Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3483 – Sifat kuda yang tidak disukai

و حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى وَأَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَأَبُو كُرَيْبٍ قَالَ يَحْيَى أَخْبَرَنَا و قَالَ الْآخَرُونَ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ سَلْمِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي زُرْعَةَ عَنْ أَبِي
Shahih Muslim hadis nomor 3483
Dan telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya(1) dan Abu Bakr bin Abu Syaibah(2) dan Zuhair bin Harb(3) dan Abu Kuraib(4), Yahya berkata:
telah mengabarkan kepada kami, dan yang lain mengatakan:
telah menceritakan kepada kami Waki’(5) dari Sufyan(6) dari Salm bin ‘Abdurrahman(7) dari Abu Zur’ah(8) dari Abu Hurairah(9) dia berkata,
“Rasulullah ﷺ tidak menyukai belang putih pada kaki kuda.”

Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Numair(10) telah menceritakan kepada kami ayahku(11).

(dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepadaku ‘Abdurrahman bin Bisyr(12) telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrazaq(13) semuanya dari Sufyan(6) dengan isnad seperti ini, dan di dalam hadis Abdurrazaq ditambahkan, “Syikal adalah seekor kuda yang di kaki kanannya dan tangan kirinya terdapat belang putih, atau pada tangan kanan dan kaki kirinya.”

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basyar(15) telah menceritakan kepada kami Muhammad yaitu Ibnu Ja’far(16).

(dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Mutsanna(17) telah menceritakan kepadaku Wahb bin Jarir(18) semuanya dari Syu’bah(19) dari ‘Abdullah bin Yazid An Nakha’i(20) dari Abu Zur’ah(8) dari Abu Hurairah(9) dari Nabi ﷺ seperti hadis Waki’.
Dan dalam riwayat Wahb dari ‘Abdullah bin Yazid tidak disebutkan An Nakha’i.”


(3) 👤 Zuhair bin Harb bin Syaddad, Al Harasyiy An Nasa’iy, Abu Khaitsamah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.

(2) 👤 Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(4) 👤 Muhammad bin Al ‘Alaa’ bin Kuraib, Al Hamdaniy, Abu Kuraib ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 248 Hijriah (± 862 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(5) 👤 Waki’ bin Al Jarrah bin Malih, Ar Ru’asiy, Abu Sufyan ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 196 Hijriah (± 812 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Ainul Wardah.


(6) 👤 Sufyan bin Sa’id bin Masruq, Ats Tsauriy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 161 Hijriah (± 778 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Bashrah.

(7) 👤 Salm bin ‘Abdur Rahman, An Nakha’iy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ☖ Hidup di Kufah.


(8) 👤 Abu Zur’ah bin ‘Amru bin Jarir bin ‘Abdullah , Al Bajaliy , Abu Zur’ah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Kufah.

(9) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(10) 👤 Muhammad bin ‘Abdullah bin Numair, Al Hamdaniy Al Kharifiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(11) 👤 Abdullah bin Numair, Al Hamdaniy Al Kharifiy, Abu Hisyam ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 199 Hijriah (± 815 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(12) 👤 Abdur Rahman bin Basyar bin Al Hakam, Al ‘Abdiy An Naysaburiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 260 Hijriah (± 874 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.

(13) 👤 Abdur Razzaq bin Hammam bin Nafi’, Al Humairiy Ash Shan’aniy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 211 Hijriah (± 826 Masehi) ☖ Hidup di Yaman ⚑ Wafat di Yaman.


(14) 👤 Sufyan bin Sa’id bin Masruq, Ats Tsauriy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 161 Hijriah (± 778 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Bashrah.

(15) 👤 Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(16) 👤 Muhammad bin Ja’far , Al Hudzaliy, Abu ‘Abdullah , Ghundar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 193 Hijriah (± 809 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(17) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(18) 👤 Wahab bin Jarir bin Hazim, Al Azdiy, Abu Al ‘Abbas ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 206 Hijriah (± 821 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(19) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(20) 👤 Salm bin ‘Abdur Rahman, An Nakha’iy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ☖ Hidup di Kufah.

(21) 👤 Abu Zur’ah bin ‘Amru bin Jarir bin ‘Abdullah , Al Bajaliy , Abu Zur’ah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Kufah.


(22) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.



Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Sunan Nasai 3510
Sunan Ibnu Majah 2780
• Musnad Ahmad 7101
• Musnad Ahmad 9253
• Musnad Ahmad 9772
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Masa (kejayaan & kehancuran) itu Kami pergilirkan diantara manusia,
agar mereka mendapat pelajaran. Semua itu dilakukan agar menjadi cobaan bagi orang Mukmin,
di samping agar Allah memberikan kelebihan kepada orang yang tegar imannya.
QS. Ali ‘Imran [3]: 140

Katakanlah:
“Siapakan yang memberi rezeki kepadamu dari langit & dari bumi?”
Katakanlah:
“Allah”.
QS. Saba’ [34]: 24

Tidakkah kamu perhatikan,
bahwa Allah mengetahui apa yang ada di langit & di bumi?
Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang,
melainkan Dialah keempatnya.
Dan tiada (pembicaraan antara) lima orang,
melainkan Dialah keenamnya.
QS. Al-Mujadilah [58]: 7

dan terimalah taubat kami.
Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.
QS. Al-Baqarah [2]: 128

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #21

Pembukuan Alquran dilakukan pada masa khalifah … Setiap bencana dan musibah yang menimpa manusia di bumi sudah tertulis dalam kitab … Bu Nindi mempersiapkan pakaian bayi, karena bu Nindi tidak lama lagi akan melahirkan bayinya, perilaku bu Nindi termasuk meyakini … Allah Subhanahu Wa Ta`ala.Allah Subhanahu Wa Ta`ala tidak akan merubah nasib suatu kaum , sebelum kaum itu sendiri yang merubahnya, arti ayat tersebut terdapat dalam Alquran surah ar-Rad ayat … Salah satu contoh hikmah beriman kepada qada bagi siswa adalah …

Pendidikan Agama Islam #3

Pembatasan aurat wanita adalah … Berikut ini yang bukan termasuk orang-orang pertama yang menyambut ajakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah … Dalam Islam, pakaian harus … Sebelum berpakaian, kita harus … Bagian tubuh yang tidak ditampakkan sesuai dengan ajaran Islam disebut …

Pendidikan Agama Islam #12

Masyarakat Mekkah pada awal nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah waktu itu sedang dilanda berbagai krisis, dan yang paling menonjol adalah krisis … Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam lahir pada bulan … Nama isteri Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam selepas Khadijah ialah … Nama anak lelaki Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … … Nama Ibu susuan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … …

Kamus

Al-Ikhlas

Apa itu Al-Ikhlas? Surah Al-Ikhlas adalah surah ke-112 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah Makkiyah, terdiri atas 4 ayat dan pokok isinya adalah menegaskan keesaan Allah sembari menolak segala bentuk penyekutuan terhadap-Nya. Kalimat inti dari surah ini, “Allahu ahad, Allahus shamad” … • Al-Ikhlas, Al Ikhlas

santri

Apa itu santri? san.tri orang yang mendalami agama Islam; orang yang beribadat dengan sungguh-sungguh; orang yang saleh … •

kompromistis

Apa itu kompromistis? kom.pro.mis.tis bersifat kompromi; berlaku sebagai orang kompromis; meskipun masih akomodatif kompromistis , anutan mereka yang ketat pada pelaksanaan hukum fikih telah menjadi penghadang penyebaran modernisasi Islam … •

Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di

Siapa itu Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di? As-Sa’di atau As-Si’di adalah seorang Ulama Ahlussunnah, Ahli bahasa Arab, Ahli Fiqih dan Ahli Tafsir, Syaikh yang terkenal dengan kitab tafsir Al-Qur’annya yang ringan dan mudah bagi tingkat pemula, yaitu Taisir Karimirrahman fi Tafsiri Kalamil Mannan yang lebih dikenal sebagai Tafsir As-Sa’di. Kehidupannya Nama lengkapnya ad … • As-Saddi, As-Sa’di

berijtihad

Apa itu berijtihad? ber.ij.ti.had mengadakan ijtihad; menetapkan suatu hal atas dasar ijtihad; berpendapat … •

Al-Kafirun

Apa itu Al-Kafirun? Surah Al-Kafirun adalah surah ke-109 dalam Alquran. Surat ini terdiri atas 6 ayat dan termasuk surat Makkiyah. Nama Al Kaafiruun diambil dari kata yang muncul pada ayat pertama surat ini. Pokok isi surat ini adalah tidak diizinkannya kompromi dalam bentuk mencampuradukkan ajaran agama. Latar belakang. Pada masa penyeb … • Al-Kafirun, Al Kafirun

Instagram