Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4414 – Keutamaan Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى وَيَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ وَابْنُ حُجْرٍ قَالَ يَحْيَى بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا و قَالَ الْآخَرُونَ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ يَعْنُونَ ابْنَ جَعْفَرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي حَرْمَلَةَ عَنْ عَطَاءٍ وَسُلَيْمَانَ
Shahih Muslim hadis nomor 4414
Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya(1) dan Yahya bin Ayyub(2) dan Qutaibah(3) dan Ibnu Hujr(4).
Yahya bin Yahya(1) berkata:
Telah mengabarkan kepada kami Sedangkan yang lainnya berkata:
Telah menceritakan kepada kami Isma’il(6) yaitu Ibnu Ja’far dari Muhammad bin Abu Harmalah(7) dari ‘Atha(8) dan Sulaiman(9) -kedua anak Yasar dan Abu Salamah bin ‘Abdur Rahman(10) bahwa ‘Aisyah(11) berkata:
‘Pada suatu ketika, Rasulullah ﷺ sedang berbaring di rumah saya dengan membiarkan kedua pahanya atau kedua betisnya terbuka.

Tak lama kemudian, Abu Bakar minta izin kepada Rasulullah untuk masuk ke dalam rumah beliau.
Maka Rasulullah pun mempersilahkannya untuk masuk dalam kondisi beliau tetap seperti itu dan terus berbincang-bincang (tentang suatu hal).

Lalu Umar bin Khaththab datang dan meminta izin kepada Rasulullah untuk masuk ke dalam rumah beliau.
Maka Rasulullah pun mempersilahkannya untuk masuk dalam kondisi beliau tetap seperti itu dan terus berbincang-bincang (tentang suatu hal).

Kemudian Utsman bin Affan datang dan meminta izin kepada beliau untuk masuk ke dalam rumah beliau.
Maka Rasulullah pun mempersilahkannya untuk masuk seraya mengambil posisi duduk dan membetulkan pakaiannya.

Muhammad berkata:
Saya tidak mengatakan hal itu pada hari yang sama.
Lalu Utsman masuk dan langsung bercakap-cakap dengan beliau tentang berbagai hal.

Setelah Utsman keluar dari rumah, Aisyah bertanva:
“Ya Rasulullah, tadi ketika Abu Bakar masuk ke rumah engkau tidak terlihat tergesa-gesa untuk menyambutnya.
Kemudian ketika Umar datang dan masuk, engkaupun menyambutnya dengan biasa-biasa saja.

Akan tetapi ketika Utsman bin Affan datang dan masuk ke rumah maka engkau segera bangkit dari pembaringan dan langsung mengambil posisi duduk sambil membetulkan pakaian engkau.
Sebenarnya ada apa dengan hal ini semua ya Rasulullah’?”

Rasulullah ﷺ menjawab:
“Hai Aisyah, bagaimana mungkin aku tidak merasa malu kepada seseorang yang para malaikat saja merasa malu kepadanya?.”


(1) 👤 Yahya bin Yahya bin Bukair bin ‘Abdur Rahman, At Tamimiy Al Hanzhaliy, Abu Zakariya ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 226 Hijriah (± 841 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.

(2) 👤 Yahya bin Ayyub, Al Maqabiriy, Abu Zakariya’ ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad.


(4) 👤 Ali bin Hajar bin Iyas, As Sa’adiy, Abu Al Hasan ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 244 Hijriah (± 858 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad.

(5) 👤 Yahya bin Yahya bin Bukair bin ‘Abdur Rahman, At Tamimiy Al Hanzhaliy, Abu Zakariya ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 226 Hijriah (± 841 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.


(6) 👤 Isma’il bin Ja’far bin Abi Katsir, Al Anshariy Az Zaraqiy, Abu Ishaq ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 180 Hijriah (± 796 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Baghdad.

