Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3844 – Tidak mencela makanan

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَإِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا و قَالَ الْآخَرَانِ أَخْبَرَنَا جَرِيرٌ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي حَازِمٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ مَا عَابَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
Shahih Muslim hadis nomor 3844
Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya(1), Zuhair bin Harb(2) dan Ishaq bin Ibrahim(3), Zuhair berkata:
Telah menceritakan kepada kami dan yang lainnya berkata:
‘Telah mengabarkan kepada kami Jarir(4) dari Al A’masy(5) dari Abu Hazim(6) dari Abu Hurairah(7) dia berkata:
“Rasulullah ﷺ sama sekali tidak pernah mencela makanan apapun.
Apabila beliau menyukai suatu makanan, maka beliau memakannya, dan apabila beliau tidak menyukainya maka dibiarkannya saja.”

Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yunus(8), Telah menceritakan kepada kami Zuhair(9), Telah menceritakan kepada kami Sulaiman Al A’masy(10) dari jalur ini dengan Hadis yang serupa.
Telah menceritakan kepada kami Abad bin Humaid(11), telah mengabarkan kepada kami Abdur Razak(12), Abdul Malik bin Amru(13), dan Umar bin Sa’d Abu Daud Al Hafari(14) seluruhnya dari Sufyan(15) dari Al A’masy(5) melalui jalur ini dengan Hadis yang serupa.



(3) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.

(2) 👤 Zuhair bin Harb bin Syaddad, Al Harasyiy An Nasa’iy, Abu Khaitsamah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.


(4) 👤 Jarir bin ‘Abdul Hamid bin Qarth, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 188 Hijriah (± 804 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(5) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(6) 👤 “Salman,maula ‘Izzah”, Al Asyja’iy, Abu Hazom ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 101 Hijriah (± 720 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(7) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(8) 👤 Ahmad bin ‘Abdullah bin Yunus bin ‘Abdullah bin Qais, At Tamimiy Al Yarbuu’iy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 227 Hijriah (± 842 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(9) 👤 Zuhair bin Mu’awiyah bin Hudaij, Al Ja’fiy, Abu Khaitsamah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 173 Hijriah (± 789 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Jazirah.


(10) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(11) 👤 Abdul Hamid bin Humaid bin Nashr, Al Kaisysyiy, Abu Muhammad, Abdu ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 249 Hijriah (± 863 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Karbala.


(12) 👤 Abdur Razzaq bin Hammam bin Nafi’, Al Humairiy Ash Shan’aniy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 211 Hijriah (± 826 Masehi) ☖ Hidup di Yaman ⚑ Wafat di Yaman.

(13) 👤 Abdul Malik bin ‘Amru, Al ‘Aqadiy Al Qaisiy, Abu ‘Amir ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 204 Hijriah (± 819 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah .


(14) 👤 Umar bin Sa’ad bin ‘Ubaid, Al Hafariy, Abu Daud ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 203 Hijriah (± 819 Masehi) ☖ Hidup di Kuafh.

(15) 👤 Sufyan bin Sa’id bin Masruq, Ats Tsauriy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 161 Hijriah (± 778 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Bashrah.


(16) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.



Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Muslim 3845
Sunan Abu Daud 3271
Sunan Tirmidzi 1954
Sunan Ibnu Majah 3250
• Musnad Ahmad 9142
• Musnad Ahmad 9852
• Musnad Ahmad 10018
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More
HR. Muslim: 3845 – Tidak mencela makanan

… nnya dan apabila beliau tidak menyukainya maka beliau diam saja” Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib dan Muhammad bin Al Mutsanna keduanya berkata Telah menceritakan kepada kami Abu Mu’awiyah dari Al A’masy dari Abu Hazim dari Abu Hurairah dari Nabi dengan Hadis yang serupa • HR Muslim 3845, Hadits Shahih Muslim 3845, Hadits Muslim No. 3845

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Dan karena ucapan mereka:
“Sungguh kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”,
padahal mereka tak membunuhnya & tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka.
QS. An-Nisa’ [4]: 157

Kami ciptakan manusia dari nutfah yang miliki berbagai unsur.
Lalu Kami uji dengan berbagai perintah & larangan.
Karena itu ia Kami jadikan memiliki pendengaran & penglihatan agar dapat mendengar ayat & menyaksikan bukti kekuasaan Kami
QS. Al-Insan [76]: 2

