Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Bukhari: 5919 – Doa Nabi “Ampunilah yang telah kulakukan.”

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ صَبَّاحٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ عَنْ ابْنِ أَبِي مُوسَى عَنْ أَبِيهِ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ يَدْعُو بِهَذَا الدُّعَاءِ رَبِّ اغْفِرْ لِي خَطِيئَتِي وَجَهْلِي وَإِسْرَافِي فِي أَمْرِي كُلِّهِ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي خَطَايَايَ وَعَمْدِي وَجَهْلِي وَهَزْلِي وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِي اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
وَقَالَ عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُعَاذٍ وَحَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ عَنْ أَبِي بُرْدَةَ بْنِ أَبِي مُوسَى عَنْ أَبِيهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِنَحْوِهِ

Shahih Bukhari hadis nomor 5919

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar(1) telah menceritakan kepada kami Abdul Malik bin Shabah(2) telah menceritakan kepada kami Syu’bah(3) dari Abu Ishaq(4) dari Ibnu Abu Musa(5) dari Ayahnya(6) dari Nabi ﷺ bahwa beliau biasa berdo’a dengan do’a sebagai berikut:
“Ya Allah, ampunilah kesalahan, kebodohan, dan perbuatanku yang terlalu berlebihan dalam urusanku, serta ampunilah kesalahanku yang Engkau lebih mengetahui daripadaku.
Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kemalasanku, kesengajaanku, kebodohanku, gelak tawaku yang semua itu ada pada diriku.

Ya Allah, ampunilah aku atas dosa yang telah berlalu, dosa yang mendatang, dosa yang aku samarkan, dosa yang aku perbuat dengan terang-terangan dan dosa yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku, Engkaulah yang mengajukan dan Engkaulah yang mengakhirkan, serta Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”
‘Ubaidullah bin Mu’adz(7) mengatakan:
telah menceritakan kepada kami Ayahku(8) telah menceritakan kepada kami Syu’bah(3) dari Abu Ishaq(4) dari Abu Burdah bin Abu Musa(11) dari Ayahnya(6) dari Nabi ﷺ seperti hadis di atas.


(1) Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar, Tabi’ul Atba’ kalangan tua, wafat tahun 252 H, hidup di Bashrah.

(2) Abdul Malik bin Ash Shabbah, Al Mismai’iy Ash Shan’aniy, Abu Muhammad, Tabi’ut Tabi’in kalangan tua, wafat tahun 200 H, hidup di Bashrah .

(3) Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham, Tabi’ut Tabi’in kalangan tua, wafat tahun 160 H, hidup di Bashrah, wafat di Bashrah.

(4) Amru bin ‘Abdullah bin ‘Ubaid, As Suba’iy Al Hamdaniy, Abu Ishaq, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 128 H, hidup di Kufah, wafat di Kufah.

(5) Amir bin ‘Abdullah bin Qais, Al Asy’ariy, Abu Burdah, Ibnu Abi Musa Al Asy’ariy, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 104 H, hidup di Kufah.

(6) Abdullah bin Qais bin Sulaim bin Hadldlor, Al Asy’ariy Al Madaniy, Abu Musa, Shahabat, wafat tahun 50 H, hidup di Kufah, wafat di Kufah.

(7) Ubaidullah bin Mu’adz bin Mu’adz, Al ‘Anbariy, Abu ‘Amru, Tabi’ul Atba’ kalangan tua, wafat tahun 237 H, hidup di Bashrah.

(8) Mu’adz bin Mu’adz bin Nashr bin Hassan , Al ‘Anbariy At Tamimiy, Abu Al Mutsannaa, Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 196 H, hidup di Bashrah, wafat di Bashrah.

(9) Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham, Tabi’ut Tabi’in kalangan tua, wafat tahun 160 H, hidup di Bashrah, wafat di Bashrah.

(10) Amru bin ‘Abdullah bin ‘Ubaid, As Suba’iy Al Hamdaniy, Abu Ishaq, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 128 H, hidup di Kufah, wafat di Kufah.