(7) 👤 Muhammad bin Abi Harmalah , Al Qurasyiy , Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ☖ Hidup di Madinah.


(8) 👤 Atha’ bin Yasar, Al Hilaliy, Abu Muhammad ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 103 Hijriah (± 721 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Iskandariyah.

(9) 👤 Sulaiman bin Yasar, Al Hilaliy, Abu Ayyub ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 110 Hijriah (± 728 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.


(10) 👤 Abdullah bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy, Abu Salamah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 94 Hijriah (± 713 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(11) 👤 Aisyah binti Abi Bakar Ash Shiddiq, At Taymiyyah, Ummu ‘Abdullah, Ummu Al Mu’minin ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 58 Hijriah (± Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.






Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Dia ciptakan langit tanpa tiang yang kamu lihat & Dia letakkan gunung supaya bumi tak goyangkan kamu, dan kembangbiakkan padanya segala jenis binatang.
Dan Kami turunkan hujan, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuhan yang baik
QS. Luqman [31]: 10

Adapun jika dia termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),
maka dia memperoleh ketenteraman & rezeki serta jannah kenikmatan.
QS. Al-Waqi’ah [56]: 88-89

Dan taatilah Allah & Rasul,
supaya kamu diberi rahmat.
Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu & kepada Surga yang luasnya seluas Langit & Bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.
QS. Ali ‘Imran [3]: 132-133

Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya & berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) & harapan (akan dikabulkan).
Sungguh rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik
QS. Al-A’raf [7]: 56

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #2

Salah satu Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al ‘Adl, yang berarti bahwa Allah … Allah memiliki sifat Yang Maha Mengumpulkan, yang artinya … Sifat adil Allah berlaku untuk … S...

Pendidikan Agama Islam #11

Masyarakat Arab sebelum Islam memiliki kebiasaan buruk, juga memiliki kebiasaan baik. Di bawah ini yang tidak termasuk kebiasaan baik masyarakat Arab sebelum Islam adalah … Berikut ini yang buka...

Pendidikan Agama Islam #3

Pembatasan aurat wanita adalah … Berikut ini yang bukan termasuk orang-orang pertama yang menyambut ajakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah … Dalam Islam, pakaian haru...

Kamus

tawaf

Apa itu tawaf? ta.waf berjalan mengelilingi Kakbah tujuh kali sambil berdoa; jutaan kaum muslimin dari seluruh dunia melakukan tawaf dan sai … • thawaf

Al-Muzzammil

Apa itu Al-Muzzammil? Surah Al-Muzzammil adalah surah ke-73 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah Makkiyah, terdiri atas 20 ayat. Dinamakan Al Muzzammil yang berarti “Orang yang berselimut&#...

Qutaibah bin Sa’id

Siapa itu Qutaibah bin Sa’id? Qutaibah bin Sa’id bin Jamil bin Tharif Ats-Tsaqafi, al Balkhi, al Baghlani. Dilahirkan di tahun 149 H. Dikisahkan bahwa kakek beliau, Jamil bin Tharif termas...

Ad-Darimi

Siapa itu Ad-Darimi? Ad-Darimi ialah salah satu Imam Ahli Hadis Sunni, Nama lengkapnya Abdullah bin Abdurrahman bin al Fadhl bin Bahram bin Abdush Shamad. Ad Darimi adalah nisbah kepada Darim bin Mali...

Julaibib

Siapa itu Julaibib? Julaybib adalah seorang Sahabat Nabi Muhammad yang berasal dari Madinah. Menurut sejarah, fisiknya yang pendek dan kurang menarik menyebabkan ia kurang dikenali di Madinah. Namun,...

Qatadah bin an-Nu’man

Siapa itu Qatadah bin an-Nu’man? Qatadah bin an-Nu’man adalah Sahabat Nabi Muhammad. Qatadah yang bernama asli Abdul Khatib merupakan penduduk Madinah, sehingga disebut golongan Anshar. D...

Instagram