Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Bukhari: 5854 – Doa setelah shalat

حَدَّثَنِي إِسْحَاقُ أَخْبَرَنَا يَزِيدُ أَخْبَرَنَا وَرْقَاءُ عَنْ سُمَيٍّ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ ذَهَبَ أَهْلُ الدُّثُورِ بِالدَّرَجَاتِ وَالنَّعِيمِ الْمُقِيمِ قَالَ كَيْفَ ذَاكَ قَالُوا صَلَّوْا كَمَا صَلَّيْنَا وَجَاهَدُوا كَمَا جَاهَدْنَا وَأَنْفَقُوا مِنْ فُضُولِ أَمْوَالِهِمْ وَلَيْسَتْ لَنَا أَمْوَالٌ قَالَ أَفَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَمْرٍ تُدْرِكُونَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ وَتَسْبِقُونَ مَنْ جَاءَ بَعْدَكُمْ وَلَا يَأْتِي أَحَدٌ بِمِثْلِ مَا جِئْتُمْ بِهِ إِلَّا مَنْ جَاءَ بِمِثْلِهِ تُسَبِّحُونَ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ عَشْرًا وَتَحْمَدُونَ عَشْرًا وَتُكَبِّرُونَ عَشْرًا
تَابَعَهُ عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ عَنْ سُمَيٍّ وَرَوَاهُ ابْنُ عَجْلَانَ عَنْ سُمَيٍّ وَرَجَاءِ بْنِ حَيْوَةَ وَرَوَاهُ جَرِيرٌ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ رُفَيْعٍ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ وَرَوَاهُ سُهَيْلٌ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Shahih Bukhari hadis nomor 5854

Telah menceritakan kepada kami Ishaq(1) ‘ telah mengabarkan kepada kami Yazid(2) telah mengabarkan kepada kami Warqa`(3) dari Sumayy(4) dari Abu Shalih(5) dari Abu Hurairah(6) “Orang-orang berkata:
‘Wahai Rasulullah, orang-orang kaya pergi dengan membawa derajat dan kenikmatan yang banyak.’ Beliau bertanya:
‘Mengapa bisa seperti itu? ‘ Mereka menjawab:
‘Mereka melakukan shalat sebagaimana kami shalat, mereka berjihad sebagaimana kami berjihad, dan mereka memiliki kelebihan harta untuk bersedekah sedangkan kami tidak mempunyai harta yang lebih untuk bersedekah.
‘ Maka beliau bersabda:

‘Maukah kalian aku tunjukkan pada suatu perkara, yang tidak akan menyamai orang sebelum kalian dan tidak pula akan di dahului oleh orang-orang setelah kalian kecuali dan tidak akan terjangkau kecuali oleh orang yang melakukan hal yang sama seperti yang kalian lakukan? ‘ Yaitu:
kalian bertasbih seusai shalat sebanyak sepuluh kali, bertahmid sebanyak sepuluh kali bertakbir sebanyak sepuluh kali.’ Hadis ini juga diperkuat oleh ‘Ubaidullah bin Umar(7) dari Sumayy(4).

Dan diriwayatkan pula oleh Ibnu ‘Ajlan(9) dari Sumayy(4) dan Raja` bin Haiwah(11).
Dan diriwayatkan pula oleh Jarir(12) dari Abdul Aziz bin Rufai’(13) dari Abu Shalih(5) dari Abu Darda`(15).

Dan diriwayatkan pula oleh Suhail(16) dari Ayahnya(17) dari Abu Hurairah(6) dari Nabi ﷺ.



(1) Ishaq bin Manshur bin Bahram , At Tamimiy , Abu Ya’qub, Al Kawsaj, Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan, wafat tahun 251 H, hidup di Himsh, wafat di Nihawand.

(2) Yazid bin Harun, As Sulamiy, Abu Khalid, Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 206 H, hidup di Hait, wafat di Hait .

(1) Ishaq bin Manshur bin Bahram , At Tamimiy , Abu Ya’qub, Al Kawsaj, Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan, wafat tahun 251 H, hidup di Himsh, wafat di Nihawand.

(4) “Sumayya, maula Abi Bakar bin ‘Abdur Rahman bin Al Harits bin Hisyam”, Al Makhzumiy, Abu ‘Abdullah , Tabi’in (tdk jumpa Shahabat), wafat tahun 130 H, hidup di Madinah , wafat di Quba’.

(5) Dzakwan, Abu Shalih, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 101 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(6) Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah, Shahabat, wafat tahun 57 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(7) Ubaidullah bin ‘Umar bin Hafsh bin ‘Ashim bin ‘Umar bin Al Khaththab, Al ‘Adawiy Al ‘Umariy, Abu ‘Utsman, Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 147 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(8) “Sumayya, maula Abi Bakar bin ‘Abdur Rahman bin Al Harits bin Hisyam”, Al Makhzumiy, Abu ‘Abdullah , Tabi’in (tdk jumpa Shahabat), wafat tahun 130 H, hidup di Madinah , wafat di Quba’.

