyah(16) dari Al A’masy(3) dari Abu Shalih(4) dari Abu Hurairah(5) dari nabi ﷺ sepertinya dan ia menambahi:
“Dan bergembiralah.”


(3) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(2) 👤 Abdullah bin Numair, Al Hamdaniy Al Kharifiy, Abu Hisyam ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 199 Hijriah (± 815 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(4) 👤 Dzakwan, Abu Shalih ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 101 Hijriah (± 720 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(5) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(6) 👤 Muhammad bin ‘Abdullah bin Numair, Al Hamdaniy Al Kharifiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(7) 👤 Abdullah bin Numair, Al Hamdaniy Al Kharifiy, Abu Hisyam ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 199 Hijriah (± 815 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(8) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(9) 👤 Thalhah bin Nafi’, Al Qurasyiy Al Iskaf, Abu Sufyan ✶ Tabi’in kalangan biasa ☖ Hidup di Marur Rawdz.

(10) 👤 Jabir bin ‘Abdullah bin ‘Amru bin Haram, Al Anshari As Sulamiy, Abu ‘Abdullah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 78 Hijriah (± 697 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(11) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.

(12) 👤 Jarir bin ‘Abdul Hamid bin Qarth, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 188 Hijriah (± 804 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(13) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(14) 👤 Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(15) 👤 Muhammad bin Al ‘Alaa’ bin Kuraib, Al Hamdaniy, Abu Kuraib ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 248 Hijriah (± 862 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(16) 👤 Muhammad bin Khazim, At Tamimiy As Sa’adiy, Abu Mu’awiyah, Adl Dluraior ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 195 Hijriah (± 811 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(17) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(18) 👤 Dzakwan, Abu Shalih ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 101 Hijriah (± 720 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(19) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.



Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
• Musnad Darimi 2617
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Dan sesungguhnya kebanyakan (dari manusia) benar benar hendak menyesatkan (orang lain) dengan hawa nafsu mereka tanpa pengetahuan.
Sesungguhnya Tuhanmu,
Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang melampaui batas.
QS. Al-An’am [6]: 119

Orang yang kembali (mengambil riba),
maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka,
mereka kekal di dalamnya.
QS. Al-Baqarah [2]: 275

Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah,
dan orang-orang yang kafir berperang di jalan thaghut,
sebab itu perangilah kawan-kawan syaitan itu,
karena sesungguhnya tipu daya syaitan itu adalah lemah.
QS. An-Nisa’ [4]: 76

“Aku tak minta kepadamu sesuatu upah atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan”.
Dan siapa yang kerjakan kebaikan akan Kami tambahkan baginya kebaikan pada kebaikannya itu. Sungguh Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri
QS. Asy-Syura [42]: 23

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #10

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menerima wahyu pertama di … Wahyu pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam terkandung dalam surah … Sejak wahyu di Surah Al Muddasir : 1-7, Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mulai berkhotbah. Awalnya nabi melakukan dakwah kepada … Khotbah Nabi Muhammad saat masih di Mekah, difokuskan langsung pada esensi-esensi utama, yaitu … … Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkhotbah di kota Mekah kurang lebih selama …

Pendidikan Agama Islam #1

Arti fana adalah … Tuhan memiliki sifat Al Karim, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala merupakan zat Yang ..Allah memiliki sifat Al Kariim yang tercantum dalam Alquran surah … Tuhan memiliki sifat Al Matiin, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala adalah zat Yang … Dalam Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al Matiin yang tercantum dalam Alquran surah …

Pendidikan Agama Islam #9

Arti hadits maudhu’ adalah … Pengertian ijtihad menurut istilah adalah … Orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan infefensi hukum-hukum syariat dari sumber-sumber yang terpercaya disebut dengan … Berdasarkan bahasa, ijma artinya adalah … Era ketidaktahuan juga disebut zaman …

Kamus

Asy-Syura

Apa itu Asy-Syura? Surah Asy-Syura adalah surah ke-42 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah makkiyah, terdiri atas 53 ayat. Dinamakan Asy-Syura yang berarti Musyawarah diambil dari kata Syuura yang terdapat pada ayat 38 pada surah ini. Dalam ayat tersebut diletakkan salah satu dari dasar-dasar pemerintahan Islam ialah musyawarah. Surah ini kadang kala dis … • Asy Shyuura, Asy-Syura, Asy Syuura, Ash Shura

inziaj

Apa itu inziaj? in.zi.aj tergetarnya hati di hadapan Allah karena pengaruh mendengarkan ajaran agama … •

rida

Apa itu rida? ri.da rela; suka; senang hati; rida lah patik menjadi istri beliau; perkenan; rahmat; negeri yang aman dan makmur serta mendapat rida Tuhan Yang Maha Esa … • ridho, keridaan, keridhoan

Ibnu Hibban

Siapa itu Ibnu Hibban? Abu Hatim Muhammad ibn faisal al-Tamimi al-Darimi al-Busti adalah seorang sarjana Muslim, Muhaddith, sejarawan, penulis karya terkenal, “Sheikh of Khorasan”. Biografi Ibn Hibban lahir pada 270 H di Bust atau Bost di Afghanistan selatan saat ini (nama lama ibukota provinsi Helmand adalah bost atau bust, nama … • Muhammad Ibn Hibban, Muhammad bin Hibban bin Ahmad bin Hibban bin Muadz bin Ma’bad at-Tamimi Abu Hatim ad-Darimi, Shahih Ibnu Hibban

Al-Infitar

Apa itu Al-Infitar? Surah Al-Infitar adalah surah ke-82 dalam al Qur’an. Surah ini terdiri atas 19 ayat, termasuk golongan surah Makkiyah dan diturunkan setelah surah An-Nazi’at. Al Infithaar yang dijadikan nama untuk surat ini adalah kata asal dari kata Infatharat yang terdapat pada ayat pertama. Nomor Sur … • Al-Infithar, Al-Infitar, Al Infitar

Nusyuz

Apa itu Nusyuz? Nusyuz secara bahasa berarti tempat yang tinggi . Sedangkan secara istilah nusyuz berarti istri durhaka kepada suami dalam perkara ketaatan pada suami yang Allah wajibkan, dan pembangkangan ini telah menonjol. Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Nusyuz adalah meninggalkan perintah suami, menentangnya dan membencinya” (Tafsir Al Qur’an Al ‘ … •

Instagram