Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4780 – Jika orang shalih dipuji maka itu adalah kabar gembira dan tidak akan membahayakannya

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى التَّمِيمِيُّ وَأَبُو الرَّبِيعِ وَأَبُو كَامِلٍ فُضَيْلُ بْنُ حُسَيْنٍ وَاللَّفْظُ لِيَحْيَى قَالَ يَحْيَى أَخْبَرَنَا و قَالَ الْآخَرَانِ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ أَبِي عِمْرَانَ الْجَوْنِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّ
Shahih Muslim hadis nomor 4780
Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya At Tamimi(1) dan Abu Ar Rabi’(2) serta Abu Kamil Fudhail bin Husain(3) lafazh ini milik Yahya.
Yahya(4) berkata:
Telah mengabarkan kepada kami dan berkata:
Sedangkan yang lainnya berkata:
Telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid(5) dari Abu ‘Imran Al Jauni(6) dari ‘Abdullah bin Ash Shamit(7) dari Abu Dzar(8) dia berkata:
Rasulullah ﷺ pernah ditanya:
‘Bagaimana menurut anda tentang seseorang yang beramal kebaikan lalu orang-orang pun memuji kepadanya?’
Beliau menjawab:
“Itulah kabar gembira yang disegerakan bagi seorang Mukmin.”

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah(9) dan Ishaq bin Ibrahim(10) dari Waki’(11):
Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar(12):
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far(13):
Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna(14):
Telah menceritakan kepadaku ‘Abdush Shamad(15):
Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, Dan telah menceritakan kepada kami Ishaq(16):
Telah mengabarkan kepada kami An Nadhr(17) seluruhnya dari Syu’bah(18) dari Abu ‘Imran Al Jauni(6) dengan sanad Hammad bin Zaid yang serupa dengan Hadisnya.
Hanya saja di dalam Hadisnya dari Syu’bah -tanpa menyebutkan dari ‘Abdush Shamad- dengan lafazh:
‘lalu orang-orang pun mencintainya.’

Sedangkan di dalam Hadis Abdush Shamad sama dengan perkataan Hammad yaitu menggunakan lafazh:
‘lalu orang-orang pun memujinya.’



(3) 👤 Fudloil bin Husain bin Thalhah, Al Jahdariy, Abu Kamil ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 237 Hijriah (± 851 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(2) 👤 Sulaiman bin Daud, Az Zuhraniy Al ‘Atakiy, Abu Ar Rabi’ ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Bashrah.

(4) 👤 Yahya bin Yahya bin Bukair bin ‘Abdur Rahman, At Tamimiy Al Hanzhaliy, Abu Zakariya ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 226 Hijriah (± 841 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.


(5) 👤 Hammad bin Zaid bin Dirham, Abu Isma’il, Al Azraq ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 179 Hijriah (± 795 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(6) 👤 Abdul Malik bin Habib, Al Jauniy Al Azdiy, Abu ‘Imran ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 128 Hijriah (± 746 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah .


(7) 👤 Abdullah bin Ash Shamit, Al Ghifariy, Abu An Nadlor ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Bashrah.

(8) 👤 Jundub bin Junadah, Abu Dzar ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 32 Hijriah (± 653 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Ribdzah.


(9) 👤 Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(10) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.


(11) 👤 Waki’ bin Al Jarrah bin Malih, Ar Ru’asiy, Abu Sufyan ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 196 Hijriah (± 812 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Ainul Wardah.

(12) 👤 Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(13) 👤 Muhammad bin Ja’far , Al Hudzaliy, Abu ‘Abdullah , Ghundar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 193 Hijriah (± 809 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(14) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(15) 👤 Abdush Shamad bin ‘Abdul Warits bin Sa’id bin Dzakwan, Al ‘Anbariy At Tanawwuriy, Abu Sahal, Abdaus ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 207 Hijriah (± 822 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(16) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.


(17) 👤 An Nadlir bin Syumail, Abu Al Hasan ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 203 Hijriah (± 819 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Kafar Jadiya.

(18) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(19) 👤 Abdul Malik bin Habib, Al Jauniy Al Azdiy, Abu ‘Imran ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 128 Hijriah (± 746 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah .



Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Sunan Ibnu Majah 4215
• Musnad Ahmad 20416
• Musnad Ahmad 20432
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

🔴LIVE | USTADZ. JUMHARUDIN, LC., MA. | KAJIAN ASMAUL HUSNA

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Jangan kau sekali-kali menyembahyangkan (jenazah) seorang yang mati di antara mereka (munafik), dan jangan kamu berdiri (mendoakan) di kuburnya. Sesungguhnya mereka telah kafir kepada Allah & Rasul-Nya dan mereka mati dalam keadaan fasik
QS. At-Taubah [9]: 84

Katakanlah:
“Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah,
ikutilah aku,
niscaya Allah mengasihi & mengampuni dosa-dosamu”.
Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
QS. Ali ‘Imran [3]: 31

Alquran itu pelajaran bagi orang bertakwa. Kami tahu di antara kamu ada yang dustakannya. Alquran itu menjadi penyesalan bagi orang kafir (di akhirat). Alquran itu kebenaran yang diyakini. Maka bertasbihlah dengan sebut Tuhanmu Yang Maha Besar
QS. Al-Haqqah [69]: 48-52

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #25

Surah Al-Insyirah terdiri dari … ayat.Surah Al-Insyirah diawali dengan lafal … أَلَمْ dalam surah Al-Insyirah berarti …وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ Ayat diatas terdapat dalam Alquran surah Al-Insyirah ayat …Surah Al-Insyirah turun sesudah surah …

Pendidikan Agama Islam #11

Masyarakat Arab sebelum Islam memiliki kebiasaan buruk, juga memiliki kebiasaan baik. Di bawah ini yang tidak termasuk kebiasaan baik masyarakat Arab sebelum Islam adalah … Berikut ini yang bukan merupakan substansi dakwah Rasulullah di Mekkah adalah … Dalam QS. Al-Muddassir ayat 1-7 adalah menjadi dasar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk melakukan dakwah di Mekkah secara … Dari proses dakwah secara diam-diam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melakukan dakwah di Mekkah, maka terdapat beberapa sahabat yang masuk Islam pertama kali. Mereka dikenal dengan sebutan … Cara yang pertama kali ditempuh oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melakukan dakwah di Mekkah secara terang- terangan adalah …

Pendidikan Agama Islam #10

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menerima wahyu pertama di … Wahyu pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam terkandung dalam surah … Sejak wahyu di Surah Al Muddasir : 1-7, Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mulai berkhotbah. Awalnya nabi melakukan dakwah kepada … Khotbah Nabi Muhammad saat masih di Mekah, difokuskan langsung pada esensi-esensi utama, yaitu … … Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkhotbah di kota Mekah kurang lebih selama …

Kamus

Damaskus

Di mana itu Damaskus? Damaskus atau Damsyik adalah ibu kota dan kota terbesar di Suriah. Kota ini merupakan salah satu kota yang selalu dihuni tertua di dunia, selain Al-Fayyum, dan Gaziantep. Populasinya saat ini diperkirakan sekitar 3.67 juta jiwa. Etimologi Nama Damsyik pertama Kali muncul dalam daftar geografi raja Thu … • Damascus, Damsyik

sinkretis

Apa itu sinkretis? sin.kre.tis bersifat mencari penyesuaian antara dua aliran ; hasil susastra pada waktu itu ada yang mencerminkan pandangan sinkretis antara nilai Jawa tradisional dan agama Islam … •

perawi

Apa itu perawi? pe.ra.wi orang yang meriwayatkan hadis orang yang meriwayatkan hadis … •

Zakaria `alaihis salam

Siapa itu Zakaria `alaihis salam? Zakariya adalah salah seorang nabi yang disebut di dalam Al Kitab dan Qur’an. Ia diangkat menjadi nabi pada tahun 2 SM dan ditugaskan berdakwah kepada Bani Israil di Palestina. Namanya disebutkan sebanyak 8 kali di dalam Al-Quran. Ia memiliki 1 orang ana … • Zakaria, Zakariyya, Zakariya, Zakharia

Hafshah binti Umar

Siapa itu Hafshah binti Umar? Hafshah binti Umar adalah salah seorang istri Nabi Muhammad. Ia seorang janda dari seorang pria bernama Khunais bin Hudhafah al-Sahmiy yang meninggal dunia saat Perang Badar. Nama lengkap Hafshah adalah Hafshah binti Umar bin Khaththab bin Naf’al bin Abdul-Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qurt bin Rajah bin Adi bin Luay dari suku Ara … • Hafsa bint Umar, Hafshah, Hafsah

Al-Fatihah

Apa itu Al-Fatihah? Surah Al-Fatihah adalah surah pertama dalam Alquran. Surah ini diturunkan di Mekah dan terdiri dari 7 ayat. Al-Fatihah merupakan surah yang pertama-tama diturunkan dengan lengkap di antara surah-surah yang ada dalam Alquran. Surah ini disebut Al-Fatihah , karena dengan surah inilah dibuka dan dimulainy … • Al-Fatihah, Al Fatihah, Al Faatihah

Instagram