Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3099 – Tidak boleh menepati nadzar untuk bermaksiat kepada Allah

و حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَعَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ السَّعْدِيُّ وَاللَّفْظُ لِزُهَيْرٍ قَالَا حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ عَنْ أَبِي الْمُهَلَّبِ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ قَالَ كَانَتْ ثَقِيفُ

Dan telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb dan Ali bin ujr As Sa’di sedangkan lafadznya dari Zuhair keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami Isma’il bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Abu Qilabah dari Abu Al Muhallib dari ‘Imran bin Hushain dia berkata, bahwa Tsaqif adalah pelayan Bani ‘Uqail, lalu bani Tsaqif menawan dua sahabat Nabi ﷺ, sementara sahabat Rasulullah ﷺ menawan seseorang dari bani ‘Uqail bersama dengan seekor untanya.
Rasulullah ﷺ kemudian mendatanginya sementara ia dalam keadaan terikat, laki-laki tawanan itu berkata, “Wahai Muhammad!” Beliau menimpalinya:
“Ada apa denganmu?”
laki-laki itu berkata, “Apa alasanmu menawanku, dan apa alasanmu menawan unta pacuanku yang larinya cepat?”
beliau menjawab:
“Itu aku lakukan sebagai pembalasan karena dosa sekutumu, Tsaqif!” Kemudian beliau beranjak pergi.

Laki-laki itu kembali menyeru beliau seraya mengatakan, “Wahai Muhammad, wahai Muhammad!” -Rasulullah ﷺ adalah sosok yang pengasih lagi santun- lalu beliau kembali menemuinya dan bersabda:

“Apa keperluanmu?”
laki-laki itu menjawab, “Sekarang saya muslim.”
Beliau bersabda:

“Sekiranya yang kamu katakan benar, sedangkan kamu dapat mengendalikan urusanmu, sungguh kamu akan mendapatkan segala keberuntungan.”
Kemudian beliau beranjak pergi, namun laki-laki itu menyerunya sambil berkata, “Wahai Muhammad, wahai Muhammad.”
Beliau lalu menemuinya sambil bersabda:

“Apa keperluanmu?”
laki-laki itu berkata, “Aku lapar maka berilah makan kepadaku, dan aku juga haus maka berilah aku minum!” Beliau bersabda:

“Ini kebutuhanmu.”
Dikemudian hari, laki-laki itu ditebus dengan dua orang (sahabat Nabi).”
Imran berkata, “Lalu seorang wanita Anshar tertawan (musuh) bersama dengan unta beliau yang biasa disebut dengan Adlba`, wanita Anshar tersebut dalam keadaan terikat, sedangkan waktu itu orang-orang (para perampok) tengah beristirahat, sementara unta-unta (hasil curian) mereka kandangkan di depan persinggahan-persinggahan mereka.

Kemudian wanita Anshar tersebut dapat melepaskan dari ikatannya, dan segera mendatangi kandang unta, namun setiap kali ia datangi unta untuk dikendarai, unta itu mendengus-dengus, ia pun meninggalkannya hingga ia temui ‘adlba’.
Jadilah ia mengendarai unta penurut yang sudah terlatih itu di bagian belakangnya.

Lalu ia menghardiknya hingga berlari kencang.
Orang-orang yang ketiduran pun kaget dengan kaburnya wanita Anshar tersebut, lalu mereka mengejarnya, namun mereka tidak dapat menagkapnya.

Wanita itu sempat bernadzar, bahwa jika Allah menyelamatkannya, maka ia akan sembelih unta ‘adlba’ itu.
Sesampainya di Madinah, orang-orang melihat unta tersebut, lalu mereka berkata, “Ini adalah Al Adlba’, unta Rasulullah ﷺ!.”
Wanita itu berkata (dengan redaksi), “Apabila Allah menyelamatkannya, sungguh unta tersebut akan disembelihnya.”
Lalu orang-orang menemui Rasulullah ﷺ dan memberitahukan kepada beliau tentang nadzarnya.

