Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4600 – Keutamaan para sahabat Nabi ﷺ, kemudian orang-orang setelah mereka

حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَإِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْحَنْظَلِيُّ قَالَ إِسْحَقُ أَخْبَرَنَا و قَالَ عُثْمَانُ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَبِيدَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى ال
Shahih Muslim hadis nomor 4600
Telah menceritakan kepada kami ‘Utsman bin Abu Syaibah(1) dan Ishaq bin Ibrahim Al Hanzhali(2), Ishaq(3) berkata:
Telah mengabarkan kepada kami dan Utsman(4) berkata:
Telah menceritakan kepada kami Jarir(5) dari Manshur(6) dari Ibrahim(7) dari ‘Abidah(8) dari Abdullah(9) dia berkata:
Rasulullah ﷺ ditanya:
Siapakah manusia yang terbaik? Beliau menjawab:
“yaitu orang-orang pada masaku, kemudian generasi setelahnya, kemudian generasi setelahnya lagi, lalu akan suatu kaum setelah mereka yang mana persaksian salah seorang dari mereka mendahului sumpahnya, atau sebaliknya.’
Ibrahim(7) berkata:
‘Dulu ketika kami masih kecil, mereka melarang kami dari perjanjian dan persaksian.

Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna(11) dan Ibnu Basysyar(12) keduanya berkata:
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far(13) Telah menceritakan kepada kami Syu’bah(14):
Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna(11) dan Ibnu Basysar(16) keduanya berkata:
Telah menceritakan kepada kami Abdur Rahman(17):
Telah menceritakan kepada kami Sufyan(18) keduanya dari Manshur(6) melalui jalur Abu Al Ahwash dan Jarir yang semakna dengan hadis keduanya.
Namun di dalam Hadis tersebut mereka tidak menyebutkan:
‘Rasulullah ﷺ ditanya.’




(3) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.

(2) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.


(4) 👤 Utsman bin Muhammad bin Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, AbuAl Hasan, Ibnu Abi Syaibah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 239 Hijriah (± 853 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(5) 👤 Jarir bin ‘Abdul Hamid bin Qarth, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 188 Hijriah (± 804 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(6) 👤 Manshur bin Al Mu’tamir, As Sulamiy, Abu ‘Ittab ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(7) 👤 Ibrahim bin Yazid bin Qays, An Nakha’iy, Abu ‘Imrah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 96 Hijriah (± 715 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(8) 👤 Abidah bin ‘Amru, As Salmaniy Al Muradiy, Abu ‘Amru ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 74 Hijriah (± 693 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(9) 👤 Abdullah bin Mas’ud bin Ghafil bin Habib, Al Hadzliy Al Madaniy, Abu ‘Abdur Rahman, Ibnu Ummi ‘Abd ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 32 Hijriah (± 653 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Madinah.


(10) 👤 Ibrahim bin Yazid bin Qays, An Nakha’iy, Abu ‘Imrah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 96 Hijriah (± 715 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(11) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(12) 👤 Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(13) 👤 Muhammad bin Ja’far , Al Hudzaliy, Abu ‘Abdullah , Ghundar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 193 Hijriah (± 809 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(14) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(15) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(16) 👤 Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(17) 👤 Abdur Rahman bin Mahdiy bin Hassan bin ‘Abdur Rahman, Al ‘Anbariy Al Lu’lu’iy, Abu Sa’id ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 198 Hijriah (± 814 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(18) 👤 Sufyan bin Sa’id bin Masruq, Ats Tsauriy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 161 Hijriah (± 778 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Bashrah.

(19) 👤 Manshur bin Al Mu’tamir, As Sulamiy, Abu ‘Ittab ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.




Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 2457
Shahih Bukhari 2458
Shahih Bukhari 3377
Shahih Bukhari 3378
Shahih Bukhari 5948
Shahih Bukhari 5949
Shahih Bukhari 6166
Shahih Bukhari 6201
Shahih Muslim 4601
Shahih Muslim 4603
Sunan Tirmidzi 2147
Sunan Tirmidzi 2225
Sunan Tirmidzi 3794
Sunan Nasai 3749
Sunan Ibnu Majah 2353
• Musnad Ahmad 3413
• Musnad Ahmad 3767
• Musnad Ahmad 3920
• Musnad Ahmad 3959
• Musnad Ahmad 3999
• Musnad Ahmad 8950
• Musnad Ahmad 9821
• Musnad Ahmad 17625
• Musnad Ahmad 17701
• Musnad Ahmad 17719
• Musnad Ahmad 18979
• Musnad Ahmad 18994
• Musnad Ahmad 19059
• Musnad Ahmad 21882
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More
HR. Muslim: 4604 – Keutamaan para sahabat Nabi ﷺ, kemudian orang-orang setelah mereka

… lah menceritakan kepada kami yaitu Ibnu ‘Ali Al Ju’fi dari dari As Suddi dari ‘Abdullah bin Al Bahi dari dia berkata seseorang bertanya kepada Nabi ‘Siapakah sebaik-baik manusia? ‘ beliau menjawab “Yaitu masa yang aku hidup di dalamnya kemudian generasi kedua dan generasi ketiga” • HR Muslim 4604, Hadits Shahih Muslim 4604, Hadits Muslim No. 4604

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Apabila kamu membaca Alquran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.

