Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Bukhari: 5845 – Meminta perlindungan dan bacaan saat tidur

بَاب حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ أَبِي سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيُّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ
قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَوَى أَحَدُكُمْ إِلَى فِرَاشِهِ فَلْيَنْفُضْ فِرَاشَهُ بِدَاخِلَةِ إِزَارِهِ فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي مَا خَلَفَهُ عَلَيْهِ ثُمَّ يَقُولُ بِاسْمِكَ رَبِّ وَضَعْتُ جَنْبِي وَبِكَ أَرْفَعُهُ إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِي فَارْحَمْهَا وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِينَ
تَابَعَهُ أَبُو ضَمْرَةَ وَإِسْمَاعِيلُ بْنُ زَكَرِيَّاءَ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ وَقَالَ يَحْيَى وَبِشْرٌ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ سَعِيدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَرَوَاهُ مَالِكٌ وَابْنُ عَجْلَانَ عَنْ سَعِيدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Shahih Bukhari hadis nomor 5845

Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yunus(1) telah menceritakan kepada kami Zuhair(2) telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin Umar(3) telah menceritakan kepadaku Sa’id bin Abu Sa’id Al Maqburi(4) dari Ayahnya(5) dari Abu Hurairah(6) dia berkata:
Nabi ﷺ bersabda:

“Apabila seseorang dari kalian hendak tidur, maka hendaklah ia mengibaskan di atas tempat tidurnya dengan kain sarungnya, karena ia tidak tahu apa yang terdapat di atas kasurnya.
Lalu mengucapkan doa:
BISMIKA RABBII WADHA’TU JANBII WABIKA ARFA’UHU, IN AMSAKTA NAFSII FARHAMHAA, WAIN ARSALTAHAA FAHFAHZH-HAA BIMAA TAHFAZHU BIHI ‘IBAADAKASHSHAALIHIIN (Dengan nama-Mu Wahai Tuhanku, aku baringkan punggungku dan atas nama-Mu aku mengangkatnya, dan jika Engkau menahan diriku, maka rahmatilah daku, dan jika Engkau melepaskannya, maka jagalah sebagaimana Engkau menjaga hamba-Mu yang shalih).”
Dan hadis ini juga diperkuat oleh Abu Dlamrah(7) dan Isma’il bin Zakariya(8) dari ‘Ubaidullah(9).
Yahya(10) dan Bisyr(11) mengatakan:
dari ‘Ubaidullah(9) dari Sa’id(13) dari Abu Hurairah(6) dari Nabi ﷺ.

Dan diriwayatkan pula oleh Malik(15) dan Ibnu ‘Ajlan(16) dari Sa’id(13) dari Abu Hurairah(6) dari Nabi ﷺ.”


(1) Ahmad bin ‘Abdullah bin Yunus bin ‘Abdullah bin Qais, At Tamimiy Al Yarbuu’iy, Abu ‘Abdullah , Tabi’ul Atba’ kalangan tua, wafat tahun 227 H, hidup di Kufah, wafat di Kufah.

(2) Zuhair bin Mu’awiyah bin Hudaij, Al Ja’fiy, Abu Khaitsamah, Tabi’ut Tabi’in kalangan tua, wafat tahun 173 H, hidup di Kufah, wafat di Jazirah.

(3) Ubaidullah bin ‘Umar bin Hafsh bin ‘Ashim bin ‘Umar bin Al Khaththab, Al ‘Adawiy Al ‘Umariy, Abu ‘Utsman, Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 147 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(4) Sa’id bin Abi Sa’id Kaisan, Al Maqburiy, Abu Sa’ad, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 123 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(5) Kaisan, Al Maqburiy, Abu Sa’id, Shahibu Al ‘Uba’, Tabi’in kalangan tua, wafat tahun 100 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(6) Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah, Shahabat, wafat tahun 57 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(7) Anas bin ‘Iyadl boin Dlamrah , Al Laitsiy, Abu Dlamrah, Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 200 H, hidup di Madinah.

(8) Isma’il bin Zakariya bin Murrah, Al Khalqaniy Al Asadiy, Abu Ziyad, Syuqusha, Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 174 H, hidup di Kufah, wafat di Baghdad.

