Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3487 – Keutamaan jihad dan keluar di jalan Allah

و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ حَدَّثَنَا مَعْمَرٌ عَنْ هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ قَالَ هَذَا مَا حَدَّثَنَا أَبُو هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ أَحَادِيثَ مِنْهَا وَقَالَ رَسُو
Shahih Muslim hadis nomor 3487
Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Rafi’(1) telah menceritakan kepada kami Abdurrazaq(2) telah menceritakan kepada kami Ma’mar(3) dari Hammam bin Munabbih(4) dia berkata:
hadis ini seperti yang telah diceritakan kepada kami oleh Abu Hurairah(5) dari Rasulullah ﷺ -kemudian dia menyebutkan beberapa hadis darinya-, Rasulullah ﷺ bersabda:

“Setiap luka yang menimpa seorang Muslim dalam jihad fi sabilillah, maka di hari Kiamat ia akan mengucurkan darah berwarna merah dan baunya bau kesturi.”

Dan Rasulullah ﷺ bersabda:

“Demi dzat yang jiwaku berada ditangan-Nya, sekiranya tidak memberatkan terhadap orang-orang mukmin, niscaya saya tidak akan membolehkan seseorang untuk tidak ikut berperang fi sabilillah, akan tetapi saya tidak mampu memberi kelapangan dan membawa mereka, begitu pula mereka tidak memiliki kelapangan untuk ikut bersamaku (berparang),
dan jiwa mereka tidak nyaman untuk duduk-duduk (tidak ikut perang) sepeninggalku.”

Dan telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Umar(6) telah menceritakan kepada kami Sufyan(7) dari Abu Az Zinnad(8) dari Al A’raj(9) dari Abu Hurairah(5) dia berkata,
“Rasulullah ﷺ bersabda:

“Sekiranya tidak memberatkan terhadap orang-orang Mukmin, niscaya saya tidak akan tertinggal di belakang ekspedisi …sebagaimana hadis mereka dengan isnad ini, “Demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh saya ingin sekali terbunuh kemudian di hidupkan… seperti hadis Abu Zur’ah dari Abu Hurairah.”

Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna(11) telah menceritakan kepada kami Abdul Wahhab(12) -yaitu At Tsaqafi-.

(dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah(13) telah menceritakan kepada kami Abu Mu’awiyah(14).
(dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Umar(6) telah menceritakan kepada kami Marwan bin Mu’awiyah(16) semuanya dari Yahya bin Sa’id(17) dari Abu Shalih(18) dari Abu Hurairah(5) dia berkata,
“Rasulullah ﷺ bersabda:

“Sekiranya tidak memberatkan terhadap ummatku, sungguh saya lebih suka tidak tertinggal dari ekspedisi….
.sebagaimana hadis mereka.”

Telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb(20) telah menceritakan kepada kami Jarir(21) dari Suhail(22) dari ayahnya(23) dari Abu Hurairah(5) dia berkata,
“Rasulullah ﷺ bersabda:

“Allah akan menjamin bagi siapa yang keluar berperang fi sabilillah… hingga sabdanya:
“Saya tidak akan tertinggal di belakang ekspedisi di jalan Allah.”


(3) 👤 Ma’mar bin Raosyid, Al Azdiy Al Bashriy, Abu ‘Urwah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 154 Hijriah (± 771 Masehi) ☖ Hidup di Yaman.


(2) 👤 Abdur Razzaq bin Hammam bin Nafi’, Al Humairiy Ash Shan’aniy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 211 Hijriah (± 826 Masehi) ☖ Hidup di Yaman ⚑ Wafat di Yaman.

(4) 👤 Hammam bin Munabbih bin Kamil bin Syaikh, Ash Shan’aniy Al Abnawiy, Abu ‘Uqbah ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Yaman.


(5) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(6) 👤 Muhammad bin Yahya bin Abi ‘Umar, Al ‘Adaniy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 243 Hijriah (± 857 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz ⚑ Wafat di Marur Rawdz.


