Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4803 – Makna “Setiap anak terlahir dalam keadaan fitrah….”

حَدَّثَنَا حَاجِبُ بْنُ الْوَلِيدِ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حَرْبٍ عَنْ الزُّبَيْدِيِّ عَنْ الزُّهْرِيِّ أَخْبَرَنِي سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ مَ
Shahih Muslim hadis nomor 4803
Telah menceritakan kepada kami Hajib bin Al Walid(1) telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Harb(2) dari Az Zubaidi(3) dari Az Zuhri(4) telah mengabarkan kepadaku Sa’id bin Al Musayyab(5) dari Abu Hurairah(6), dia berkata:
“Rasulullah ﷺ telah bersabda:

‘Seorang bayi tidak dilahirkan (ke dunia ini) melainkan ia berada dalam kesucian (fitrah).
Kemudian kedua orang tuanyalah yang akan membuatnya menjadi Yahudi, Nasrani, ataupun Majusi -sebagaimana hewan yang dilahirkan dalam keadaan selamat tanpa cacat.

Maka, apakah kalian merasakan adanya cacat?’
Lalu Abu Hurairah berkata:
‘Apabila kalian mau, maka bacalah firman Allah yang berbunyi:
‘…tetaplah atas fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrahnya itu.
Tidak ada perubahan atas fitrah Allah.’

(QS Ar-Rum [30]: 30).

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah(7):
telah menceritakan kepada kami ‘Abdul ‘Alaa(8) Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, dan telah menceritakan kepada kami ‘Abd bin Humaid(9):
telah mengabarkan kepada kami ‘Abdurrazzaq(10) keduanya dari Ma’mar(11) dari Az Zuhri(4) dengan sanad ini dan dia berkata:
‘Sebagaimana hewan ternak melahirkan anaknya.
-tanpa menyebutkan cacat.



(3) 👤 Muhammad bin Al Walid bin ‘Amir, Az Zubaidiy Al Himshiy, Abu Al Hudzail ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Syam.

(2) 👤 Muhammad bin Harb, Al Khawlaniy, Abu ‘Abdullah , Al Abrasy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 194 Hijriah (± 810 Masehi) ☖ Hidup di Syam.


(4) 👤 Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 124 Hijriah (± 742 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(5) 👤 Sa’id bin Al Musayyab bin Hazan bin Abi Wahab bin ‘Amru, Abu Muhammad ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 93 Hijriah (± 712 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(6) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(7) 👤 Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(8) 👤 Abdul A’laa bin ‘Abdul A’laa, As Saamiy Al Qurasyiy, Abu Muhammad, Abu Hammam ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 189 Hijriah (± 805 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(9) 👤 Abdul Hamid bin Humaid bin Nashr, Al Kaisysyiy, Abu Muhammad, Abdu ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 249 Hijriah (± 863 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Karbala.


(10) 👤 Abdur Razzaq bin Hammam bin Nafi’, Al Humairiy Ash Shan’aniy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 211 Hijriah (± 826 Masehi) ☖ Hidup di Yaman ⚑ Wafat di Yaman.

(11) 👤 Ma’mar bin Raosyid, Al Azdiy Al Bashriy, Abu ‘Urwah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 154 Hijriah (± 771 Masehi) ☖ Hidup di Yaman.


(12) 👤 Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 124 Hijriah (± 742 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 1270
Shahih Bukhari 1271
Shahih Bukhari 1296
Shahih Bukhari 4402
Shahih Bukhari 6110
Shahih Muslim 4804
Shahih Muslim 4805
Shahih Muslim 4806
Sunan Abu Daud 4091
Sunan Tirmidzi 2064
• Musnad Ahmad 6884
• Musnad Ahmad 7133
• Musnad Ahmad 7387
• Musnad Ahmad 7463
• Musnad Ahmad 7832
• Musnad Ahmad 8206
• Musnad Ahmad 8739
• Musnad Ahmad 8949
• Musnad Ahmad 9851
• Muwatho Malik 507
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Apa orang yang dibukakan Allah hatinya untuk (menerima) Islam lalu mendapat cahaya dari Tuhannya (sama dengan orang yang membatu hatinya)?
Maka kecelakaan bagi mereka yang telah membatu hatinya untuk mengingat Allah. Mereka dalam kesesatan yang nyata
QS. Az-Zumar [39]: 22

Kami turunkan hujan untuk tumbuhkan tanaman.
Dengan hujan itu, tanah yang tadinya kering & mati menjadi hidup.
Air itu juga dapat dimanfaatkan untuk memberi minum makhluk ciptaan yang berupa binatang-binatang ternak & manusia yang banyak.
QS. Al-Furqan [25]: 49

Orang yang kembali (mengambil riba),
maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka,
mereka kekal di dalamnya.
QS. Al-Baqarah [2]: 275

Bekerjalah kamu, Allah & Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib & yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan
QS. At-Taubah [9]: 105

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #26

Sebab-sebab turunnya ayat Alquran disebut … Nama lain dari surah Al-Insyirah adalah … Jumlah surah-surah dalam Alquran adalah … Pesan utama dari kandungan Alquran adalah … Sura...

Pendidikan Agama Islam #3

Pembatasan aurat wanita adalah … Berikut ini yang bukan termasuk orang-orang pertama yang menyambut ajakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah … Dalam Islam, pakaian haru...

Pendidikan Agama Islam #11

Masyarakat Arab sebelum Islam memiliki kebiasaan buruk, juga memiliki kebiasaan baik. Di bawah ini yang tidak termasuk kebiasaan baik masyarakat Arab sebelum Islam adalah … Berikut ini yang buka...

Kamus

Perang Khandaq

Apa itu Perang Khandaq? Sejarah Perang Khandaq. Pertempuran Khandaq juga dikenal sebagai Pertempuran Al-Ahzab, Pertempuran Konfederasi, dan Pengepungan Madinah terjadi pada bulan Syawal tahun 5 Hijri...

Yaman

Di mana itu Yaman? Republik Yaman adalah sebuah negara di Jazirah Arab di Asia Barat Daya, bagian dari Timur Tengah. Yaman berbatasan dengan Laut Arab di sebelah selatan, Teluk Aden dan Laut Merah di ...

tawaf wada

Apa itu tawaf wada? tawaf yang dilakukan setelah selesai melaksanakan ibadah haji dan sebelum meninggalkan kota Mekah … •

surau

Apa itu surau? su.rau tempat umat Islam melakukan ibadatnya ; langgar … •

Riba

Apa itu Riba? Riba adalah penetapan bunga atau melebihkan jumlah pinjaman saat pengembalian berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok yang dibebankan kepada peminjam. Riba secara baha...

Al-Bayyinah

Apa itu Al-Bayyinah? Surah Al-Bayyinah adalah surah ke-98 dalam Alquran. Surah ini terdiri atas 8 ayat, termasuk golongan surat-surat Madaniyah, diturunkan sesudah surah At-Talaq. Dinamai Al-Bayyinah...

Instagram