(9) Ubaidullah bin ‘Umar bin Hafsh bin ‘Ashim bin ‘Umar bin Al Khaththab, Al ‘Adawiy Al ‘Umariy, Abu ‘Utsman, Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 147 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(10) Yahya bin Sa’id bin Farrukh, Al Qaththan At Tamimiy, Abu Sa’id, Al Ahwal, Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 198 H, hidup di Bashrah, wafat di Bashrah.

(11) Bisyir bin Al Mufadldlol Laahiq, Abu Isma’il, Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 187 H, hidup di Bashrah.

(12) Ubaidullah bin ‘Umar bin Hafsh bin ‘Ashim bin ‘Umar bin Al Khaththab, Al ‘Adawiy Al ‘Umariy, Abu ‘Utsman, Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 147 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(13) Sa’id bin Abi Sa’id Kaisan, Al Maqburiy, Abu Sa’ad, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 123 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(14) Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah, Shahabat, wafat tahun 57 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(15) Malik bin Anas bin Malik bin Abi ‘Amir, Al Ashbahiy Al Humairiy, Abu ‘Abdullah , Tabi’ut Tabi’in kalangan tua, wafat tahun 179 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(16) Muhammad bin ‘Ajlan, Al Qurasyiy, Abu ‘Abdullah , Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 148 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(17) Sa’id bin Abi Sa’id Kaisan, Al Maqburiy, Abu Sa’ad, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 123 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(18) Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah, Shahabat, wafat tahun 57 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:

Shahih Muslim 4889
Sunan Abu Daud 4391
Musnad Ahmad 7477
Musnad Ahmad 7597
Musnad Ahmad 9219
• Musnad Darimi 2568

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video Terkait

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Dan pada hari ketika terjadi kiamat,
orang-orang yang berdosa (kaum musyrik) terdiam berputus asa.
QS. Ar-Rum [30]: 12

Orang yang kembali (mengambil riba),
maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka,
mereka kekal di dalamnya.
QS. Al-Baqarah [2]: 275

Dan tidak ada seorangpun akan beriman kecuali dengan izin Allah,

dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya.
QS. Yunus [10]: 100

Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka,
sedang kamu berada di antara mereka.
Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka,
sedang mereka meminta ampun (istighfar).
QS. Al-Anfal [8]: 33

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #24

Allah Subhanahu Wa Ta`ala Melihat semua apa yang di lakukan oleh hambanya, karena Allah bersifat … Dalam memutuskan suatu perkara, Dinda sangat adil karena Dinda meneladani sifat Allah … S...

Pendidikan Agama Islam #25

Surah Al-Insyirah terdiri dari … ayat.Surah Al-Insyirah diawali dengan lafal … أَلَمْ dalam surah Al-Insyirah berarti …وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ Ayat...

Pendidikan Agama Islam #10

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menerima wahyu pertama di … Wahyu pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam terkandung dalam surah … S...

Kamus

Hadits Gharib

Apa itu Hadits Gharib? Hadits gharib secara kebahasaan bermakna menyendiri, atau jauh dari kerabat-kerabatnya. Secara istilah Ibnu Shalah mendefinisikan hadis gharib sebagai hadis yang menyendiri seba...

musabaqah

Apa itu musabaqah? mu.sa.ba.qah perlombaan; para qari dan qariah yang telah berhasil dalam medan musabaqah diterima Bapak Gubernur … •

trias politika

Apa itu trias politika? tri.as po.li.ti.ka pengelompokan kekuasaan negara atas kekuasaan legislatif (kekuasaan membuat undang-undang), kekuasaan eksekutif (kekuasaan melaksanakan undang-undang), dan ...

Kalalah

Apa itu Kalalah? Kalalah adalah istilah dalam kajian hukum waris Islam yang berarti orang yang tidak mempunyai anak dan ayah. Penggunaan istilah ini dapat diperuntukkan untuk pewaris dan ahli waris. S...

ilaa’

Apa itu ilaa’? iilaa’ (إلاء ) Iilaa’ menurut bahasa adalah bersumpah melarang diri dari sesuatu hal. Sedangkan menurut istilah syar’i adalah seorang suami yang bersumpah untuk tidak mengga...

air talkin

Apa itu air talkin? air yang disiramkan ke atas jenazah dalam kubur sebelum orang membaca talkin … •

Instagram