(7) 👤 Sufyan bin ‘Uyainah bin Abi ‘Imran Maimun, Al Hilaliy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 198 Hijriah (± 814 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.

(8) 👤 Abdullah bin Dzakwan Abu Az Zanad, Al Qurasyiy , Abu ‘Abdur Rahman, Abu Az Zannad ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 130 Hijriah (± 748 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(9) 👤 Abdur Rahman bin Hurmuz, Al Madaniy, Abu Daud, Al A’raj ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Iskandariyah.

(10) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(11) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(12) 👤 Abdul Wahhab bin ‘Abdul Majid bin Ash Shalti, Ats Tsaqafiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 194 Hijriah (± 810 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(13) 👤 Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(14) 👤 Muhammad bin Khazim, At Tamimiy As Sa’adiy, Abu Mu’awiyah, Adl Dluraior ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 195 Hijriah (± 811 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(15) 👤 Muhammad bin Yahya bin Abi ‘Umar, Al ‘Adaniy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 243 Hijriah (± 857 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz ⚑ Wafat di Marur Rawdz.

(16) 👤 Marwan bin Mu’awiyah bin Al Harits bin Asma’ bin Kharijah, Al Fazariy Al Kufiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 193 Hijriah (± 809 Masehi) ☖ Hidup di Syam ⚑ Wafat di Marur Rawdz.


(17) 👤 Yahya bin Sa’id bin Qais, Al Anshariy An Najjariy, Abu Sa’id ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 144 Hijriah (± 761 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Hasyimiyah.

(18) 👤 Dzakwan, Abu Shalih ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 101 Hijriah (± 720 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(19) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(20) 👤 Zuhair bin Harb bin Syaddad, Al Harasyiy An Nasa’iy, Abu Khaitsamah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.


(21) 👤 Jarir bin ‘Abdul Hamid bin Qarth, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 188 Hijriah (± 804 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(22) 👤 Suhail bin Abi Shalih Dzakwan, As Samman, Abu Yazid ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 138 Hijriah (± 755 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.


(23) 👤 Dzakwan, Abu Shalih ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 101 Hijriah (± 720 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(24) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 230
• Musnad Ahmad 7858
• Musnad Ahmad 14404
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More
HR. Muslim: 3484 – Keutamaan jihad dan keluar di jalan Allah

… fi sabilillah kemudian saya terbunuh lalu saya berperang lagi lalu saya terbunuh setelah itu saya berperang lagi dan terbunuh” Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah dan Abu Kuraib berkata telah menceritakan kepada kami Ibnu Fudlail dari dengan sanad diatas • HR Muslim 3484, Hadits Shahih Muslim 3484, Hadits Muslim No. 3484

HR. Muslim: 3486 – Keutamaan jihad dan keluar di jalan Allah

… Hurairah dari Nabi beliau “Tidak ada seorang pun yang terluka dalam perang fi sabilillah -dan Allah lebih mengetahui bagi siapa yang terluka di jalan-Nya- kecuali ia akan datang di hari kiamat kelak dengan luka yang mengucurkan darah berwarna merah dan baunya seperti bau kesturi” • HR Muslim 3486, Hadits Shahih Muslim 3486, Hadits Muslim No. 3486

HR. Muslim: 3485 – Keutamaan jihad dan keluar di jalan Allah

… ad (berjuang) di jalan-Nya ia tidak keluar dari rumahnya kecuali untuk berjuang di jalan-Nya dan menegakkan kalimat-Nya (maka Saya menjamin baginya) untuk masuk kedalam surga atau mengembalikannya pulang ke rumahnya dengan membawa sesuatu yang ia dapat berupa pahala dan ghanimah” • HR Muslim 3485, Hadits Shahih Muslim 3485, Hadits Muslim No. 3485

