Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Bukhari: 6033 – Sekarat kematian

Shahih Bukhari hadis nomor 6033
Telah menceritakan kepada kami Al Humaidi(1) telah menceritakan kepada kami Sufyan(2) telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Abu Bakar bin Amru bin Hazm(3) ia mendengar Anas bin Malik(4) menuturkan, Rasulullah ﷺ bersabda:

“Mayyit diiringi tiga hal, yang dua akan kembali sedang yang satu terus menyertainya, ia diiringi oleh keluarganya, hartanya dan amalnya.
Harta dan keluarganya akan kembali, sedang amalnya akan terus tetap bersamanya.”


(1) 👤 Abdullah bin Az Zubair bin ‘Isa bin ‘Ubaidillah, Al Humaidiy Al Qurasyiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 219 Hijriah (± 834 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz ⚑ Wafat di Marur Rawdz.

(2) 👤 Sufyan bin ‘Uyainah bin Abi ‘Imran Maimun, Al Hilaliy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 198 Hijriah (± 814 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.


(3) 👤 Abdullah bin Abi Bakar bin Muhammad bin ‘Amru bin Hazm, Al Anshariy, Abu Muhammad ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 135 Hijriah (± 753 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(4) 👤 Anas bin Malik bin An Nadlir bin Dlamdlom bin Zaid bin Haram, Al Anshariy Al Madaniy, Abu Hamzah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 91 Hijriah (± 710 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.




Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Muslim 5260
Sunan Tirmidzi 2301
Sunan Nasai 1911
• Musnad Ahmad 11637
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More
HR. Bukhari: 6032 – Sekarat kematian

… pada kami dari Abdurabbih bin Sa’id dari Muhammad bin Amru bin Halhalah, telah menceritakan kepadaku Ibnu Ka’b dari Abu Qatadah dari Nabi , : “telah tiba giliran seseorang memperoleh kenyamanan atau yang lain menjadi nyaman. Seorang mukmin, dialah yang memperoleh kenyamanan itu.” • HR Bukhari 6032, Hadits Shahih Bukhari 6032, Hadits Bukhari No. 6032)

HR. Bukhari: 6035 – Sekarat kematian

… Telah menceritakan kepada kami Ali bin Ja’d telah mengabarkan kepada kami dari Al A’masy dari dari mengatakan, Nabi : “Janganlah kalian mencaci orang yang telah mati, sebab mereka telah menghadapi apa yang mereka lakukan.” • HR Bukhari 6035, Hadits Shahih Bukhari 6035, Hadits Bukhari No. 6035)

HR. Bukhari: 6030 – Sekarat kematian

… aki arab badui yang keras perangainya mendatangi Nabi , mereka bertanya kepada beliau kapan kematian terjadi? Kontan beliau melihat yang paling muda diantara mereka sembari mengatakan: “Jika anak ini hidup, niscaya belum ia lanjut usia, hingga telah kalian temui kematian kalian.” • HR Bukhari 6030, Hadits Shahih Bukhari 6030, Hadits Bukhari No. 6030)

HR. Bukhari: 6034 – Sekarat kematian

… ma mengatakan, Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam : “Jika salah seorang diantara kalian meninggal, huniannya akan diperlihatkan baginya diwaktu pagi dan sore, entah neraka ataukah surga, lantas dikatakan kepadanya ‘Ini hunianmu’ yang demikian terus berlaku hingga kiamat tiba.” • HR Bukhari 6034, Hadits Shahih Bukhari 6034, Hadits Bukhari No. 6034)

HR. Bukhari: 6029 – Sekarat kematian

… diriingi sekarat, ” kemudian beliau julurkan tangannya dan berseru: “Ya Allah, pertemukanlah aku dengan kekasihku yang tertinggi, ” hingga akhirnya beliau wafat dan tangannya dalam keadaan miring. Abu Ubaidullah mengatakan dengan redaksi ‘bejana kayu dan kantung air dari kulit.’ • HR Bukhari 6029, Hadits Shahih Bukhari 6029, Hadits Bukhari No. 6029)

