Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Bukhari: 6034 – Sekarat kematian

Shahih Bukhari hadis nomor 6034
Telah menceritakan kepada kami Abu Nu’man(1) telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid(2) dari Ayyub(3) dari Nafi’(4) dari Ibnu ‘Umar(5) radliallahu ‘anhuma mengatakan, Rasulullah ﷺ bersabda:

“Jika salah seorang diantara kalian meninggal, huniannya akan diperlihatkan baginya diwaktu pagi dan sore, entah neraka ataukah surga, lantas dikatakan kepadanya ‘Ini hunianmu’ yang demikian terus berlaku hingga kiamat tiba.”


(1) 👤 Muhammad bin Al Fadlol, As Sadusiy, Abu An Nu’man, Arim ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 224 Hijriah (± 839 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(2) 👤 Hammad bin Zaid bin Dirham, Abu Isma’il, Al Azraq ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 179 Hijriah (± 795 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(3) 👤 Ayyub bin Abi Tamimah Kaysan, As Sikhtiyaniiy, Abu Bakar ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 131 Hijriah (± 749 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(4) 👤 “Nafi’, maula Ibnu ‘Umar “, Al Madaniy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(5) 👤 Abdullah bin ‘Umar bin Al Khaththab bin Nufail, Al ‘Adawiy Al Qurasyiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 73 Hijriah (± 692 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.





Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Muslim 5110
Sunan Tirmidzi 992
Sunan Nasai 2043
• Musnad Ahmad 4873
• Musnad Ahmad 5656
• Musnad Ahmad 5786
• Muwatho Malik 502
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More
HR. Bukhari: 6032 – Sekarat kematian

… pada kami dari Abdurabbih bin Sa’id dari Muhammad bin Amru bin Halhalah, telah menceritakan kepadaku Ibnu Ka’b dari Abu Qatadah dari Nabi , : “telah tiba giliran seseorang memperoleh kenyamanan atau yang lain menjadi nyaman. Seorang mukmin, dialah yang memperoleh kenyamanan itu.” • HR Bukhari 6032, Hadits Shahih Bukhari 6032, Hadits Bukhari No. 6032)

HR. Bukhari: 6029 – Sekarat kematian

… diriingi sekarat, ” kemudian beliau julurkan tangannya dan berseru: “Ya Allah, pertemukanlah aku dengan kekasihku yang tertinggi, ” hingga akhirnya beliau wafat dan tangannya dalam keadaan miring. Abu Ubaidullah mengatakan dengan redaksi ‘bejana kayu dan kantung air dari kulit.’ • HR Bukhari 6029, Hadits Shahih Bukhari 6029, Hadits Bukhari No. 6029)

HR. Bukhari: 6033 – Sekarat kematian

… bin Malik menuturkan, Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam : “Mayyit diiringi tiga hal, yang dua akan kembali sedang yang satu terus menyertainya, ia diiringi oleh keluarganya, hartanya dan amalnya. Harta dan keluarganya akan kembali, sedang amalnya akan terus tetap bersamanya.” • HR Bukhari 6033, Hadits Shahih Bukhari 6033, Hadits Bukhari No. 6033)

HR. Bukhari: 6031 – Sekarat kematian

… enyamanan atau yang lain menjadi nyaman? ‘ Jawab Nabi: “seorang hamba yang mukmin akan memperoleh kenyamanan dari kelelahan dunia dan kesulitan-kesulitannya menuju rahmat Allah, sebaliknya hamba yang jahat, manusia, negara, pepohonan atau hewan menjadi nyaman karena kematiannya.” • HR Bukhari 6031, Hadits Shahih Bukhari 6031, Hadits Bukhari No. 6031)

HR. Bukhari: 6035 – Sekarat kematian

… Telah menceritakan kepada kami Ali bin Ja’d telah mengabarkan kepada kami dari Al A’masy dari dari mengatakan, Nabi : “Janganlah kalian mencaci orang yang telah mati, sebab mereka telah menghadapi apa yang mereka lakukan.” • HR Bukhari 6035, Hadits Shahih Bukhari 6035, Hadits Bukhari No. 6035)