[ucapkan a`uudzu billaahi minasy syaithaanirrajiim]
QS. An-Nahl [16]: 98

dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu & bertaubat kepada-Nya.
(Jika kamu mengerjakan yang demikian),
niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan..
QS. Hud [11]: 3

Orang-orang yang berdosa telah menyaksikan neraka & mereka yakin akan jatuh ke dalamnya,
dan mereka tidak mendapatkan tempat pengganti yang lain untuk didiami.
QS. Al-Kahf [18]: 53

Sesungguhnya salat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.
QS. An-Nisa’ [4]: 103

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #11

Masyarakat Arab sebelum Islam memiliki kebiasaan buruk, juga memiliki kebiasaan baik. Di bawah ini yang tidak termasuk kebiasaan baik masyarakat Arab sebelum Islam adalah … Berikut ini yang bukan merupakan substansi dakwah Rasulullah di Mekkah adalah … Dalam QS. Al-Muddassir ayat 1-7 adalah menjadi dasar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk melakukan dakwah di Mekkah secara … Dari proses dakwah secara diam-diam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melakukan dakwah di Mekkah, maka terdapat beberapa sahabat yang masuk Islam pertama kali. Mereka dikenal dengan sebutan … Cara yang pertama kali ditempuh oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melakukan dakwah di Mekkah secara terang- terangan adalah …

Pendidikan Agama Islam #27

Surah yang terpendek dalam Alquran adalah … Surah yang tidak diawali basmalah adalah … Surah yang pertama kali turun secara lengkap adalah … Proses turunnya wahyu berlangsung selama … tahun.Basmalah tertulis atau disebutkan sebanyak dua kali pada surah …

Pendidikan Agama Islam #26

Sebab-sebab turunnya ayat Alquran disebut … Nama lain dari surah Al-Insyirah adalah … Jumlah surah-surah dalam Alquran adalah … Pesan utama dari kandungan Alquran adalah … Surah yang terpanjang dalam Alquran adalah …

Kamus

bidah

Apa itu bidah? bid.ah perbuatan yang dikerjakan tidak menurut contoh yang sudah ditetapkan, termasuk menambah atau mengurangi ketetapan; pembaruan ajaran Islam tanpa berpedoman pada Alquran dan hadis; kebohongan; dusta ➟ KBBI Daring 2020: perbuatan atau cara … • bid’ah, bid’ah

menghukumkan

Apa itu menghukumkan? meng.hu.kum.kan menghukum; menjatuhkan hukuman kpd; menjadikan hukum; memasukkan dalam hukum; menentukan menurut hukum Islam; Sos memerintah … •

An-Nazi’at

Apa itu An-Nazi’at? Surah An-Nazi’at adalah surah ke-79 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah Makkiyah, terdiri atas 46 ayat. Dinamakan An Naazi’aat yang berarti Malaikat-malaikat yang mencabut berasal dari kata An Naazi’aat yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Dinamai pula as Saahirah yang diambil dari ayat 14, dinamai juga Ath Thaammah diambil d … • An-Nazi’at, An-Naziat, An Naziat, An Naazi’at

adab

Apa itu adab? kehalusan dan kebaikan budi pekerti; kesopanan; akhlak; ayahnya terkenal sebagai orang yang tinggi adab nya adab aturan perilaku dalam Islam. … •

perang Padri

Apa itu perang Padri? perang antara kaum Islam dan kaum adat di pesisir Sumatra Barat … •

Pertempuran Qadisiyyah

Apa itu Pertempuran Qadisiyyah? Pertempuran Al-Qadisiyyah adalah pertempuran yang menentukan antara pasukan muslim dengan pasukan Persia pada saat periode pertama ekspansi muslim yang berakhir dengan penaklukan Islam atas seluruh Persia dan berhasil mengubah keyakinan mereka menjadi Islam sampai dengan saat ini. Pertempuran ini terjadi kurang lebih pada tahun 63 … • Perang Qadisiyyah, Pertempuran Al-Qadisiyyah • Al-Qadisiyyah, Qadisiyyah

Instagram