HR. Bukhari: 6031 – Sekarat kematian

… enyamanan atau yang lain menjadi nyaman? ‘ Jawab Nabi: “seorang hamba yang mukmin akan memperoleh kenyamanan dari kelelahan dunia dan kesulitan-kesulitannya menuju rahmat Allah, sebaliknya hamba yang jahat, manusia, negara, pepohonan atau hewan menjadi nyaman karena kematiannya.” • HR Bukhari 6031, Hadits Shahih Bukhari 6031, Hadits Bukhari No. 6031)

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Tidaklah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?
Ketahuilah,
sungguh jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya,
(yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka.
QS. Al-‘Alaq [96]: 14-16

Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit & apa yang ada di bumi.
Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikan,
niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu.
QS. Al-Baqarah [2]: 284

Maka sembahlah selain Dia sesukamu! (wahai orang-orang musyrik)
“Sesungguhnya orang yang rugi ialah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari Kiamat.”
Ingatlah! Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata
QS. Az-Zumar [39]: 15

Orang-orang yang mendapat petunjuk ke jalan yang benar,
Allah akan menambah petunjuk kepada mereka & akan memberi mereka ketakwaan yang dapat menjauhkan mereka dari api neraka.
QS. Muhammad [47]: 17

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #11

Masyarakat Arab sebelum Islam memiliki kebiasaan buruk, juga memiliki kebiasaan baik. Di bawah ini yang tidak termasuk kebiasaan baik masyarakat Arab sebelum Islam adalah … Berikut ini yang bukan merupakan substansi dakwah Rasulullah di Mekkah adalah … Dalam QS. Al-Muddassir ayat 1-7 adalah menjadi dasar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk melakukan dakwah di Mekkah secara … Dari proses dakwah secara diam-diam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melakukan dakwah di Mekkah, maka terdapat beberapa sahabat yang masuk Islam pertama kali. Mereka dikenal dengan sebutan … Cara yang pertama kali ditempuh oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melakukan dakwah di Mekkah secara terang- terangan adalah …

Pendidikan Agama Islam #12

Masyarakat Mekkah pada awal nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah waktu itu sedang dilanda berbagai krisis, dan yang paling menonjol adalah krisis … Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam lahir pada bulan … Nama isteri Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam selepas Khadijah ialah … Nama anak lelaki Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … … Nama Ibu susuan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … …

Pendidikan Agama Islam #2

Salah satu Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al ‘Adl, yang berarti bahwa Allah … Allah memiliki sifat Yang Maha Mengumpulkan, yang artinya … Sifat adil Allah berlaku untuk … Salah satu Asmaul Husna adalah Al Akhir, yang berarti … Keberadaan Asmaul Husna, dijelaskan dalam Alquran surah …

Kamus

Hasan bin Ali

Siapa itu Hasan bin Ali? Al-Hasan bin ‘Ali adalah putra Ali bin Abi Thalib dan Fatima Zahra dan cucu dari Nabi. Dia adalah Imam kedua Syiah dan nenek moyang ibu dari Dua Belas Imam, dari Muhammad al-Baqir hingga Muhammad al-Mahdi, serta para Imam Ismailiyah. Muslim, terutama Syiah, menyebutnya sebagai Imam Hasan Mojtaba. Nama panggilanny … • Hassan ibn Ali bin Abi Talib, Hasan ibn Ali

mukalaf

Apa itu mukalaf? mu.ka.laf orang dewasa yang wajib menjalankan hukum agama … • mukallaf

Khorasan Raya

Di mana itu Khorasan Raya? Khorasan Raya adalah istilah modern untuk wilayah timur Persia kuno sejak abad ke-3. Khorasan Raya meliputi wilayah yang kini merupakan bagian dari Iran, Afganistan, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan. Khorasan Raya meliputi Nishapur, Tus , Herat, Balkh, … • Khorasan, Khurasan

syariat

Apa itu syariat? sya.ri.at hukum agama yang menetapkan peraturan hidup manusia, hubungan manusia dengan Allah Subhanahu Wa Ta`ala., hubungan manusia dengan manusia dan alam sekitar berdasarkan Alquran dan hadis; Alquran adalah sumber pertama dari syariat Islam … •

taklim

Apa itu taklim? tak.lim pengajaran agama ; pengajian; mari, kita mulai taklim ini dengan membaca bismillah … •

lawazim

Apa itu lawazim? la.wa.zim kewajiban yang harus dilaksanakan … •

Instagram