Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3656 – Setelah masuk 10 Dzul Hijjah, dan hendak berkurban, hendaknya tidak mencukur rambut dan memotong kuku

و حَدَّثَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُعَاذٍ الْعَنْبَرِيُّ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو اللَّيْثِيُّ عَنْ عُمَرَ بْنِ مُسْلِمِ بْنِ عَمَّارِ بْنِ أُكَيْمَةَ اللَّيْثِيِّ قَالَ سَمِعْتُ سَعِيدَ بْنَ الْمُسَيَّبِ يَقُولُ سَمِعْتُ أُمَّ
Shahih Muslim hadis nomor 3656
Dan telah menceritakan kepadaku Ubaidullah bin Mu’adz Al ‘Anbari(1) telah menceritakan kepada kami ayahku(2) telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Amru Al Laitsi(3) dari Umar bin Muslim bin ‘Ammar bin Ukaimah Al Laitsi(4) dia berkata:
saya mendengar Sa’id bin Musayyab(5) berkata:
saya mendengar Ummu Salamah(6) isteri Nabi ﷺ berkata,
“Rasulullah ﷺ bersabda:

“Barang siapa memiliki hewan kurban, hendaknya ia berkurban jika hilal sepuluh Dzul Hujjah telah terlihat jelas, janganlah ia mencukur rambut dan memotong kuku terlebih dahulu walau sedikit hingga ia selesai berkurban.”

Telah menceritakan kepadaku Al Hasan bin Ali Al Khulwani(7) telah menceritakan kepada kami Abu Usamah(8) telah menceritakan kepadaku Muhammad bin ‘Amru(9) telah menceritakan kepada kami ‘Amru bin Muslim bin ‘Ammar Al Laitsi(10) dia berkata,
“Kami pernah berada di tempat pemandian menjelang iedul adlha, sedangkan sebagian orang ada yang mencukur ketiaknya dengan pisau cukur, maka sebagian orang di tempat pemandian berkata,
“Sesungguhnya Sa’id bin Musayyab membenci hal itu, atau ia melarang hal itu.”

Lantas aku menemui Sa’id bin Musayyab dan memberitahukan hal itu kepadanya, ia menjawab, “Wahai keponakanku, hadis ini telah dilupakan, atau ditinggalkan.”

Telah menceritakan kepadaku Ummu Salamah(6), isteri Nabi ﷺ, dia berkata,
“Rasulullah ﷺ bersabda semakna dengan hadis Mu’adz dari Muhammad bin ‘Amru.”

Dan telah menceritakan kepadaku Harmalah bin Yahya(12) dan Ahmad bin Abdurrahman Akhi Ibnu Syihab(13) keduanya berkata:
telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Wahb(14) telah mengabarkan kepadaku Haiwah(15) telah mengabarkan kepadaku Khalid bin Yazid(16) dari Sa’id bin Abu Hilal(17) dari Umar bin Muslim Al Junda’i(18) bahwa Ibnu Musayyab(19) telah mengabarkan kepadanya, bahwa Ummu Salamah(6) isteri Nabi ﷺ, telah mengabarkan kepadanya, lalu ia menyebutkan Nabi ﷺ semakna dengan hadis mereka.”


(3) 👤 Muhammad bin ‘Amru bin ‘Alqamah bin Waqash, Al Laitsiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 145 Hijriah (± 762 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(2) 👤 Mu’adz bin Mu’adz bin Nashr bin Hassan , Al ‘Anbariy At Tamimiy, Abu Al Mutsannaa ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 196 Hijriah (± 812 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(4) 👤 Amru bin Muslim bin ‘Umarah, Al Laitsiy Al Junda’iy ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ☖ Hidup di Madinah.


(5) 👤 Sa’id bin Al Musayyab bin Hazan bin Abi Wahab bin ‘Amru, Abu Muhammad ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 93 Hijriah (± 712 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(6) 👤 Hind binti Abi Umayyah bin Al Mughirah, Al Makhzumiyyah, Ummu Salamah, Ummu Al Mu’minin ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 62 Hijriah (± 682 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.


(7) 👤 Al Hasan bin ‘Ali bin Muhammad, Al Khallal Al Hulwaniy, Abu ‘Ali ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 242 Hijriah (± 856 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz.

(8) 👤 Hammad bin Usamah bin Zaid, Abu Usamah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 201 Hijriah (± 817 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(9) 👤 Muhammad bin ‘Amru bin ‘Alqamah bin Waqash, Al Laitsiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 145 Hijriah (± 762 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(10) 👤 Amru bin Muslim bin ‘Umarah, Al Laitsiy Al Junda’iy ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ☖ Hidup di Madinah.


(11) 👤 Hind binti Abi Umayyah bin Al Mughirah, Al Makhzumiyyah, Ummu Salamah, Ummu Al Mu’minin ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 62 Hijriah (± 682 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(12) 👤 Harmalah bin Yahya bin ‘Abdullah bin Harmalah, Abu Hafsh ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 244 Hijriah (± 858 Masehi) ☖ Hidup di Maru.


(13) 👤 Ahmad bin ‘Abdur Raman bin Wahab, Al Qurasyiy, Abu ‘Ubaidullah, Bahsyal ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 264 Hijriah (± 878 Masehi) ☖ Hidup di Maru .

