Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4107 – Berobat dengan minum madu

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَمُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ وَاللَّفْظُ لِابْنِ الْمُثَنَّى قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي الْمُتَوَكِّلِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى
Shahih Muslim hadis nomor 4107
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna(1) dan Muhammad bin Basysyar(2):
Dan lafazh ini miliknya Ibnu Al Mutsanna dia berkata:
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far(3):
Telah menceritakan kepada kami Syu’bah(4) dari Qatadah(5) dari Abu Al Mutawakkil(6) dari Abu Sa’id Al Khudri(7) dia berkata:
“Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah ﷺ lalu dia berkata:
‘Saudaraku sakit perut sehingga dia buang-buang air.’
Rasulullah ﷺ bersabda:

‘Minumkan madu kepadanya! ‘ Lalu diminumkan madu kepadanya.

Kemudian dia datang lagi kepada Nabi ﷺ lalu katanya:
‘Telah kuminumkan madu kepadanya, tetapi sakitnya bertambah.’
Nabi ﷺ menyuruhnya pula meminumkan madu sampai berulang tiga kali.

Dia datang untuk keempat kalinya, Nabi ﷺ tetap menyuruhnya meminumkan madu.
Kata orang itu:
‘Aku telah meminumkannya, ya Rasulullah, namun sakitnya bertambah juga.’

Rasulullah ﷺ bersabda:

‘Allah Maha Benar! Perut saudaramu itulah yang dusta.’
Lalu diminumkannya pula madu dan sembuhlah dia.’

Dan telah menceritakannya kepada kami ‘Amru bin Zurarah(8):
Telah mengabarkan kepada kami ‘Abdul Wahhab(9) yaitu Ibnu ‘Atha dari Sa’id(10) dari Qatadah(5) dari Abu Al Mutawakkil An Naji(12) dari Abu Sa’id Al Khudri(7) bahwa seseorang datang kepada Nabi ﷺ seraya berkata:
‘Saudaraku perutnya sakit, maka Nabi ﷺ bersabda kepadanya:
‘Minumkanlah kepadanya madu.’
(yang semakna dengan Hadis Syu’bah).



(3) 👤 Muhammad bin Ja’far , Al Hudzaliy, Abu ‘Abdullah , Ghundar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 193 Hijriah (± 809 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(2) 👤 Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(4) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(5) 👤 Qatadah bin Da’amah bin Qatadah, As Sadusiy, Abu Al Khaththab ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Hait.


(6) 👤 Ali bin Daud , An Najiy As Sajiy, Abu Al Mutawakkil ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 108 Hijriah (± 726 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(7) 👤 Sa’ad bin Malik bin Sinan bin ‘Ubaid, Al Khudriy Al Anshariy, Abu Sa’id ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 74 Hijriah (± 693 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(8) 👤 Amru bin Zurarah bin Waqid, Al Kilabiy An Naysaburiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.

(9) 👤 Abdul Wahhab bin ‘Atha’, Abu Nashr, Al Khaffaf ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 204 Hijriah (± 819 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Baghdad.


(10) 👤 Sa’id bin Abi ‘Urubah Mihran, Al Yasykuriy Al ‘Adawiy, Abu An Nadlor ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 156 Hijriah (± 773 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(11) 👤 Qatadah bin Da’amah bin Qatadah, As Sadusiy, Abu Al Khaththab ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Hait.


(12) 👤 Ali bin Daud , An Najiy As Sajiy, Abu Al Mutawakkil ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 108 Hijriah (± 726 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(13) 👤 Sa’ad bin Malik bin Sinan bin ‘Ubaid, Al Khudriy Al Anshariy, Abu Sa’id ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 74 Hijriah (± 693 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.




Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 5277
Sunan Tirmidzi 2008
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Dan terhadap orang yang minta-minta,
janganlah kamu menghardiknya.
Dan terhadap nikmat Tuhanmu,
maka hendaklah kamu siarkan.
QS. Ad-Duha [93]: 10-11

Dan sekali-kali bukanlah harta & bukan (pula) anak-anak kamu yang mendekatkan kamu kepada Kami sedikitpun,
tetapi orang yang beriman & mengerjakan amal saleh,
mereka itulah yang memperoleh balasan yang berlipat ganda
QS. Saba’ [34]: 37

Barang siapa yang menta’ati Rasul itu,
sesungguhnya ia telah menta’ati Allah.
QS. An-Nisa’ [4]: 80

Hendaklah manusia perhatikan dari apa ia diciptakan. Dia diciptakan dari air yang dipancarkan, yang keluar di antara tulang sulbi laki-laki & tulang dada perempuan.
Sungguh Allah benar-benar kuasa untuk mengembalikannya (hidup sesudah mati)
QS. At-Tariq [86]: 5-8

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #18

Turunnya surah Ad-Dhuha menunjukkan… ..kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.Surah Ad-Dhuha ayat ke-enam menunjukkan salah satu masa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … sebagai … Berikut ini yang bukan kandungan surah Ad-Dhuha adalah… .. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.Arti al-Kaafirun adalah … Arti dari lafal لَكُمْ دِينُكُمْ yaitu …

Pendidikan Agama Islam #10

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menerima wahyu pertama di … Wahyu pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam terkandung dalam surah … Sejak wahyu di Surah Al Muddasir : 1-7, Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mulai berkhotbah. Awalnya nabi melakukan dakwah kepada … Khotbah Nabi Muhammad saat masih di Mekah, difokuskan langsung pada esensi-esensi utama, yaitu … … Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkhotbah di kota Mekah kurang lebih selama …

Pendidikan Agama Islam #14

Ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam masih remaja, baginda telah bekerja mengambil upah sebagai pengembala binatang ternak. Apakah binatang tersebut? … Dalam Islam, teladan yang baik disebut juga dengan istilah … Dalam Islam, pengendalian diri atau kontrol terhadap diri, disebut juga dengan … Pengertian Mujahadah An-Nafs adalah … Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa berjihad (berjuang) yang paling utama adalah melawan …

Kamus

Barzakh

Apa itu Barzakh? Barzakh adalah alam kubur yang membatasi antara dunia dan akhirat. Barzakh menjadi tempat persinggahan sementara jasad makhluk sampai dibangkitkannya pada hari kiamat. Penghuni barzakh berada di tepi dunia dan akhirat . Menurut syariat Islam di alam Barzakh ini, sang mayat akan bertemu dengan para Malaik … • Siksa kubur

syuhada

Apa itu syuhada? syu.ha.da orang-orang yang mati syahid … • syuhadaa

Muhammad bin Isa at-Tirmidzi

Siapa itu Muhammad bin Isa at-Tirmidzi? Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah at-Tirmidzi adalah seorang ahli hadits. Ia pernah belajar hadits dari Imam Bukhari. Ia menyusun kitab Sunan at-Tirmidzi dan Al-Ilal. Ia mengatakan bahwa ia sudah pernah menunjukkan kitab Sunannya kepada ulama-ulama Hijaz, Irak, dan Khurasan, dan mereka … • Imam Tirmidhi, Imam at Tirmidzi, Imam Turmuzi, Tirmidzi, Imam At-Tirmidzi, At-Tirmidzi, At-Turmudzi, Sunan At-Tirmidzi, Sunan At Tirmidzi, Jami’ At-Tirmidzi, Jami At-Tirmidzi, at-Tirmizi, Tirmizi, at-Turmuzi, Abu Isa At Tirmidzi, Abu Isa, Abu ‘Isa, Ad-Dahhak

Al Kariim

Apa itu Al Kariim? Allah itu Al-Karim ◀ Allah itu Al-Karim, artinya adalah Allah itu Maha Mulia serta Maha Pemurah kepada siapa saja. Kemuliaan Allah sungguh sempurna dan tidak ada yang mampu menandingi-Nya. Al Kariim termasuk dalam 99 Asma’ul husna. … • Al-Kariim, Al-Karim, Al Karim

kunut nazilah

Apa itu kunut nazilah? kunut yang dibaca karena ada bahaya, malapetaka, atau musibah yang menimpa masyarakat … •

Musyarakah

Apa itu Musyarakah? Musyarakah adalah bentuk umum dari usaha bagi hasil di mana dua orang atau lebih menyumbangkan pembiayaan dalam melakukan usaha, dengan proporsi pembagian profit bisa sama atau tidak. Keuntungan dibagi sesuai kesepakatan antara para mitra, dan kerugian akan dibagikan menurut proporsi modal. Transaksi … •

Instagram