Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4589 – Keutamaan wanita quraisy

حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ح وَعَنْ ابْنِ طَاوُسٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَيْرُ
Shahih Muslim hadis nomor 4589
Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu ‘Umar(1):
Telah menceritakan kepada kami Sufyan bin ‘Uyainah(2) dari Abu Az Zinad(3) dari Al A’raj(4) dari Abu Hurairah(5):
Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, dan dari Ibnu Thawus(6) dari Bapaknya(7) dari Abu Hurairah(5) dia berkata:
Rasulullah ﷺ bersabda:

“Sebaik-baik wanita adalah yang mengendarai unta.”

Perawi berkata:
di antaranya adalah wanita Quraisyy yang baik.

Sedangkan yang lainnya mengatakan:
wanita Quraisyy adalah wanita yang paling penyayang kepada anak sejak mereka masih yatim, dan paling perhatian kepada suaminya.
Telah menceritakan kepada kami ‘Amru An Naqid(9):
Telah menceritakan kepada kami Sufyan(10) dari Abu Az Zinad(3) dari Al A’raj(4) dari Abu Hurairah(5) dari Ibnu Thawus(6), dari Bapaknya(7) yang sampai kepada Nabi ﷺ -dengan Hadis yang serupa.
– namun dia berkata:
perhatian kepada anaknya ketika masih kecil.
Dia tidak mengatakan anak yatim.’




(3) 👤 Abdullah bin Dzakwan Abu Az Zanad, Al Qurasyiy , Abu ‘Abdur Rahman, Abu Az Zannad ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 130 Hijriah (± 748 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(2) 👤 Sufyan bin ‘Uyainah bin Abi ‘Imran Maimun, Al Hilaliy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 198 Hijriah (± 814 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.


(4) 👤 Abdur Rahman bin Hurmuz, Al Madaniy, Abu Daud, Al A’raj ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Iskandariyah.

(5) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(6) 👤 Abdullah bin Thawus bin Kaisan, Al Hamdaniy Al Abnawiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Yaman.

(7) 👤 Thawus bin Kaisan, Al Yamaniy Al Jundiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 106 Hijriah (± 724 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz ⚑ Wafat di Marur Rawdz.


(8) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(9) 👤 Amru bin Muhammad bin Bukair bin Muhammad, Al Baghdadiy, Abu ‘Utsman, An Naqid ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 232 Hijriah (± 847 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.


(10) 👤 Sufyan bin ‘Uyainah bin Abi ‘Imran Maimun, Al Hilaliy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 198 Hijriah (± 814 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.

(11) 👤 Abdullah bin Dzakwan Abu Az Zanad, Al Qurasyiy , Abu ‘Abdur Rahman, Abu Az Zannad ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 130 Hijriah (± 748 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(12) 👤 Abdur Rahman bin Hurmuz, Al Madaniy, Abu Daud, Al A’raj ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Iskandariyah.

(13) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(14) 👤 Abdullah bin Thawus bin Kaisan, Al Hamdaniy Al Abnawiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Yaman.

(15) 👤 Thawus bin Kaisan, Al Yamaniy Al Jundiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 106 Hijriah (± 724 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz ⚑ Wafat di Marur Rawdz.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 4692
Shahih Bukhari 4946
Shahih Muslim 4590
Shahih Muslim 4591
• Musnad Ahmad 2774
• Musnad Ahmad 7384
• Musnad Ahmad 7896
• Musnad Ahmad 8750
• Musnad Ahmad 9421
• Musnad Ahmad 10121
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More
HR. Muslim: 4590 – Keutamaan wanita quraisy

… ‘Ya Rasulullah Sesungguhnya aku sudah tua dan aku sudah mempunyai beberapa anak’ Rasulullah kemudian Sebaik-baik wanita adalah yang mengendarai……-Lalu perawi menyebutkan Hadis yang serupa dengan Hadis Yunus- Namun dia berkata ‘Yang paling sayang kepada anaknya ketika masih kecil’ • HR Muslim 4590, Hadits Shahih Muslim 4590, Hadits Muslim No. 4590

HR. Muslim: 4591 – Keutamaan wanita quraisy

… ami dalam menjaga hartanya” Telah menceritakan kepadaku Ahmad bin ‘Utsman bin Hakim Al Aud Telah menceritakan kepada kami yaitu Ibnu Makhlad Telah menceritakan kepadaku yaitu Ibnu Bilal Telah menceritakan kepadaku dari dari Abu Hurairah dari Nabi yang sama dengan Hadis Ma’mar ini • HR Muslim 4591, Hadits Shahih Muslim 4591, Hadits Muslim No. 4591

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Pengetahuan Tuhan kami meliputi segala sesuatu.
Kepada Allah sajalah kami bertawakkal.
Ya Tuhan kami,
berilah keputusan antara kami & kaum kami dengan hak (adil)
dan Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya.
QS. Al-A’raf [7]: 89

Janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi & Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu),
sebagian mereka adalah pemimpin bagi sebagian yang lain.
Siapa mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sungguh orang itu termasuk golongan mereka.
QS. Al-Ma’idah [5]: 51

Dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah.
Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
QS. Al-Anfal [8]: 10

Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri kepada sesama,
yaitu orang yang tidak memiliki rasa belas kasih & orang yang selalu memuji diri sendiri.
QS. An-Nisa’ [4]: 36

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #21

Pembukuan Alquran dilakukan pada masa khalifah … Setiap bencana dan musibah yang menimpa manusia di bumi sudah tertulis dalam kitab … Bu Nindi mempersiapkan pakaian bayi, karena bu Nindi tidak lama lagi akan melahirkan bayinya, perilaku bu Nindi termasuk meyakini … Allah Subhanahu Wa Ta`ala.Allah Subhanahu Wa Ta`ala tidak akan merubah nasib suatu kaum , sebelum kaum itu sendiri yang merubahnya, arti ayat tersebut terdapat dalam Alquran surah ar-Rad ayat … Salah satu contoh hikmah beriman kepada qada bagi siswa adalah …

Pendidikan Agama Islam #30

Yang diajarkan oleh Rasulullah adalah jika kita melihat kemungkaran untuk mencegahnya pertama kali dengan … بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً Arti dari hadist diatas adalah …Di bawah ini adalah cara untuk menjadikan semangat mengamalkan ilmu dalam kehidupan kecuali …كادَ الفَقْرُ أنْ يَكُوْنَ كُفْرًا Arti dari kalimat di atas adalah …Siapakah ilmuan muslim yang pertama menjadi penemu Al-Jabar?

Pendidikan Agama Islam #28

Siapa nama ayah Nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam? … Siapa nama Nabi setelah Nabi Isa ‘Alaihissalam? … Setiap umat Islam wajib menuntut ilmu. Bagaimana hukum mempelajari Ilmu Agama? … Kewajiban menuntut ilmu terdapat pada Alquran surah … Ada berapa syarat dalam menuntut ilmu? …

Kamus

isti’adzah

Apa itu isti’adzah? Isti’adzah atau juga biasa dikenal dengan istilah ta’awwudz secara bahasa adalah memohon perlindungan, pemeliharaan dan penjagaaan. Sedangkan menurut istilah maksudnya adalah ‘lafazh yang dimaksudkan oleh seorang Qori‘ untuk memohon atau meminta penjagaan,pemeliharaan dan perlindungan kepada allah dari berbagai macam … • Ta’awudz, ta’awwudz, isti’aadzah, Isti’aadzah, Isti’aadzah, isti’ aadzah, Al-Isti’aadzah

Gunung Hor

Di mana itu Gunung Hor? Gunung Hor adalah nama yang diberikan dalam kitab perjanjian lama pada dua pegunungan yang berbeda. Satu, diberikan pada tanah Edom yang terletak pada bagian Timur dari pantai Laut Mati . Nama lainnya adalah pegunungan yang terletak di Laut Tengah di perbatasan S … • Hor

Tujuh Fuqaha Madinah

Apa itu Tujuh Fuqaha Madinah? Tujuh Fuqaha Madinah adalah sebutan untuk sekelompok ahli fiqih dari generasi tabi’in yang merupakan para tokoh utama ilmu fiqih di Madinah setelah wafatnya generasi sahabat yang hidup sezaman dengan Nabi Muhammad. Tujuh Fuqaha Madinah memberikan pengaruh besar pada dasar-dasar mazhab Maliki dan … •

Khamar

Apa itu Khamar? Khamar adalah sebuah istilah Islam untuk “sari anggur yang difermentasikan” atau arak. Istilah tersebut terkadang secara garis yang lebih besar ditujukan kepada hal yang memabukkan secara umum, seperti candu dan ganja. Nabi Muhammad menyatakan: setiap hal yang memabukkan adalah khamar, dan setiap khamar diharamkan. Muhammad menyatakan bahwa … •

Janah

Di mana itu Janah? Jannah adalah konsep surga dalam ajaran agama Islam. Di dalam eskatologi Islam, setelah kematian seseorang akan tetap di dalam alam kubur sampai ‘Hari Kebangkitan’ . Menurut syariat Islam, bahwa perlakuan tiap individu di barzakh adalah berlaku atas amal seseorang itu sendiri, kemudian menjadi sebuah … • Jannah

jamak takhir

Apa itu jamak takhir? penggabungan pelaksanaan dua salat dalam satu waktu dengan cara mengundurkan salat yang sudah masuk waktu ke dalam waktu salat yang berikutnya … •

Instagram