Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3178 – Pembalasan pada darah

حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَإِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ وَمُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ جَمِيعًا عَنْ وَكِيعٍ عَنْ الْأَعْمَشِ ح و حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ وَوَكِيعٌ عَنْ
Shahih Muslim hadis nomor 3178
Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah(1) dan Ishaq bin Ibrahim(2) dan Muhammad bin Abdullah bin Numair(3) semuanya dari Waki’(4) dari Al A’masy(5).
(dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah(6) telah menceritakan kepada kami ‘Abdah bin Sulaiman(7) dan Waki’(4) dari Al A’masy(5) dari Abu Wa`il(10) dari Abdullah(11) dia berkata,
“Rasulullah ﷺ bersabda:

“Sesuatu yang pertama kali diputuskan di antara manusia kelak di hari Kiamat adalah masalah darah.”

Telah menceritakan kepada kami Ubaidullah bin Mu’adz(12) telah menceritakan kepada kami Ayahku(13).
(dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepadaku Yahya bin Habib(14) telah menceritakan kepada kami Khalid yaitu Ibnu Harits(15).

(dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepadaku Bisyr bin Khalid(16) telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far(17).
(dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Ibnu Al Mutsanna(18) dan Ibnu Basyar(19) keduanya berkata:
telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu ‘Adi(20) semuanya dari Syu’bah(21) dari Al A’masy(5) dari Abu Wa`il(10) dari Abdullah(11) dari Nabi ﷺ seperti hadis di atas.

Namun sebagian mereka menyebutkan dari Syu’bah “Di putuskan”, dan sebagian yang lain mengatakan, “Dihukumi di antara manusia.”


(3) 👤 Muhammad bin ‘Abdullah bin Numair, Al Hamdaniy Al Kharifiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(2) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.

(4) 👤 Waki’ bin Al Jarrah bin Malih, Ar Ru’asiy, Abu Sufyan ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 196 Hijriah (± 812 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Ainul Wardah.


(5) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(6) 👤 Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(7) 👤 Abdah bin Sulaiman, Al Kilabiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 187 Hijriah (± 803 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(8) 👤 Waki’ bin Al Jarrah bin Malih, Ar Ru’asiy, Abu Sufyan ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 196 Hijriah (± 812 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Ainul Wardah.


(9) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(10) 👤 Syaqiq bin Salamah, Al Asadiy, Abu Wa’il ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 82 Hijriah (± 701 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(11) 👤 Abdullah bin Mas’ud bin Ghafil bin Habib, Al Hadzliy Al Madaniy, Abu ‘Abdur Rahman, Ibnu Ummi ‘Abd ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 32 Hijriah (± 653 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Madinah.

(12) 👤 Ubaidullah bin Mu’adz bin Mu’adz, Al ‘Anbariy, Abu ‘Amru ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 237 Hijriah (± 851 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(13) 👤 Mu’adz bin Mu’adz bin Nashr bin Hassan , Al ‘Anbariy At Tamimiy, Abu Al Mutsannaa ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 196 Hijriah (± 812 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(14) 👤 Yahya bin Habib bin ‘Arabiy, Al Haritsiy, Abu Zakariya’ ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 248 Hijriah (± 862 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah/Bashriy.


(15) 👤 Khalid bin Al Harits, Abu ‘Utsman ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 186 Hijriah (± 802 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(16) 👤 Bisyir bin Khalid, Al ‘Asykariy Al Fara`idhiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 253 Hijriah (± 867 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(17) 👤 Muhammad bin Ja’far , Al Hudzaliy, Abu ‘Abdullah , Ghundar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 193 Hijriah (± 809 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(18) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(19) 👤 Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(20) 👤 Muhammad bin Ibrahim bin Abi ‘Adiy, As Sulamiy, Abu ‘Amru ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 194 Hijriah (± 810 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(21) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(22) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(23) 👤 Syaqiq bin Salamah, Al Asadiy, Abu Wa’il ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 82 Hijriah (± 701 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(24) 👤 Abdullah bin Mas’ud bin Ghafil bin Habib, Al Hadzliy Al Madaniy, Abu ‘Abdur Rahman, Ibnu Ummi ‘Abd ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 32 Hijriah (± 653 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Madinah.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 6052
Shahih Bukhari 6357
Sunan Tirmidzi 1317
Sunan Nasai 3927
Sunan Nasai 3928
Sunan Nasai 3929
Sunan Nasai 3930
Sunan Nasai 3931
Sunan Ibnu Majah 2605
Sunan Ibnu Majah 2607
• Musnad Ahmad 3492
• Musnad Ahmad 3983
• Musnad Ahmad 3996
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman & beramal salih bahwasanya mereka akan mendapatkan balasan berupa surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai.
QS. Al-Baqarah [2]: 25

