Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4161 – Haramnya membunuh kucing

و حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ عَنْ هِشَامٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ عُذِّبَتْ امْرَأَةٌ فِي هِرَّةٍ لَمْ تُطْعِمْهَا وَلَمْ تَسْقِهَا وَلَمْ تَتْرُكْهَا تَأْكُلُ مِن
Shahih Muslim hadis nomor 4161
Dan telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib(1):
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdah(2) dari Hisyam(3) dari Bapaknya(4) dari Abu Hurairah(5) bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

“Seorang wanita disiksa Allah pada hari kiamat lantaran dia mengurung seekor kucing tanpa diberi makan dan minum dan tidak pula dilepaskannya supaya ia dapat mencari serangga-serangga yang terdapat di bumi.”

Dan telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib(1):
Telah menceritakan kepada kami Abu Mu’awiyah(7):
Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna(8):
Telah menceritakan kepada kami Khalid bin Al Harits(9):
Telah menceritakan kepada kami Hisyam(3) melalui jalur ini.

Dan di dalam Hadis keduanya disebutkan dengan lafazh ‘Rabathathhaa’ (di diikatnya).
Sedangkan di dalam Hadis Abu Mu’awiyah dengan menggunakan lafazh:
‘Hasyaraatil Ardli.’

(binatang melata di bumi).
Dan telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Rafi’(11) dan ‘Abdu bin Humaid(12).

‘Abdu(13) berkata:
Telah mengabarkan kepada kami dan berkata:
Ibnu Rafi’(14):
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdur Razzaq(15):
Telah mengabarkan kepada kami Ma’mar(16) dia berkata:
Az Zuhri(17) berkata:
Dan telah menceritakan kepadaku Humaid bin ‘Abdur Rahman(18) dari Abu Hurairah(5) dari Rasulullah ﷺ yang semakna dengan Hadis Hisyam bin ‘Urwah:
Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Rafi’(11):
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdur Razzaq(15):
Telah mengabarkan kepada kami Ma’mar(16) dari Hammam bin Munabbih(23) dari Abu Hurairah(5) dari Nabi ﷺ dengan Hadis yang serupa.


(3) 👤 Hisyam bin ‘Urwah bin Az Zubair bin Al ‘Awwam, Al Asadiy, Abu Al Mundzir ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 145 Hijriah (± 762 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Baghdad.


(2) 👤 Abdah bin Sulaiman, Al Kilabiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 187 Hijriah (± 803 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(4) 👤 Urwah bin Az Zubair bin Al ‘Awwam bin Khuwailid bin Asad bin ‘Abdul ‘Izzi bin Qu, Al Asadiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 93 Hijriah (± 712 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.


(5) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(6) 👤 Muhammad bin Al ‘Alaa’ bin Kuraib, Al Hamdaniy, Abu Kuraib ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 248 Hijriah (± 862 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(7) 👤 Muhammad bin Khazim, At Tamimiy As Sa’adiy, Abu Mu’awiyah, Adl Dluraior ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 195 Hijriah (± 811 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(8) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(9) 👤 Khalid bin Al Harits, Abu ‘Utsman ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 186 Hijriah (± 802 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(10) 👤 Hisyam bin ‘Urwah bin Az Zubair bin Al ‘Awwam, Al Asadiy, Abu Al Mundzir ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 145 Hijriah (± 762 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Baghdad.


(11) 👤 Muhammad bin Rafi’ bin Abi Zaid Sabur, Al Qusyairiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 245 Hijriah (± 859 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.

(12) 👤 Abdul Hamid bin Humaid bin Nashr, Al Kaisysyiy, Abu Muhammad, Abdu ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 249 Hijriah (± 863 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Karbala.


(13) 👤 Abdul Hamid bin Humaid bin Nashr, Al Kaisysyiy, Abu Muhammad, Abdu ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 249 Hijriah (± 863 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Karbala.

(14) 👤 Muhammad bin Rafi’ bin Abi Zaid Sabur, Al Qusyairiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 245 Hijriah (± 859 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.


(15) 👤 Abdur Razzaq bin Hammam bin Nafi’, Al Humairiy Ash Shan’aniy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 211 Hijriah (± 826 Masehi) ☖ Hidup di Yaman ⚑ Wafat di Yaman.

(16) 👤 Ma’mar bin Raosyid, Al Azdiy Al Bashriy, Abu ‘Urwah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 154 Hijriah (± 771 Masehi) ☖ Hidup di Yaman.


(17) 👤 Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 124 Hijriah (± 742 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(18) 👤 Humaid bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhri Al Qarasyi, Abu Ibrahim ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 105 Hijriah (± 723 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(19) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(20) 👤 Muhammad bin Rafi’ bin Abi Zaid Sabur, Al Qusyairiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 245 Hijriah (± 859 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.


(21) 👤 Abdur Razzaq bin Hammam bin Nafi’, Al Humairiy Ash Shan’aniy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 211 Hijriah (± 826 Masehi) ☖ Hidup di Yaman ⚑ Wafat di Yaman.

(22) 👤 Ma’mar bin Raosyid, Al Azdiy Al Bashriy, Abu ‘Urwah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 154 Hijriah (± 771 Masehi) ☖ Hidup di Yaman.


(23) 👤 Hammam bin Munabbih bin Kamil bin Syaikh, Ash Shan’aniy Al Abnawiy, Abu ‘Uqbah ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Yaman.