(11) Amir bin ‘Abdullah bin Qais, Al Asy’ariy, Abu Burdah, Ibnu Abi Musa Al Asy’ariy, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 104 H, hidup di Kufah.

(12) Abdullah bin Qais bin Sulaim bin Hadldlor, Al Asy’ariy Al Madaniy, Abu Musa, Shahabat, wafat tahun 50 H, hidup di Kufah, wafat di Kufah.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:

Shahih Bukhari 5920
Shahih Muslim 4896
Musnad Ahmad 18904
Musnad Ahmad 21293

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video Terkait

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Demi malaikat-malaikat yang diutus untuk membawa kebaikan.

dan yang menyebarkan (rahmat Tuhannya) dengan seluas-luasnya,

dan yang menyampaikan wahyu,

sesungguhnya apa yang dijanjikan kepadamu itu pasti terjadi.
QS. Al-Mursalat [77]: 1-7

dan bahwasanya Dialah yang menjadikan orang tertawa & menangis.
dan bahwasanya Dialah yang mematikan & menghidupkan,
dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria & wanita.
QS. An-Najm [53]: 43-45

Kami tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekadar kesanggupannya. Dan bila kamu berkata, hendaklah kamu berlaku adil, kendatipun ia kerabat(mu), dan penuhilah janji Allah.
Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu
QS. Al-An’am [6]: 152

Bila kamu mendengar ayat-ayat Allah diingkari & diperolok-olokkan (oleh orang kafir), maka jangan kamu duduk beserta mereka sampai mereka memasuki pembicaraan yang lain.
Karena (kalau kamu berbuat demikian), tentu kamu serupa dengan mereka
QS. An-Nisa’ [4]: 140

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #4

Surah dalam Alquran yang mengatakan larangan untuk melakukan terlalu banyak, makan dan minum adalah … Setelah Yakin, dalam surah Al-A’raf ayat 26, pakaian terbaik ada di mata Allah Subhana...

Pendidikan Agama Islam #21

Pembukuan Alquran dilakukan pada masa khalifah … Setiap bencana dan musibah yang menimpa manusia di bumi sudah tertulis dalam kitab … Bu Nindi mempersiapkan pakaian bayi, karena bu Nindi t...

Pendidikan Agama Islam #3

Pembatasan aurat wanita adalah … Berikut ini yang bukan termasuk orang-orang pertama yang menyambut ajakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah … Dalam Islam, pakaian haru...

Kamus

futuwwah

Apa itu futuwwah? Futuwwah adalah (secara harfiah) jalan hidup para pejuang ruhani (spiritual warriorship). Setiap pelaku yang meneladani jalan ini juga disebut Fata secara harfiah berarti Pemuda yang...

assabiqunal awwalun

Siapa itu assabiqunal awwalun? Assabiqunal awwalun adalah sebutan untuk sahabat-sahabat nabi Muhammad yang pertama kali memeluk islam. Contohnya, Abu bakar ash shiddiq, utsman bin affan, ali bin abi t...

Al Matiin

Apa itu Al Matiin? Allah itu Al Matin . Artinya ialah bahwa Allah itu Dzat Yang Maha Kuat/Maha Kokoh. Tidak ada satu pun di alam semesta ini yang mampu menandingi kekuatan Allah Subhanahu wa Ta’...

Ahli Kitab

Apa itu Ahli Kitab? Ahli Kitab (أهل الكتاب ′Ahl al-Kitāb) adalah sebutan bagi umat Yahudi dan Nasrani di dalam Al-Qur’an. Dinamakan demikian karena Allah telah mengutus nabi-nabi yan...

Abu Zakaria Muhyuddin an-Nawawi

Siapa itu Abu Zakaria Muhyuddin an-Nawawi? Al-Imam al-Allamah Abu Zakaria Muhyuddin bin Syaraf an-Nawawi ad-Dimasyqi (الإمام العلامة أبو زكريا محيي الدين بن شرف ال...

munafik

Apa itu munafik? Munāfiq atau Munafik (kata benda, dari bahasa Arab: منافق, plural munāfiqūn) adalah terminologi dalam Islam untuk merujuk pada mereka yang berpura-pura mengikuti ajaran agama ...

Instagram