Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4993 – Sifat hari kiamat, surga dan neraka

حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصِ بْنِ غِيَاثٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ قَالَ سَمِعْتُ إِبْرَاهِيمَ يَقُولُ سَمِعْتُ عَلْقَمَةَ يَقُولُا قَالَ عَبْدُ اللَّهِ جَاءَ رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَ
Shahih Muslim hadis nomor 4993
Telah menceritakan kepada kami ‘Umar bin Hafsh bin Ghiyats(1) telah menceritakan kepada kami bapakku(2) telah menceritakan kepada kami Al A’masy(3) dia berkata:
aku mendengar Ibrahim(4) berkata:
aku mendengar ‘Alqamah(5) berkata:
‘Abdullah(6) berkata::
“Seorang laki-laki dari ahlu kitab datang kepada Nabi ﷺ lalu dia berkata:
‘Wahai Abu Qasim! Kelak di hari kiamat Allah Ta’ala memegang langit, bumi, pohon-pohon, binatang-binatang, dan seluruh makhluk dengan jari-Nya seraya berkata:
‘Akulah Raja (Penguasa)! Akulah Raja! ‘ Abdullah berkata:
‘Maka aku melihat Rasulullah ﷺ pun tertawa hingga nampak gigi serinya.
Kemudian beliau membaca ayat:
‘Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya.

(QS Az-Zumar [39]: 67).’

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah(7) dan Abu Kuraib(8) mereka berdua berkata:
telah menceritakan kepada kami Abu Mu’awiyah(9) Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, dan telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim(10) dan ‘Ali bin Khasyram(11) mereka berdua berkata:
telah mengabarkan kepada kami ‘Isa bin Yunus(12) Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, dan telah menceritakan kepada kami ‘Utsman bin Abu Syaibah(13) telah menceritakan kepada kami Jarir(14) semuanya dari Al A’masy(3) dengan sanad ini.
Namun di semua Hadis mereka disebutkan lafazh:
‘pohon-pohon dan binatang binatang.

sedangkan di dalam Hadis Jarir tidak di sebutkan:
lafazh ‘makhluk-makhluk’ akan tetapi disebutkan lafazh gunung-gunung juga ada tambahan:
sebagai pembenaran terhadapnya dan rasa kagum terhadap apa yang dia katakan.’



(3) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(2) 👤 Hafsh bin Ghiyats bin Thalq, Abu ‘Umar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 194 Hijriah (± 810 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(4) 👤 Ibrahim bin Yazid bin Qays, An Nakha’iy, Abu ‘Imrah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 96 Hijriah (± 715 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(5) 👤 Alqamah bin Qays bin ‘Abdullah bin Malik bin ‘Alqamah, An Nakha’iy, Abu Syabul ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 62 Hijriah (± 682 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(6) 👤 Abdullah bin Mas’ud bin Ghafil bin Habib, Al Hadzliy Al Madaniy, Abu ‘Abdur Rahman, Ibnu Ummi ‘Abd ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 32 Hijriah (± 653 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Madinah.


(7) 👤 Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(8) 👤 Muhammad bin Al ‘Alaa’ bin Kuraib, Al Hamdaniy, Abu Kuraib ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 248 Hijriah (± 862 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(9) 👤 Muhammad bin Khazim, At Tamimiy As Sa’adiy, Abu Mu’awiyah, Adl Dluraior ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 195 Hijriah (± 811 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(10) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.


(11) 👤 Ali bin Khasyram bin ‘Abdur Rahman, Al Marwaziy, Abu Al Hasan ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 257 Hijriah (± 871 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.

(12) 👤 Isa bin Yunus bin Abi Ishaq, As Suba’iy, Abnu ‘Amru ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 187 Hijriah (± 803 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Hadats.


(13) 👤 Utsman bin Muhammad bin Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, AbuAl Hasan, Ibnu Abi Syaibah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 239 Hijriah (± 853 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(14) 👤 Jarir bin ‘Abdul Hamid bin Qarth, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 188 Hijriah (± 804 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(15) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 6865
Shahih Bukhari 6897
Shahih Bukhari 6959
• Musnad Ahmad 2154
• Musnad Ahmad 3409
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Bila dibacakan Alquran,
maka dengarkan baik-baik,
renungi & perhatikan dengan sepenuh hati agar kau mendapat rahmat.
QS. Al-A’raf [7]: 204

Hai sekalian manusia,
makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi,
dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan,
karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
QS. Al-Baqarah [2]: 168

Dan sederhanalah kamu dalam berjalan & lunakkanlah suaramu.
Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.
(Yakni pada permulaannya adalah ringkikan kemudian disusul oleh lengkingan-lengkingan yang sangat tidak enak didengar)
QS. Luqman [31]: 19

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #2

Salah satu Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al ‘Adl, yang berarti bahwa Allah … Allah memiliki sifat Yang Maha Mengumpulkan, yang artinya … Sifat adil Allah berlaku untuk … S...

Pendidikan Agama Islam #29

Sebagai perumpamaan orang yang mengajak berbuat baik, tetapi dirinya sendiri tidak melakukan adalah … Berikut kedudukan orang yang menuntut ilmu, kecuali … potongan ayat di atas terdapat p...

Pendidikan Agama Islam #4

Surah dalam Alquran yang mengatakan larangan untuk melakukan terlalu banyak, makan dan minum adalah … Setelah Yakin, dalam surah Al-A’raf ayat 26, pakaian terbaik ada di mata Allah Subhana...

Kamus

fatur

Apa itu fatur? fa.tur membatalkan puasa … •

Luth `alaihis salam

Siapa itu Luth `alaihis salam? Lūth adalah salah satu nabi yang diutus untuk negeri Sadum dan Gomorrah. Ia diangkat menjadi nabi pada tahun 1900 SM. Ia ditugaskan berdakwah kepada Kaum yang hidup d...

Al Mu’min

Apa itu Al Mu’min? Allah itu Al-Mu’min ◀ Allah itu Al-Mu’min, yaitu Yang Maha Pemberi Keamanan kepada semua makhluk-Nya. Ketika kita menghadapi sebuah urusan, serahkan saja semua ...

Al-Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar

Siapa itu Al-Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar? Al-Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar adalah seorang ulama dari golongan tabi’in, dan ahli fiqih ternama yang termasuk dalam Tujuh Fuqaha Madinah. A...

Khamar

Apa itu Khamar? Khamar adalah sebuah istilah Islam untuk “sari anggur yang difermentasikan” atau arak. Istilah tersebut terkadang secara garis yang lebih besar ditujukan kepada hal yang m...

Amar makruf nahi mungkar

Apa itu Amar makruf nahi mungkar? Amar makruf nahi mungkar adalah sebuah frasa dalam bahasa Arab yang berisi perintah menegakkan yang benar dan melarang yang salah. Dalam ilmu fikih klasik, perintah ...

Instagram