(24) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 3071
Shahih Muslim 4750
• Musnad Ahmad 7232
• Musnad Ahmad 9117
• Musnad Ahmad 9818
• Musnad Ahmad 10309
• Musnad Ahmad 14075
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More
HR. Muslim: 4160 – Haramnya membunuh kucing

… baidillah bin ‘Umar dari dari Ibnu ‘Umar dan dari Sa’id Al Maqburi dari Abu Hurairah dari Nabi dengan Hadis yang semakna Dan telah menceritakannya kepada kami Harun bin ‘Abdullah dan ‘Abdullah bin Ja’far dari Ma’n bin ‘Isa dari dari dari Ibnu ‘Umar dari Nabi dengan Hadis tersebut • HR Muslim 4160, Hadits Shahih Muslim 4160, Hadits Muslim No. 4160

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Dialah Allah,
Yang Maha Esa.

Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.

Dia tiada beranak & tidak pula diperanakkan,

dan tidak ada sesuatupun yang setara dengan Dia.

QS. Al-Ikhlas [112]: 1-4

Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka,
mereka berkata:
“Ya Tuhan kami,
janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zalim itu”.
QS. Al-A’raf [7]: 47

Pada hari dinampakkan segala rahasia,
maka sekali-kali tidak ada bagi manusia itu suatu kekuatanpun & tidak (pula) seorang penolong.

QS. At-Tariq [86]: 9-10

Bagi mereka azab kehidupan dunia,
sesungguhnya azab akhirat lebih keras,
tak ada seorang pelindung pun dari (azab) Nya.
QS. Ar-Ra’d [13]: 34

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #15

Mujahadah berasal dari bahasa Arab, yang berasal dari kata jahada, yang berarti …َبَارَكَ ٱلَّذِى نَزَّلَ ٱلْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِۦ لِيَكُونَ لِلْعَٰلَمِينَ نَذِيرًا Dalil di atas adalah nama-nama lain dari Alquran, yaitu إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا ٱلذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ Dalil di atas adalah nama-nama lain dari Alquran, yaituSalah satu tokoh dalam kisah umat masa lalu yang dapat dipetik pelajaran sebagai teladan yang baik … Tujuan utama diturunkannya Alquran kepada umat manusia adalah …

Pendidikan Agama Islam #30

Yang diajarkan oleh Rasulullah adalah jika kita melihat kemungkaran untuk mencegahnya pertama kali dengan … بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً Arti dari hadist diatas adalah …Di bawah ini adalah cara untuk menjadikan semangat mengamalkan ilmu dalam kehidupan kecuali …كادَ الفَقْرُ أنْ يَكُوْنَ كُفْرًا Arti dari kalimat di atas adalah …Siapakah ilmuan muslim yang pertama menjadi penemu Al-Jabar?

Pendidikan Agama Islam #4

Surah dalam Alquran yang mengatakan larangan untuk melakukan terlalu banyak, makan dan minum adalah … Setelah Yakin, dalam surah Al-A’raf ayat 26, pakaian terbaik ada di mata Allah Subhanahu Wa Ta`ala adalah … Aurat dari tubuh pria adalah mulai … Fungsi pakaian adalah … Kejujuran adalah karakteristik dari seorang Muslim, sementara berbohong atau ketidakjujuran adalah fitur dari orang …

Kamus

Zalim

Apa itu Zalim? Zalim dalam ajaran Islam adalah meletakkan sesuatu/ perkara bukan pada tempatnya. Orang yang berbuat zalim disebut zalimin dan lawan kata dari zalim adalah adil. Etimologi Kata zalim berasal dari bahasa Arab, dengan huruf “dzho lam mim” yang bermaksud gelap. Di dalam al-Qur’an menggunakan kata zhulm selain itu juga … • Dzholim, dzolim, dolim

nikah fasid

Apa itu nikah fasid? pernikahan yang tidak dapat dilangsungkan atau disahkan karena perbedaan agama, calon istri dalam idah, muhrim, dan sebagainya yang melanggar aturan perkawinan dalam Islam … •

khauf

Apa itu khauf? Secara bahasa khauf adalah lawan kata al-amnu. Al-Amnu adalah rasa aman, maka khauf berarti rasa takut. Secara istilah khauf adalah pengetahuan yang dimiliki seorang hamba di dalam hatinya tentang kebesaran dan keagungan Allah serta kepedihan siksa-Nya. … •

Ali bin Husain

Siapa itu Ali bin Husain? Ali bin Husain adalah imam ke-4 dalam tradisi Syi’ah. Ia anak dari Husain bin Ali dan cicit dari Muhammad. Ia dikenal oleh Syi’ah dengan julukan Zainal Abidin karena kemuliaan pribadi dan ketakwaannya dan as-Sajjad sebagai tanda “orang yang terus melakukan sujud dalam ibadahnya”. Dia juga dipanggil dengan nama A … • Ali bin al-Husain bin ‘Ali, Ali Zainal Abidin, Ali ibnul Husain

qiamulail

Apa itu qiamulail? qi.a.mu.la.il salat di tengah malam secara teratur … • qiyamul lail, Qiyamullail

Ad-Dukhan

Apa itu Ad-Dukhan? Surah Ad-Dukhan adalah surah ke 44 dalam Alquran. Surah ini tergolong surat makkiyah yang terdiri atas 59 ayat. Dinamakan Ad-Dukhan yang berarti Kabut diambil dari kata Ad-Dukhan yang terdapat pada ayat 10 surah ini. Menurut riwayat Bukhari secara ringkas dapat diterangkan sebagai berikut: Orang-orang kafir Mekkah dalam menghalang-halangi … • Ad-Dukhaan, Ad-Dukhan, Ad Dukhan, Ad Dukhaan

Instagram