Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3187 – Diyat janin

و حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ آدَمَ حَدَّثَنَا مُفَضَّلٌ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عُبَيْدِ بْنِ نُضَيْلَةَ عَنْ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ أَنَّ امْرَأَةً قَتَلَتْ ضَرَّتَهَا بِعَمُودِ فُسْطَاطٍ فَأُتِيَ فِيهِ رَ
Shahih Muslim hadis nomor 3187
Dan telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Rafi’(1) telah menceritakan kepada kami Yahya bin Adam(2) telah menceritakan kepada kami Mufadlal(3) dari Manshur(4) dari Ibrahim(5) dari ‘Ubaid bin Nushailah(6) dari Mughirah bin Syu’bah(7), bahwa ada seorang wanita memukul madunya (isteri dari suaminya) dengan tiang pasak tenda sehingga meninggal, padahal madu suaminya tengah hamil.
Kemudian persoalan tersebut dihadapkan kepada Rasulullah ﷺ.

Beliau memutuskan bahwa ‘ashabah wanita yang membunuh agar membayar diyah, beliau juga memutuskan bahwa denda janin yang ada dalam perutnya dengan memerdekakan seorang budak mahal.
Lantas ‘ashabah wanita tersebut protes, “Apakah aku harus menanggung denda untuk orang yang belum bisa makan, minum dan menangis saat dilahirkan? Itu adalah suatu kesia-siaan!” Syu’bah berkata,
“Kemudian Nabi ﷺ bersabda:

“Ini adalah sajak seperti sajaknya orang-orang badui.”

Dan telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Al hatim(8) dan Muhammad bin Basyar(9) keduanya berkata:
telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Mahdi(10) dari Sufyan(11) dari Manshur(4) dengan isnad ini seperti makna hadisnya Jarir dan Mufadlal.”

Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah(13) dan Muhammad bin Al Mutsanna(14) dan Ibnu Basyar(15) mereka berkata:
telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far(16) dari Syu’bah(17) dari Manshur(4) dengan sanad hadis mereka dan ceritanya, hanya saja dalam hadis tersebut disebutkan, “Hingga wanita tersebut terjatuh.

Persoalan tersebut kemudian diangkat kepada Nabi ﷺ, lantas beliau memutuskan dengan membayar denda berupa seorang budak, dan beliau membebankan diyatnya kepada walinya.”

Dan dalam hadis itu tidak disebutkan, “Diyatnya seorang wanita.”


(1) 👤 Muhammad bin Rafi’ bin Abi Zaid Sabur, Al Qusyairiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 245 Hijriah (± 859 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.

(2) 👤 “Yahya bin Adam bin Sulaiman, maula keluarga Abi Mu’ith”, Al Umawiy, Abu Zakariya ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 203 Hijriah (± 819 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Falisthina.


(4) 👤 Manshur bin Al Mu’tamir, As Sulamiy, Abu ‘Ittab ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(5) 👤 Ibrahim bin Yazid bin Qays, An Nakha’iy, Abu ‘Imrah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 96 Hijriah (± 715 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(6) 👤 Ubaid bin Nudloylah, Al Khuza’iy Al Muqri’, Abu Mu’awiyah ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 74 Hijriah (± 693 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(7) 👤 Al Mughirah bin Syu’bah bin Abi ‘Amir, Abu ‘Isa ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 50 Hijriah (± 670 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(8) 👤 Muhammad bin Hatim bin Maimun, Al Marwaziy, Abu ‘Abdullah , As Samin ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan biasa ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad.

(9) 👤 Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(10) 👤 Abdur Rahman bin Mahdiy bin Hassan bin ‘Abdur Rahman, Al ‘Anbariy Al Lu’lu’iy, Abu Sa’id ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 198 Hijriah (± 814 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(11) 👤 Sufyan bin Sa’id bin Masruq, Ats Tsauriy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 161 Hijriah (± 778 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Bashrah.