(14) 👤 Abdullah bin Wahab bin Muslim, Al Qurasyiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 197 Hijriah (± 813 Masehi) ☖ Hidup di Maru ⚑ Wafat di Maru.


(15) 👤 Haywah bin Suraih bin Shafwan, Abu Zur’ah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 158 Hijriah (± 775 Masehi) ☖ Hidup di Maru.

(16) 👤 Khalid bin Yazid, Abu ‘Abrdur Rahman ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 139 Hijriah (± 756 Masehi) ☖ Hidup di Maru ⚑ Wafat di Iskandariyah.


(17) 👤 Sa’id bin Abi Hilal, Al Laitsiy, Abu Al ‘Alaa’ ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 135 Hijriah (± 753 Masehi) ☖ Hidup di Maru.

(18) 👤 Amru bin Muslim bin ‘Umarah, Al Laitsiy Al Junda’iy ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ☖ Hidup di Madinah.


(19) 👤 Sa’id bin Al Musayyab bin Hazan bin Abi Wahab bin ‘Amru, Abu Muhammad ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 93 Hijriah (± 712 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(20) 👤 Hind binti Abi Umayyah bin Al Mughirah, Al Makhzumiyyah, Ummu Salamah, Ummu Al Mu’minin ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 62 Hijriah (± 682 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.





Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Sunan Abu Daud 2409
Sunan Tirmidzi 1443
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu.
Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya.
QS. Al-Anfal [8]: 25

Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah).
Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang berterima kasih.
QS. Saba’ [34]: 13

Allahlah yang menciptakan malam,
siang,
matahari & bulan.
Semua itu berjalan pada tempat yang telah ditentukan Allah & beredar pada porosnya masing-masing yang tidak akan pernah melenceng dari garis edarnya.
QS. Al-Anbiya [21]: 33

Dan apabila manusia dikumpulkan (pada hari kiamat) niscaya sembahan-sembahan itu menjadi musuh mereka & mengingkari pemujaan-pemujaan mereka.
QS. Al-Ahqaf [46]: 6

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #5

Berikut ini, yang tidak mengandung moral terpuji, adalah … Orang yang jujur akan senantiasa mengatakan … Lawan kata dari jujur ??adalah … Orang yang suka berbohong adalah orang … Bekerja tepat waktu adalah salah satu ciri orang yang …

Pendidikan Agama Islam #16

Selain berisi kisah-kisah umat terdahulu, dalam Alquran juga terdapat tamsil sebagai peringatan bagi manusia. Tamsil artinya … Alquran adalah mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di bawah ini merupakan bukti bahwa Alquran adalah mukjizat yang terbesar adalah … Fungsi utama kandungan Alquran yang menjelaskan kisah umat terdahulu adalah sebagai … Yang berarti ”menggabungkan sesuatu dengan yang lain” adalah lafaz … Al-Lihyaniy berpendapat bahwa Alquran secara etimologi memiliki arti …

Pendidikan Agama Islam #27

Surah yang terpendek dalam Alquran adalah … Surah yang tidak diawali basmalah adalah … Surah yang pertama kali turun secara lengkap adalah … Proses turunnya wahyu berlangsung selama … tahun.Basmalah tertulis atau disebutkan sebanyak dua kali pada surah …

Kamus

Kalkalah

Apa itu Kalkalah? Kalkalah atau qalqalah adalah bacaan pada huruf-huruf qalqalah dengan bunyi seakan-akan berdetik atau memantul. Huruf qalqalah ada lima yaitu qaf , tha , ba’ , jim , dan dal . Qalqalah terbagi menjadi dua jenis: ● Qalqalah Sugra yaitu apabila salah satu daripada huruf qalqalah itu berbaris mati dan baris matiny … • Qalqalah

Madyan

Di mana itu Madyan? Madyan atau Midian adalah sebuah tempat geografis yang disebutkan di dalam Alkitab Ibrani, Alkitab Kristen, Injil dan Al-Qur’an. Madyan diyakini terletak disebelah barat laut Hijaz dipantai timur dari Teluk Aqa … • Midian

nafar sani

Apa itu nafar sani? na.far sani Isl keberangkatan jamaah haji dari Mina ke Mekah pada tanggal 13 Zulhijah … •

tarekat

Apa itu tarekat? ta.re.kat jalan; jalan menuju kebenaran ; ilmu tarekat , ilmu tasawuf; cara atau aturan hidup ; persekutuan para penuntut ilmu tasawuf … • thoriqoh

Ibnu Sirin

Siapa itu Ibnu Sirin? Abubakar Muhammad bin Sirin al-Bashri atau disingkat Ibnu Sirin, adalah salah seorang tokoh ulama ahli fiqih dan perawi hadis dari golongan tabi’in yang menetap di Bashrah. Ibnu Sirin juga terkenal kemampuannya dalam menakwilkan mimpi, serta atas kesalehannya. Ayahnya bernama … • Ibn Sirin, Muhammad bin Sirin

sembahyang

Apa itu sembahyang? sem.bah.yang salat; air sembahyang , air wudu … •

Instagram