HR. Bukhari: 6030 – Sekarat kematian

… aki arab badui yang keras perangainya mendatangi Nabi , mereka bertanya kepada beliau kapan kematian terjadi? Kontan beliau melihat yang paling muda diantara mereka sembari mengatakan: “Jika anak ini hidup, niscaya belum ia lanjut usia, hingga telah kalian temui kematian kalian.” • HR Bukhari 6030, Hadits Shahih Bukhari 6030, Hadits Bukhari No. 6030)

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Orang yang makan (ambil) riba tak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang kemasukan setan lantaran (tekanan) gila. Disebabkan mereka berkata jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah halalkan jual beli & mengharamkan riba
QS. Al-Baqarah [2]: 275

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman & bertakwa,
pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit & bumi,
tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu,
maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.
QS. Al-A’raf [7]: 96

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah Maha Penyayang,
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,
Maha Pemurah, Maha Penyayang
QS. Al-Fatihah [1]: 1-3

Tidaklah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?
Ketahuilah,
sungguh jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya,
(yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka.
QS. Al-‘Alaq [96]: 14-16

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #30

Yang diajarkan oleh Rasulullah adalah jika kita melihat kemungkaran untuk mencegahnya pertama kali dengan … بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً Arti dari hadist diatas adalah …Di bawah ini adalah cara untuk menjadikan semangat mengamalkan ilmu dalam kehidupan kecuali …كادَ الفَقْرُ أنْ يَكُوْنَ كُفْرًا Arti dari kalimat di atas adalah …Siapakah ilmuan muslim yang pertama menjadi penemu Al-Jabar?

Pendidikan Agama Islam #4

Surah dalam Alquran yang mengatakan larangan untuk melakukan terlalu banyak, makan dan minum adalah … Setelah Yakin, dalam surah Al-A’raf ayat 26, pakaian terbaik ada di mata Allah Subhanahu Wa Ta`ala adalah … Aurat dari tubuh pria adalah mulai … Fungsi pakaian adalah … Kejujuran adalah karakteristik dari seorang Muslim, sementara berbohong atau ketidakjujuran adalah fitur dari orang …

Pendidikan Agama Islam #25

Surah Al-Insyirah terdiri dari … ayat.Surah Al-Insyirah diawali dengan lafal … أَلَمْ dalam surah Al-Insyirah berarti …وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ Ayat diatas terdapat dalam Alquran surah Al-Insyirah ayat …Surah Al-Insyirah turun sesudah surah …

Kamus

akhlak

Apa itu akhlak? Akhlak secara terminologi berarti tingkah laku seseorang yang didorong oleh suatu keinginan secara sadar untuk melakukan suatu perbuatan yang baik. Akhlak merupakan bentuk jamak dari kata khuluk, berasal dari bahasa Arab yang berarti perangai, tingkah laku, atau tabiat. Cara membedakan akhlak, moral, dan etika, yaitu dalam etika, untuk menentukan n … •

amal saleh

Apa itu amal saleh? perbuatan yang sungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah atau menunaikan kewajiban agama seperti perbuatan baik terhadap sesama manusia … • shalih, amal shalih

Al Awwal

Apa itu Al Awwal? Allah itu Al-Awal ◀ Dia adalah Yang Maha Awal dari segala sesuatu. Dialah Sang Pencipta, dan tidaklah mungkin Sang Pencipta diawali oleh ciptaan-Nya. Allah adalah Dzat Yang Mengawali setiap kondisi yang terjadi dilangit dan dibumi, termasuk dalam diri kita sendiri. Setiap apapun yang kita lihat, yang kita nikmati, segala sesuatu yang bisa ki … • Al-Awwal, Al-Awal

faraid

Apa itu faraid? fa.ra.id ] pembagian harta pusaka; aturan pembagian harta pusaka … •

Pertempuran Yarmuk

Apa itu Pertempuran Yarmuk? Pertempuran Yarmuk adalah perang antara Muslim Arab dan Kekaisaran Romawi Timur pada tahun 636. Pertempuran ini, oleh beberapa sejarawan, dipertimbangkan sebagai salah satu pertempuran penting dalam sejarah dunia, karena dia menandakan gelombang besar pertama penaklukan Muslim di luar Arab, dan cepat masuknya Islam ke Palestina, Sur … • Perang Yarmuk • Yarmuk

gibah

Apa itu gibah? gi.bah membicarakan keburukan orang lain; gibah dilarang dalam agama Islam … • ghibah

Instagram