Maka Rasulullah ﷺ berkomentar:
Subhanallah, alangkah jahatnya pembalasan ia kepadanya, ia bernadzar kepada Allah apabila Allah menyelamatkannya, maka ia akan menyembelihnya, tidak ada kewajiban melaksanakan nadzar dalam kemaksiatan kepada Allah dan tidak pula terhadap sesuatu yang tidak dimiliki oleh seorang hamba.”
Dalam riwayat Ibnu Hujr, di sebutkan:
“Tidak ada nadzar dalam bermaksiat kepada Allah.”
Telah menceritakan kepada kami Abu Ar Rabi’ Al ‘Ataki telah menceritakan kepada kami Hammad -yaitu Ibnu Zaid-.
(dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim dan Ibnu Abu Umar dari Abdul Wahhab Ats Tsaqafi keduanya dari Ayyub dengan sanad seperti ini.

Dan dalam hadits Hammad, dia menyebutkan, “Adlba’ adalah unta milik seorang dari Bani ‘Uqail, dan ia termasuk dari unta yang sangat cepat larinya.”
Dan dalam haditsnya juga disebutkan, “Lalu wanita (Anshar) itu mendatangi seekor unta yang sangat terlatih.”
Dan dalam hadits At Tsaqafi disebutkan dengan redaksi, “Naqatun Mudarrabatun (Unta yang terlatih).”

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video Terkait

More Videos

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tak memperhatikan?
Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezekimu & terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu
QS. Az-Zariyat [51]: 20-22

Di antara tanda kekuasaanNya, diperlihatkan padamu kilat untuk (timbulkan) ketakutan & harapan, Dia turunkan hujan, lalu hidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya.
Sungguh yang demikian itu terdapat tanda bagi kaum yang mempergunakan akal
QS. Ar-Rum [30]: 24

Dan karena ucapan mereka:
“Sungguh kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”,
padahal mereka tak membunuhnya & tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka.
QS. An-Nisa’ [4]: 157

Dan sungguh,
Kami telah menempatkan kamu di bumi dan di sana Kami sediakan (sumber) penghidupan untukmu.
(Tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur.
QS. Al-A’raf [7]: 10

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #26

Sebab-sebab turunnya ayat Alquran disebut … Nama lain dari surah Al-Insyirah adalah … Jumlah surah-surah dalam Alquran adalah … Pesan utama dari kandungan Alquran adalah … Sura...

Pendidikan Agama Islam #10

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menerima wahyu pertama di … Wahyu pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam terkandung dalam surah … S...

Pendidikan Agama Islam #3

Pembatasan aurat wanita adalah … Berikut ini yang bukan termasuk orang-orang pertama yang menyambut ajakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah … Dalam Islam, pakaian haru...

Kamus

Jabariah

Apa itu Jabariah? Ja.ba.ri.ah aliran dalam ilmu kalam yang berpandangan bahwa segala yang wujud di alam semesta, termasuk manusia, terikat pada kodrat dan iradat Allah Subhanahu Wa Ta`ala. semata ...

hablun

Apa itu hablun? hab.lun (1) tali; (2) hubungan; hablun minallah hubungan antara manusia dan Allah; hubung-an vertikal manusia dengan Allah; untuk menjaga hablun minallah, umat Islam diwajibkan mendi...

Abdullah bin Jahsy

Siapa itu Abdullah bin Jahsy? Abdullah bin Jahsy bin Ri’ab bin Ya‘mur al-Asadi (bahasa Arab: عبد الله بن جحش بن رئاب بن يعمر الأسدي, lahir kr. 40 sebelum hijrah – w...

Ilmu kalam

Apa itu Ilmu kalam? Ilmu kalām (bahasa Arab: علم الكلام‎) adalah disiplin filsafat mencari prinsip-prinsip teologi Islam melalui dialektika. Dalam bahasa Arab perkataan ini secara harfiah ...

Dhirabul Kahfi

Apa itu Dhirabul Kahfi? Air benih binatang ternakan. Islam melarang menjual air benih tersebut tetapi menggalakkan meminjamkan saja ternakan jantan untuk pembiakan. … •

Salahuddin Ayyubi

Siapa itu Salahuddin Ayyubi? Yusuf bin Najmuddin al-Ayyubi (Arab: يوسف بن نجم الدين) (c. 1138 – 4 Maret 1193) adalah seorang jenderal dan pejuang muslim Kurdi dari Tikrit (daerah u...

Instagram