Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3176 – Apa yang membolehkan tertumpahnya darah seorang Muslim

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَاللَّفْظُ لِأَحْمَدَ قَالَا حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُرَّةَ عَنْ مَسْرُوقٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَامَ فِينَ
Shahih Muslim hadis nomor 3176
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal(1) dan Muhammad bin Al Mutsanna(2) dan ini adalah lafadz Ahmad, keduanya berkata:
telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Mahdi(3) dari Sufyan(4) dari Al A’masy(5) dari Abdullah bin Murrah(6) dari Masruq(7) dari Abdullah(8) dia berkata,
“Rasulullah ﷺ pernah berdiri di tengah-tengah kami seraya bersabda:

“Demi Dzat yang tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Dia.
Tidak halal darah seorang muslim yang telah bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan aku adalah utusan Allah, kecuali dari tiga orang berikut ini:
seseorang yang murtad dari Islam dan meninggalkan jama’ah, atau dari jama’ah -Ahmad ragu dalam riwayatnya-, orang yang telah menikah yang berzina dan seseorang yang membunuh orang lain.”

A’masy(9) berkata:
aku telah menceritakan hadis ini kepada Ibrahim(10), lalu ia menceritakan kepadaku dari Al Aswad(11) dari ‘Aisyah(12) seperti itu.”

Dan telah menceritakan kepadaku Hajjaj bin Sya’ir(13) dan Qasim bin Zakaria(14) keduanya berkata:
telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin Musa(15) dari Syaiban(16) dari Al A’masy(5) dengan menggunakan kedua sanad mereka, seperti hadis Sufyan.

Namun keduanya tidak menyebutkan dalam hadisnya sabda Nabi:
‘Demi Dzat yang tidak ada tuhan yang berhak disembah selian Dia (allah)’.”


(3) 👤 Abdur Rahman bin Mahdiy bin Hassan bin ‘Abdur Rahman, Al ‘Anbariy Al Lu’lu’iy, Abu Sa’id ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 198 Hijriah (± 814 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(2) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(4) 👤 Sufyan bin Sa’id bin Masruq, Ats Tsauriy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 161 Hijriah (± 778 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Bashrah.


(5) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(6) 👤 Abdullah bin Murrah, Al Hamdaniy Al Kharifiy ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 100 Hijriah (± 719 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(7) 👤 Masruq bin Al Ajda’ bin Malik bin Umayyah, Al Hamdaniy Al Wadi’iy, Abu ‘Aisyah ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 63 Hijriah (± 683 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Hait.

(8) 👤 Abdullah bin Mas’ud bin Ghafil bin Habib, Al Hadzliy Al Madaniy, Abu ‘Abdur Rahman, Ibnu Ummi ‘Abd ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 32 Hijriah (± 653 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Madinah.


(9) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(10) 👤 Ibrahim bin Yazid bin Qays, An Nakha’iy, Abu ‘Imrah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 96 Hijriah (± 715 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(11) 👤 Al Aswad bin Yazid bin Qais, An Nakha’iy, Abu ‘Amru ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 75 Hijriah (± 694 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(12) 👤 Aisyah binti Abi Bakar Ash Shiddiq, At Taymiyyah, Ummu ‘Abdullah, Ummu Al Mu’minin ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 58 Hijriah (± Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(13) 👤 Hajjaj bin Yusuf bin Hajjaj, Abu Muhammad, Ibnu Asy Sya’ir ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 259 Hijriah (± 873 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad.

(14) 👤 Al Qasim bin Zakariya’ bin Dinar, Abu Muhammad ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 250 Hijriah (± 864 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(15) 👤 Ubaidullah bin Musa bin Abi Al Mukhtar Badzam, Al ‘Abasiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 213 Hijriah (± 828 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(16) 👤 Syaiban bin ‘Abdur Rahman, Al Bashriy, Abu Mu’awiyah, An Nahwaa Al Mu’addib ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 164 Hijriah (± 781 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Baghdad.


(17) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.




Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 6370
Sunan Abu Daud 3788
Sunan Abu Daud 3789
Sunan Tirmidzi 1322
Sunan Nasai 3951
Sunan Nasai 3952
Sunan Nasai 3953
Sunan Nasai 3989
Sunan Nasai 3990
Sunan Ibnu Majah 2524
Sunan Ibnu Majah 2525
• Musnad Ahmad 411
• Musnad Ahmad 423
• Musnad Ahmad 438
• Musnad Ahmad 478
• Musnad Ahmad 3438
• Musnad Ahmad 3859
• Musnad Ahmad 4024
• Musnad Ahmad 12326
• Musnad Ahmad 24301
• Musnad Ahmad 24518
• Musnad Ahmad 24611
• Musnad Darimi 2196
• Musnad Darimi 2339
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More
HR. Muslim: 3175 – Apa yang membolehkan tertumpahnya darah seorang Muslim

… ami Ibnu Abu Umar telah menceritakan kepada kami (dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim dan Ali bin Khsyram keduanya berkata telah menceritakan kepada kami Isa bin Yunus semuanya dari Al A’masy dengan sanad-sanad ini seperti hadis tersebut” • HR Muslim 3175, Hadits Shahih Muslim 3175, Hadits Muslim No. 3175

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.
Diturunkan dari Rabbil ‘Alamiin.
Maka apakah kamu menganggap remeh Alquran ini?
kamu mengganti rezeki (yang Allah berikan) dengan mendustakan Allah.
QS. Al-Waqi’ah [56]: 79-82

Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu.
Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya.
QS. Al-Anfal [8]: 25

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

Yang menguasai di Hari Pembalasan.

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

Hanya Engkaulah yang kami sembah,
dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.
QS. Al-Fatihah [1]: 4-5

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #28

Siapa nama ayah Nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam? … Siapa nama Nabi setelah Nabi Isa ‘Alaihissalam? … Setiap umat Islam wajib menuntut ilmu. Bagaimana hukum mempelajari Ilmu Agama? … Kewajiban menuntut ilmu terdapat pada Alquran surah … Ada berapa syarat dalam menuntut ilmu? …

Pendidikan Agama Islam #22

Karena rajin belajar maka Afit selalu juara dalam setiap perlombaan antar sekolah, pernyataan tersebut merupakan contoh … Takdir yang bisa diubah dinamakan … Salah satu contoh takdir muallaq (bisa diubah) adalah … Matahari berputar mengelilingi sumbunya, termasuk contoh takdir … Yang tidak termasuk cara beriman kepada qada dan qadar Allah adalah …

Pendidikan Agama Islam #1

Arti fana adalah … Tuhan memiliki sifat Al Karim, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala merupakan zat Yang ..Allah memiliki sifat Al Kariim yang tercantum dalam Alquran surah … Tuhan memiliki sifat Al Matiin, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala adalah zat Yang … Dalam Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al Matiin yang tercantum dalam Alquran surah …

Kamus

inziaj

Apa itu inziaj? in.zi.aj tergetarnya hati di hadapan Allah karena pengaruh mendengarkan ajaran agama … •

Taqiyyah

Apa itu Taqiyyah? Taqiyyah adalah sebuah istilah Islam yang merujuk kepada praktik dan kepercayaan penyangkalan atau pembantahan keagamaan dalam menghadapi penganiayaan. Istilah lainnya untuk istilah terserbut, kitmān memiliki pengartian yang lebih spesifik untuk penyangkalan dengan cara diam. Pr … • Taqiyah

viabilitas

Apa itu viabilitas? vi.a.bi.li.tas kemungkinan untuk dapat hidup; hanya semangat berusaha yang realistislah yang dapat menciptakan viabilitas masyarakat ASEAN … •

Abu Abdullah Muhammad asy-Syafi’i

Siapa itu Abu Abdullah Muhammad asy-Syafi’i? Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafi’i al-Muththalibi al-Qurasyi atau singkatnya Imam Asy-Syafi’i adalah seorang mufti besar Sunni Islam dan juga pendiri mazhab Syafi’i. Imam Syafi’i juga tergolong kerabat dari Ras … • Imam Shafi’ee, Imam Syafi’i, Syafii

Tabiat

Apa itu Tabiat? ta.bi.at perangai; watak; budi pekerti; perbuatan yang selalu dilakukan; kelakuan; tingkah laku … •

mumayiz

Apa itu mumayiz? mu.ma.yiz sudah dapat membedakan sesuatu yang baik dan sesuatu yang buruk … •

Instagram