(12) 👤 Manshur bin Al Mu’tamir, As Sulamiy, Abu ‘Ittab ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(13) 👤 Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(14) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(15) 👤 Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(16) 👤 Muhammad bin Ja’far , Al Hudzaliy, Abu ‘Abdullah , Ghundar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 193 Hijriah (± 809 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(17) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(18) 👤 Manshur bin Al Mu’tamir, As Sulamiy, Abu ‘Ittab ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.



Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More
HR. Muslim: 3184 – Diyat janin

… rapa saat perempuan yang dijatuhi hukuman denda itu tiba-tiba meninggal dunia maka Rasulullah memutuskan bahwa harta warisan perempuan itu supaya dibagikan kepada ahli warisnya yaitu anaknya dan suaminya Sedangkan pembayaran denda dibebankan kepada famili terdekatnya si pembunuh” • HR Muslim 3184, Hadits Shahih Muslim 3184, Hadits Muslim No. 3184

HR. Muslim: 3183 – Diyat janin

… u Syihab dari Abu Salamah dari Abu Hurairah bahwa ada dua wanita dari Hudzail berkelahi yang satu melempar lawannya hingga menyebabkan janinnya gugur Nabi lalu memberi putusan dalam masalah tersebut dengan memerdekakan seorang budak yang mahal baik budak laki-laki atau perempuan” • HR Muslim 3183, Hadits Shahih Muslim 3183, Hadits Muslim No. 3183

HR. Muslim: 3186 – Diyat janin

… membayar diyat orang yang tidak makan dan tidak minum serta tidak menangis? Itu adalah suatu kesia-siaan!” Maka Rasulullah “Apakah kamu hendak bersajak sebagaimana sajaknya orang-orang badui?” Syu’bah berkata “Akhirnya beliau tetap memutuskan atas mereka untuk membayar diyatnya” • HR Muslim 3186, Hadits Shahih Muslim 3186, Hadits Muslim No. 3186

HR. Tirmidzi: 1331 – Diyat janin

… anin satu ghurrah yaitu berupa seorang budak laki-laki atau wanita dan menjadikan diyatnya sebagai tanggungan ‘ashabah wanita yang membunuh Al Hasan berkata Dan telah mengabarkan kepada kami Zaid bin Hubab dari dari dengan hadis ini seperi itu Ia mengatakan Hadis ini hasan shahih • HR tirmidzi 1331, Hadits tirmidzi 1331, Shahih tirmidzi 1331, Hadits tirmidzi No. 1331, Jami` at-Tirmidhi 1331

HR. Tirmidzi: 1330 – Diyat janin

… Hadis Abu Hurairah adalah hadis hasan shahih dan menjadi pedoman amal menurut para ulama Sebagian ulama berpendapat Al Ghurrah yaitu berupa seorang budak laki-laki atau wanita atau sebesar lima ratus dirham sebagian lainnya berpendapat Atau berupa seekor kuda perang atau keledai • HR tirmidzi 1330, Hadits tirmidzi 1330, Shahih tirmidzi 1330, Hadits tirmidzi No. 1330, Jami` at-Tirmidhi 1330

HR. Muslim: 3185 – Diyat janin

… hadisnya namun dia tidak menyebutkan “Dan menetapkan bahwa harta warisan (wanita yang membunuh) untuk anak-anaknya dan orang yang bersama mereka” Perawi berkata “Maka ada seseorang yang bertanya “Bagaimana mungkin kami bisa mengetahuinya padahal ia tidak dinamakan Haml bin Malik” • HR Muslim 3185, Hadits Shahih Muslim 3185, Hadits Muslim No. 3185

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan & senda gurau.
Dan jika kamu beriman & bertakwa,
Allah akan memberikan pahala kepadamu & Dia tidak akan meminta harta-hartamu.
QS. Muhammad [47]: 36

Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan
QS. An-Nahl [16]: 69

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #23

Qada dan qadar termasuk rukun iman yang ke … Al Falaq artinya … Ayat ke 5 dari surah al-Falaq yaitu … … Percaya kepada Allah dan Rasulnya termasuk rukun … Meja, kursi, manusia, hewan dan tumbuhan adalah merupakan salah satu cara mengenal Allah Subhanahu Wa Ta`ala melalui …

Pendidikan Agama Islam #13

Nama pedang Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … … Apa nama peperangan pertama yang berlaku dalam sejarah Islam? … Apa makanan kegemaran Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam? … Apa warna kesukaan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam? … Sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Siapa yang berselawat kepadaku sekali, maka Allah akan berselawat kepadanya … kali.”

Pendidikan Agama Islam #19

Berakhirnya seluruh kehidupan di dunia dinamakan … Hari kiamat di jelaskan dalam Alquran, surah … .Tempat berkumpulnya manusia di akhirat di sebut padang … Salah satu hikmah mempercayai datangnya hari akhir, yaitu … … Surah yang menjelaskan bahwa ‘Allah Subhanahu Wa Ta`ala tempat meminta’, yaitu … …

Kamus

ilaa’

Apa itu ilaa’? iilaa’ Iilaa’ menurut bahasa adalah bersumpah melarang diri dari sesuatu hal. Sedangkan menurut istilah syar’i adalah seorang suami yang bersumpah untuk tidak menggauli istrinya dalam jangka waktu tertentu. Dalil pokok tentang iilaa’ adal … • • Ilaa’

Kekhalifahan Rasyidin

Apa itu Kekhalifahan Rasyidin? Kekhalifahan Rasyidin adalah kekhalifahan yang berdiri setelah wafatnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada tahun 632 M, atau tahun 11 H. Kekhalifahan ini terdiri atas empat khalifah pertama dalam sejarah Islam, yang disebut sebagai Khulafaur Rasyidin. Pada puncak kejayaannya, Kekhalifahan … • Khulafaur Rasyidin

Ar-Rayah dan Al-Liwa

Apa itu Ar-Rayah dan Al-Liwa? Ar-Rayah dan Al-Liwa adalah salah satu dari sekian banyak variasi bendera dan panji dalam Islam. Cirinya adalah warna dasar putih dan hitam. Panji penanda pasukan Nabi Muhammad dinamai Rayat Al-Uqab atau Panji Elang dan warnanya polos. Namun kemudian seluruh panji hitam dari pasukan islam juga dinamai Al-Uqab. Bendera hitam seperti Al-Rayah diriway … • Ar-Rayah, Al-Liwa

Ats-Tsiqatul Jalil

Apa itu Ats-Tsiqatul Jalil? Ats-Tsiqatul Jalil adalah istilah untuk seorang yang mulia dan dapat dipercaya. … • Tsiqatul Jalil, Tsiqatul, Jalil

Al Mutakabbir

Apa itu Al Mutakabbir? Allah itu Al-Mutakabbir ◀ Allah itu adalah pemilik dari segala keagungan, sehingga Dia disebut juga dengan Al-Mutakabbir. Segala kebesaran, kekuasaan dan segala keagungan yang ada di alam semesta ini adalah hanyalah milik Allah semata. &128161; Keagungan dari para pemimpin terbaik di dunia ini tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan ke … • Al-Mutakabbir, Al-Mutakabir

Syurahbil bin Hasanah

Siapa itu Syurahbil bin Hasanah? Syurahbil bin Hasanah adalah sahabat Muhammad. Dia merupakan salah satu komandan tersukes dalam pasukan Rasyidin, bertugas di bawah Khalifah Rasyidin Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Dia merupakan salah satu komandan lapangan utama selama penaklukan Muslim di Suriah, bertugas sejak tahun 634 hingga kematiannya pada tahun 639 akibat wabah. … • Syurahbil

Instagram