Saling berkasih-sayang dengan orang-orang yang menentang Allah & Rasul-Nya,
sekalipun orang-orang itu bapak-bapak,
atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka.
QS. Al-Mujadilah [58]: 22

Dan bertawakkallah kepada Allah yang hidup (kekal) Yang tidak mati,
dan bertasbihlah dengan memuji-Nya.
Dan cukuplah Dia Maha Mengetahui dosa-dosa hamba-hamba-Nya.
QS. Al-Furqan [25]: 58

Dialah yang bentangkan bumi & jadikan gunung & sungai.
Dan jadikan semua buah-buahan berpasang-pasangan,
Allah menutupkan malam kepada siang.
Sungguh pada yang demikian itu terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan
QS. Ar-Ra’d [13]: 3

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #19

Berakhirnya seluruh kehidupan di dunia dinamakan … Hari kiamat di jelaskan dalam Alquran, surah … .Tempat berkumpulnya manusia di akhirat di sebut padang … Salah satu hikmah mempercayai datangnya hari akhir, yaitu … … Surah yang menjelaskan bahwa ‘Allah Subhanahu Wa Ta`ala tempat meminta’, yaitu … …

Pendidikan Agama Islam #11

Masyarakat Arab sebelum Islam memiliki kebiasaan buruk, juga memiliki kebiasaan baik. Di bawah ini yang tidak termasuk kebiasaan baik masyarakat Arab sebelum Islam adalah … Berikut ini yang bukan merupakan substansi dakwah Rasulullah di Mekkah adalah … Dalam QS. Al-Muddassir ayat 1-7 adalah menjadi dasar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk melakukan dakwah di Mekkah secara … Dari proses dakwah secara diam-diam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melakukan dakwah di Mekkah, maka terdapat beberapa sahabat yang masuk Islam pertama kali. Mereka dikenal dengan sebutan … Cara yang pertama kali ditempuh oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melakukan dakwah di Mekkah secara terang- terangan adalah …

Pendidikan Agama Islam #14

Ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam masih remaja, baginda telah bekerja mengambil upah sebagai pengembala binatang ternak. Apakah binatang tersebut? … Dalam Islam, teladan yang baik disebut juga dengan istilah … Dalam Islam, pengendalian diri atau kontrol terhadap diri, disebut juga dengan … Pengertian Mujahadah An-Nafs adalah … Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa berjihad (berjuang) yang paling utama adalah melawan …

Kamus

syuriah

Apa itu syuriah? syu.ri.ah legislatif … •

Abu Sufyan

Siapa itu Abu Sufyan? Shakhr bin Harb adalah salah seorang pemimpin utama Bani Quraisy di Mekkah yang sangat menentang Muhammad, akan tetapi di kemudian hari memeluk agama Islam. Keturunan Abu Sufyan kemudian mendirikan dinasti Umayyah yang memerintah dunia Islam antara tahun 66 … • Abu Sufyan ibn Harb, Shakhr bin Harb, Abu Sufyan bin Harb, Abu Shufyan

Ar Rahiim

Apa itu Ar Rahiim? Allah itu Ar-Rahim ◀ Allah itu Ar-Rahim , yaitu Allah Maha Penyayang. Allah sangat menyayangi hamba-hamba-Nya yang beriman, Allah juga senantiasa menolong orang-orang soleh, karena Allah sangat menyayangi mereka. Kita bisa meneladani sifat Ar-Rahim tersebut dengan cara mengasihi dan menyayangi keluarga, teman, tetangga-teta … • Ar-Rahiim, Ar-Rahim, Ar Rahim, Al Rahim

Jinayat

Apa itu Jinayat? ji.na.yah perkara yang berhubungan dengan perusakan anggota badan atau jiwa orang lain; tindakan kriminal; kejahatan. Jinayat adalah sebuah kajian ilmu hukum Islam yang berbicara tentang kriminalitas. Dalam istilah yang lebih popular, hukum jinayah disebut juga dengan hukum pidana Islam. Adapun ruang lingkup kajian hukum pidana Islam ini m … • jinayah

basir

Apa itu basir? ba.sir terang dan tajam pengamatannya ; Albasir, Yang Mahatahu; ark jelas terlihat; terang; cahaya pelita itu kurang basir … •

Hudzaifah bin al-Yaman

Siapa itu Hudzaifah bin al-Yaman? Hudzaifah bin al-Yaman dengan julukan Abu Abdillah adalah sahabat Nabi Muhammad yang juga dikenal dengan julukan Pemegang Rahasia Rasul. Biografi Ia dilahirkan di Madinah dari ayah yang bernama Husail bin Jabir Al ‘Absi Al-Yamani yang berasal dari Makkah dan ibu yang dibesarkan di Madinah … • Hudhayfah ibn al-Yaman, Hudzaifah bin al Yaman, Huzaifah, Hudzaifah

Instagram