Dan Sesungguhnya Kami telah berikan kepada Musa Al-Kitab (Taurat),
maka janganlah kamu (Muhammad) ragu menerima (Alquran itu) & Kami jadikan Al-Kitab (Taurat) itu petunjuk bagi Bani Israil.
QS. As-Sajdah [32]: 23

Mohonlah ampun kepada Tuhanmu,
sungguh Dia Maha Pengampun,
niscaya Dia kirimkan hujan kepadamu dengan lebat,
dan banyakkan harta & anak-anakmu,
dan adakan untukmu kebun & sungai.
Mengapa kau tak percaya akan kebesaran Allah?
QS. Nuh [71]: 10-13

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #16

Selain berisi kisah-kisah umat terdahulu, dalam Alquran juga terdapat tamsil sebagai peringatan bagi manusia. Tamsil artinya … Alquran adalah mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di bawah ini merupakan bukti bahwa Alquran adalah mukjizat yang terbesar adalah … Fungsi utama kandungan Alquran yang menjelaskan kisah umat terdahulu adalah sebagai … Yang berarti ”menggabungkan sesuatu dengan yang lain” adalah lafaz … Al-Lihyaniy berpendapat bahwa Alquran secara etimologi memiliki arti …

Pendidikan Agama Islam #8

Sumber kedua hukum dalam menetapkan Hukum tentang Alquran adalah … Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah … Orang yang menceritakan hadits disebut … Undang-undang tentang penggunaan Hadits-Maudu adalah … Berikut adalah hadits yang rusak, kecuali …

Pendidikan Agama Islam #6

Sifat dasar hukum Alquran adalah keseimbangan dalam hal aspek material dan psikologis, yang disebut sebagai … Alquran dimulai dengan surah Al Fatihah (pembukaan) dan berakhir dengan surah … Alquran adalah panduan dan pedoman manusia bagi mereka yang beriman. Ini dikonfirmasikan oleh Allah dalam surah … Alquran bertindak sebagai Hudan, yang artinya adalah … Dalam Surah Al-Baqarah ayat 2, Allah berfirman bahwa Alquran adalah pedoman untuk orang …

Kamus

Abdurrahman bin Mahdi

Siapa itu Abdurrahman bin Mahdi? Beliau adalah Abdurrahman bin Mahdi bin Hassan Al-Anbari Al-Luklu’i Al-Hafizh Al-Kabir Imamul Ilmi, Asy-Syahir. Kun-yah beliau adalah “Abu Sa’id”. Beliau dilahirkan pada tahun 135 Hijriah. Sejak usia belia, beliau sudah rajin dalam menuntut ilmu agama. Guru dan Murid Abdurrahman bin Mahdi Di antara guru beliau adalah Aiman bin Nabil, Mu’aw … • Abu Sa’id, Abdur Rahman ibnu Mahdi

Shaleh `alaihis salam

Siapa itu Shaleh `alaihis salam? Shālih adalah salah seorang nabi dan rasul dalam agama Islam yang diutus kepada Kaum Tsamūd. Ia diangkat menjadi nabi pada tahun 2100 SM. Dia telah diberikan mukjizat yaitu seekor unta betina yang dikeluarkan dari celah batu dengan izin Allah yakni bagi menunjukkan kebesaran Allah kepada kaum Tsamud. … • Shaleh

mikat

Apa itu mikat? mi.kat batas tempat atau waktu bagi seseorang yang akan melaksanakan ibadah haji atau umrah untuk memulai ihramnya, seperti mulai berihram dari Bukit Yalamlam bagi jemaah yang datang dari Indonesia … •

mufti

Apa itu mufti? muf.ti pemberi fatwa untuk memutuskan masalah yang berhubungan dengan hukum Islam … •

Abdurrahman bin Auf

Siapa itu Abdurrahman bin Auf? Abdurrahman bin Auf adalah salah seorang dari sahabat Nabi Muhammad yang terkenal. Ia adalah salah seorang dari delapan orang pertama yang menerima agama Islam, yaitu dua hari setelah Abu Bakar. Abdurrahman bin Auf berasal dari Bani Zu … • Abdur Rahman Ibn ‘Awf, ‘Abdurrahman bin ‘Auf, `Abdurrahman bin `Auf, ‘Abdurrahman bin ‘Auf, Abdur Rahman ibnu Auf

dabit

Apa itu dabit? da.bit orang yang kuat hafalnya, selalu berhati-hati dalam menukil hadis, tidak keliru tentang urutan perawi hadis … •

Instagram