Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3615 – Perintah untuk belaku baik saat menyembelih

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ ابْنُ عُلَيَّةَ عَنْ خَالِدٍ الْحَذَّاءِ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ عَنْ أَبِي الْأَشْعَثِ عَنْ شَدَّادِ بْنِ أَوْسٍ قَالَ ثِنْتَانِ حَفِظْتُهُمَا عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ
Shahih Muslim hadis nomor 3615
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah(1) telah menceritakan kepada kami Isma’il bin ‘Ulayyah(2) dari Khalid Al Khaddza`(3) dari Abu Qilabah(4) dari Abu Al Asy’ats(5) dari Syaddad bin Aus(6) dia berkata,
“Dua perkara yang selalu saya ingat dari Rasulullah ﷺ, beliau bersabda:

“Sesungguhnya Allah telah mewajibkan supaya selalu bersikap baik terhadap setiap sesuatu, jika kamu membunuh maka bunuhlah dengan cara yang baik, jika kamu menyembelih maka sembelihlah dengan cara yang baik, tajamkan pisaumu dan senangkanlah hewan sembelihanmu.”

Dan telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya(7) telah menceritakan kepada kami Husyaim(8).

(dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim(9) telah mengabarkan kepada kami Abdul Wahhab At Tsaqafi(10).
(dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Nafi’(11) telah menceritakan kepada kami Ghundar(12) telah menceritakan kepada kami Syu’bah(13).

(dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Abdurrahman Ad Darimi(14) telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Yusuf(15) dari Sufyan(16).
(dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim(9) telah mengabarkan kepada kami Jarir(18) dari Manshur(19) mereka semua dari Khalid Al Khaddza`(3) dengan sanad dan makna yang sama dengan hadis Ibnu ‘Ulayyah.”


(3) 👤 Khalid bin Mihran, Abu Al Manazil, Al Hadza’i ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 141 Hijriah (± 758 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(2) 👤 Isma’il bin Ibrahim bin Muqsim, Al Asadiy, Abu Bisyir, Ibnu ‘Ulayyah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 193 Hijriah (± 809 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Baghdad.


(4) 👤 Abdullah bin Zaid bin ‘Amru bin Nabil, Al Jarmiy, Abu Qilabah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 104 Hijriah (± 722 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Syam.

(5) 👤 Syarahil bin Aadah, Ash Shan’aniy, Abu Al Asy’Ats ✶ Tabi’in kalangan tua ☖ Hidup di Yaman.


(6) 👤 Syaddad bin Aus bin Tsabit, Al Anshari Al Madaniy, Abu Ya’laa ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 58 Hijriah (± Masehi) ☖ Hidup di Syam ⚑ Wafat di Bani Taghlab.

(7) 👤 Yahya bin Yahya bin Bukair bin ‘Abdur Rahman, At Tamimiy Al Hanzhaliy, Abu Zakariya ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 226 Hijriah (± 841 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.


(8) 👤 Husyaim bin Basyir bin Al Qasim bin Dinar, As Sulamiy, Abu Mu’awiyah, Ibnu Abi Khazim ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 183 Hijriah (± 799 Masehi) ☖ Hidup di Hait ⚑ Wafat di Baghdad.

(9) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.


(10) 👤 Abdul Wahhab bin ‘Abdul Majid bin Ash Shalti, Ats Tsaqafiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 194 Hijriah (± 810 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(11) 👤 Muhammad bin Ahmad bin Nafi’, Al ‘Abdiy Al Qaisiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ☖ Hidup di Bashrah.


(12) 👤 Muhammad bin Ja’far , Al Hudzaliy, Abu ‘Abdullah , Ghundar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 193 Hijriah (± 809 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(13) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(14) 👤 Abdullah bin ‘Abdur Rahman bin Al Fadlol bin Bihram, As Samarqandiy Ad Darimiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 255 Hijriah (± 869 Masehi).

(15) 👤 Muhammad bin Yusuf bin Waqid bin ‘Utsman, Adl Dlabbiy Al Firyabi, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 212 Hijriah (± 827 Masehi) ☖ Hidup di Syam.


(16) 👤 Sufyan bin Sa’id bin Masruq, Ats Tsauriy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 161 Hijriah (± 778 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Bashrah.

(17) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.


(18) 👤 Jarir bin ‘Abdul Hamid bin Qarth, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 188 Hijriah (± 804 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(19) 👤 Manshur bin Al Mu’tamir, As Sulamiy, Abu ‘Ittab ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(20) 👤 Khalid bin Mihran, Abu Al Manazil, Al Hadza’i ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 141 Hijriah (± 758 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.




Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Sunan Abu Daud 2432
Sunan Tirmidzi 1329
Sunan Nasai 4329
Sunan Ibnu Majah 3161
• Musnad Ahmad 16490
• Musnad Ahmad 16494
• Musnad Ahmad 16506
• Musnad Ahmad 16516
• Musnad Darimi 1888
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

orang-orang yang beriman & berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta,
benda & diri mereka,
adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah,
dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.
QS. At-Taubah [9]: 20

Tidaklah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?
Ketahuilah,
sungguh jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya,
(yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka.
QS. Al-‘Alaq [96]: 14-16

Ya Allah,
terimalah daripada kami (amalan kami),
sesungguhnya Engkau Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
QS. Al-Baqarah [2]: 127

Perlakuan seperti itu (membalas kejelekan dengan kebaikan) hanya diberikan kepada orang yang mempunyai sifat sabar & orang yang mempunyai banyak kebaikan & kesempurnaan jiwa.
QS. Fussilat [41]: 35

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #9

Arti hadits maudhu’ adalah … Pengertian ijtihad menurut istilah adalah … Orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan infefensi hukum-hukum syariat dari sumber-sumber yang terpercaya disebut dengan … Berdasarkan bahasa, ijma artinya adalah … Era ketidaktahuan juga disebut zaman …

Kuis Agama Islam #31

Umat Islam yang mengajarkan ilmunya dengan ikhlas akan memperoleh pahala amal jariyah. Amal jariyah artinya …Ilmu yang bermanfaat adalah …Menyampaikan ajaran Alquran dan sunnah Nabi Muhammad kepada orang lain yang belum mengetahui disebut dengan …Berikut ulama yang berasal dari Indonesia adalah …Sesuatu yang dipercaya dan diyakini kebenaranya oleh hati nurani manusia dinamakan …

Pendidikan Agama Islam #26

Sebab-sebab turunnya ayat Alquran disebut … Nama lain dari surah Al-Insyirah adalah … Jumlah surah-surah dalam Alquran adalah … Pesan utama dari kandungan Alquran adalah … Surah yang terpanjang dalam Alquran adalah …

Kamus

Pertempuran Yamamah

Apa itu Pertempuran Yamamah? Petempuran Yamamah terjadi pada Desember 632 di jazirah Arab pada wilayah Yamamah antara Khalifah Abu Bakar melawan Musailamah al-Kazzab yang mengaku sebagai nabi. Latar Belakang Setelah meninggalnya Nabi Muhammad banyak suku-suku Arab yang kemudian kembali murtad dan melawan terhadap Kekhalifahan Islam di Madinah. Khalifah Abu Bakar mengk … • peperangan al yamamah, Perang Yamamah

Kakbah

Apa itu Kakbah? Kak.bah bangunan suci yang terletak di dalam Masjidilharam di Mekah, berbentuk kubus, dijadikan kiblat salat bagi umat Islam dan tempat tawaf pada waktu menunaikan ibadah haji dan umrah … • Ka’bah, Ka’bah, Kabah

iddah

Apa itu iddah? pemberian untuk mengikat tali percintaan antara perempuan dan laki-laki masa tunggu bagi wanita yang berpisah dengan suami, baik karena ditalak maupun bercerai mati; wanita yang ditalak oleh suaminya harus menjalani idah selama tiga kali suci dari menstruasi … • • masa iddah

hasad

Apa itu hasad? Apa itu hasad? Apa saja sebab-sebab terjadinya hasad ? Lalu bagaimana cara menghadapi orang yang hasad? Kalau kita melihat dari sisi pengertian hasad sebenarnya lebih dari sekadar iri hati dan dengki. Baiknya bahasan ini dikaji lebih mendalam. PENGERTIAN HASAD Menurut jumhur ulama, hasad adalah berhara … • dengki, iri hati

Tabi’in

Siapa itu Tabi’in? Tabi’in , adalah orang Islam awal yang masa hidupnya setelah para Sahabat Nabi dan tidak mengalami masa hidup Nabi Muhammad. Usianya tentu saja lebih muda dari Sahabat Nabi, bahkan ada yang masih anak-anak atau remaja pada masa Sahabat masih hidup. Tabi’in merupakan murid Sahabat Nabi. Rentang masa Masa Tabi’in dimu … • tabi’in, tabiin

Ilyasa `alaihis salam

Siapa itu Ilyasa `alaihis salam? Al-Yasa adalah seorang nabi yang tertera dalam kitab Al-Qur’an dan juga dianggap nabi oleh umat agama Yahudi dan Kristen. Ia diangkat menjadi nabi dan Rasul pada tahun 830 SM dan ditugaskan berdakwah kepada Bani Israil dan orang-orang Amoria di daerah Panyas, Syam. Ia wafat di kota Palestina da … • Ilyasa, Ilyas

Instagram