(9) Muhammad bin ‘Ajlan, Al Qurasyiy, Abu ‘Abdullah , Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 148 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(10) “Sumayya, maula Abi Bakar bin ‘Abdur Rahman bin Al Harits bin Hisyam”, Al Makhzumiy, Abu ‘Abdullah , Tabi’in (tdk jumpa Shahabat), wafat tahun 130 H, hidup di Madinah , wafat di Quba’.

(11) Raja’ bin Haywah bin Jarwal, Abu Al Miqdam, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 112 H, hidup di Syam.

(12) Jarir bin ‘Abdul Hamid bin Qarth, Abu ‘Abdullah , Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 188 H, hidup di Kufah.

(13) Abdul ‘Aziz bin Rufai’, Al Asadiy Ath Tha’ifiy, Abu ‘Abdullah , Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 130 H, hidup di Kufah.

(14) Dzakwan, Abu Shalih, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 101 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(15) Uwaimir bin Malik bin Qais bin Umayyah bin ‘Amir, Al Anshariy Al Khazrajiy, Abu Ad Darda’, Shahabat, wafat tahun 32 H, hidup di Syam.

(16) Suhail bin Abi Shalih Dzakwan, As Samman, Abu Yazid, Tabi’in (tdk jumpa Shahabat), wafat tahun 138 H, hidup di Madinah.

(17) Dzakwan, Abu Shalih, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 101 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(18) Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah, Shahabat, wafat tahun 57 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.


Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video Terkait

Panggil Video Lainnya
HR. Bukhari: 5855 – Doa setelah shalat

… Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tiada yang bisa menghalangi apa yang Engkau berikan dan tiada yang bisa memberi apa yang Engkau halangi. Tidaklah bermanfaat kekayaan dan harta benda...

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Hai orang-orang yang beriman,
bersabarlah kamu & kuatkanlah kesabaranmu & tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) & bertakwalah kepada Allah,
supaya kamu beruntung.
QS. Ali ‘Imran [3]: 200

Allahlah yang menciptakan malam,
siang,
matahari & bulan.
Semua itu berjalan pada tempat yang telah ditentukan Allah & beredar pada porosnya masing-masing yang tidak akan pernah melenceng dari garis edarnya.
QS. Al-Anbiya [21]: 33

Bertakwalah kepada Allah & katakanlah perkataan yang benar,
niscaya Allah memperbaiki amalan-amalanmu & mengampuni dosa-dosamu.
Barang siapa mentaati Allah & Rasul-Nya,
maka sungguh ia telah mendapat kemenangan yang besar
QS. Al-Ahzab [33]: 70-71

Kami wajibkan manusia (berbuat) baik kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksa untuk persekutukan Aku dengan sesuatu yang tak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu ikuti keduanya.
Hanya kepada-Ku lah kembalimu.
QS. Al-‘Ankabut [29]: 8

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #20

Berikut adalah contoh bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala Maha Mendahulukan. Zakat menurut bahasa زكة , yang bermakna …Yang termasuk mustahiq (orang berhak menerima zakat) berikut yaitu … Setel...

Pendidikan Agama Islam #17

Dalam Alquran, surah Ad-Dhuha turun setelah surah …Surah Ad-Dhuha termasuk kategori surah …اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ lafal tersebut adalah surah Ad-...

Pendidikan Agama Islam #11

Masyarakat Arab sebelum Islam memiliki kebiasaan buruk, juga memiliki kebiasaan baik. Di bawah ini yang tidak termasuk kebiasaan baik masyarakat Arab sebelum Islam adalah … Berikut ini yang buka...

Kamus

Selawat

Apa itu Selawat? Selawat atau Salawat (bahasa Arab: صلوات‎) adalah bentuk jamak dari kata salat yang berarti doa atau seruan kepada Allah. Membaca selawat untuk nabi, memiliki maksud mendoakan ...

Zulkifli `alaihis salam

Siapa itu Zulkifli `alaihis salam? Nabi Zulkifli (Arab: ذو الكفل, Dzū’l-Kifl) (sekitar 1500-1425 SM) adalah salah satu nabi dan Rasul dalam ajaran agama Islam yang diutus kepada kaum Amo...

Ramadan

Apa itu Ramadan? Ra.ma.dan bulan ke-9 tahun Hijriah (29 atau 30 hari), pada bulan ini orang Islam diwajibkan berpuasa ۞ Variasi nama: ramadhan … • ramadhan

Ulil Albab

Apa itu Ulil Albab? Kata Ulil Albab dalam pengertian secara sederhana sering diartikan sebagai orang yang Berakal atau orang yang berfikir. Pengertian ini tidak salah kalau kita tinjau dari sudut isti...

burak

Apa itu burak? bu.rak kendaraan yang digunakan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. ketika melaksanakan Isra ۞ Variasi nama: buroq … • buroq

Sa’id Hawwa

Siapa itu Sa’id Hawwa? Sa`id Hawwa (Bahasa Arab: سعيد حوى, Sa`īd Ḥawwá) (1935–1989) adalah anggota terkemuka dan ideolog terkemuka dalam Ikhwanul Muslimin Suriah. Hawwa menulis seju...

Instagram