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Perlakuan seperti itu (membalas kejelekan dengan kebaikan) hanya diberikan kepada orang yang mempunyai sifat sabar & orang yang mempunyai banyak kebaikan & kesempurnaan jiwa.
QS. Fussilat [41]: 35

Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan.
Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka & juga kepadamu.
Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.
QS. Al-Isra’ [17]: 31

Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.
QS. At-Tin [95]: 4

Jangan kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina, banyak mencela,
yang kesana ke mari menyebar luaskan fitnah, yang banyak menghalangi perbuatan baik,
yang melampaui batas lagi banyak dosa, yang kasar, yang terkenal kejahatannya.
QS. Al-Qalam [68]: 10-13

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #16

Selain berisi kisah-kisah umat terdahulu, dalam Alquran juga terdapat tamsil sebagai peringatan bagi manusia. Tamsil artinya … Alquran adalah mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di bawah ini merupakan bukti bahwa Alquran adalah mukjizat yang terbesar adalah … Fungsi utama kandungan Alquran yang menjelaskan kisah umat terdahulu adalah sebagai … Yang berarti ”menggabungkan sesuatu dengan yang lain” adalah lafaz … Al-Lihyaniy berpendapat bahwa Alquran secara etimologi memiliki arti …

Pendidikan Agama Islam #13

Nama pedang Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … … Apa nama peperangan pertama yang berlaku dalam sejarah Islam? … Apa makanan kegemaran Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam? … Apa warna kesukaan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam? … Sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Siapa yang berselawat kepadaku sekali, maka Allah akan berselawat kepadanya … kali.”

Pendidikan Agama Islam #18

Turunnya surah Ad-Dhuha menunjukkan… ..kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.Surah Ad-Dhuha ayat ke-enam menunjukkan salah satu masa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … sebagai … Berikut ini yang bukan kandungan surah Ad-Dhuha adalah… .. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.Arti al-Kaafirun adalah … Arti dari lafal لَكُمْ دِينُكُمْ yaitu …

Kamus

junub

Apa itu junub? ju.nub keadaan kotor karena keluar mani atau bersetubuh yang mewajibkan seseorang mandi dengan membasahi tubuh dari ujung rambut sampai ke ujung kaki … •

kutubusitah

Apa itu kutubusitah? ku.tu.bu.si.tah buku-buku hadis Rasul yang diriwayatkan oleh enam orang perawi terkenal … •

Imran bin Hushain

Siapa itu Imran bin Hushain? Imran bin Hushain adalah salah seorang Sahabat Nabi Muhammad, qadi, serta periwayat hadits. Nama lengkapnya ialah Imran bin Hushain bin Ubaid bin Khalaf al-Khuza’i. Ia dan ayahnya, Hushain bin Ubaid, masuk Islam pada tahun terjadinya Perang Khaibar . Umar bin Khaththab saat menjadi khalifah menunjuk Imran bin Hushain sebagai … • Imran bin Husain

Al-Munafiqun

Apa itu Al-Munafiqun? Surah Al-Munafiqun adalah surah ke-63 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah Madaniyah, terdiri atas 11 ayat. Dinamakan Al Munaafiqun yang berarti Orang-orang yang munafik karena surat ini mengungkapkan sifat-sifat orang-orang munafik. Nomor Surah Nama Surah … • Al-Munafiqun, Al Munafiqun

As Syahiid

Apa itu As Syahiid? Allah itu Asy-Syahid ◀ Artinya bahwa Allah itu Maha Menyaksikan segala peristiwa, baik yang terjadi di dunia maupun di akhirat. Perbuatan-perbuatan kita senantiasa disaksikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, meskipun kita menyembunyikan hal itu dari orang lain, tapi percayalah bahwa Allah itu Maha Menyaksikan apa yang kita perbuat. &128161; … • As-Syahiid., As-Syahid, Al Syahid

musaadah

Apa itu musaadah? mu.sa.a.dah sokongan; tunjangan; sumbangan; bantuan … •

Instagram