Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Bukhari: 5795 – Berpelukan, dan ucapan seseorang “Bagaimana engkau keadaannya?”

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ أَخْبَرَنَا بِشْرُ بْنُ شُعَيْبٍ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ كَعْبٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ أَخْبَرَهُ أَنَّ عَلِيًّا يَعْنِي ابْنَ أَبِي طَالِبٍ خَرَجَ مِنْ عِنْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ح و حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا عَنْبَسَةُ حَدَّثَنَا يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ أَخْبَرَهُ أَنَّ عَلِيَّ بْنَ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
خَرَجَ مِنْ عِنْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي وَجَعِهِ الَّذِي تُوُفِّيَ فِيهِ فَقَالَ النَّاسُ يَا أَبَا حَسَنٍ كَيْفَ أَصْبَحَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَصْبَحَ بِحَمْدِ اللَّهِ بَارِئًا فَأَخَذَ بِيَدِهِ الْعَبَّاسُ فَقَالَ أَلَا تَرَاهُ أَنْتَ وَاللَّهِ بَعْدَ الثَّلَاثِ عَبْدُ الْعَصَا وَاللَّهِ إِنِّي لَأُرَى رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَيُتَوَفَّى فِي وَجَعِهِ وَإِنِّي لَأَعْرِفُ فِي وُجُوهِ بَنِي عَبْدِ الْمُطَّلِبِ الْمَوْتَ فَاذْهَبْ بِنَا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَنَسْأَلَهُ فِيمَنْ يَكُونُ الْأَمْرُ فَإِنْ كَانَ فِينَا عَلِمْنَا ذَلِكَ وَإِنْ كَانَ فِي غَيْرِنَا أَمَرْنَاهُ فَأَوْصَى بِنَا قَالَ عَلِيٌّ وَاللَّهِ لَئِنْ سَأَلْنَاهَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَيَمْنَعُنَا لَا يُعْطِينَاهَا النَّاسُ أَبَدًا وَإِنِّي لَا أَسْأَلُهَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبَدًا

Shahih Bukhari hadis nomor 5795

Telah menceritakan kepada kami Ishaq(1) telah mengabarkan kepada kami Bisyr bin Syu’aib(2) telah menceritakan kepadaku Ayahku(3) dari Az Zuhri(4) dia berkata:
telah mengabarkan kepadaku Abdullah bin Ka’b(5) bahwa Abdullah bin Abbas(6) telah mengabarkan kepadanya, bahwa Ali yaitu Ibnu Abu Thalib(7) pergi dari sisi Nabi ﷺ.
Dan diriwayatkan dari jalur lain, telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Shalih(8) telah menceritakan kepada kami ‘Anbasah(9) telah menceritakan kepada kami Yunus(10) dari Ibnu Syihab(11) dia berkata:
telah mengabarkan kepadaku Abdullah bin Ka’b bin Malik(12) bahwa Abdullah bin Abbas(6) telah mengabarkan kepadanya:
bahwa Ali bin Abu Thalib(14) radliallahu ‘anhu keluar dari sisi Nabi ﷺ disaat beliau sakit yang menyebabkan beliau meninggal, maka orang-orang bertanya:
“Wahai Abu Hasan, bagaimana keadaan Rasulullah ﷺ?”
Ia menjawab:
“Alhamdulillah beliau sudah agak baikan.”
Lalu Abbas memegang tangannya dan berkata:
“Demi Allah, tidakkah engkau lihat? Sesungguhnya aku mengetahui bahwa Rasulullah ﷺ akan wafat karena sakitnya ini.
Sesungguhnya aku juga mengetahui wajah bani Abdul Muththalib ketika menghadapi kematiannya.

Mari kita menemui Rasulullah ﷺ, lalu kita tanyakan kepada siapa perkara (kepemimpinan) ini akan diserahkan? Jika kepada (orang) kita, maka kita mengetahuinya dan jika (diserahkan) kepada selain kita maka kita akan menyuruh beliau supaya mewasiatkannya pada kita.”
Lalu Ali radliallahu ‘anhu berkata:
“Demi Allah, bila kita memohonnya kepada Rasulullah ﷺ lalu beliau menolak, maka selamanya orang-orang tidak akan memberikannya kepada kita.

Karena itu, aku tidak akan pernah menanyakan kepada Rasulullah ﷺ selamanya.”



(1) Ishaq bin Manshur bin Bahram , At Tamimiy , Abu Ya’qub, Al Kawsaj, Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan, wafat tahun 251 H, hidup di Himsh, wafat di Nihawand.

(2) Bisyir bin Syu’aib bin Abi Hamzah Dinar, Abu Al Qasim, Tabi’ul Atba’ kalangan tua, wafat tahun 213 H, hidup di Syam.

(1) Ishaq bin Manshur bin Bahram , At Tamimiy , Abu Ya’qub, Al Kawsaj, Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan, wafat tahun 251 H, hidup di Himsh, wafat di Nihawand.

(4) Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar, Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 124 H, hidup di Madinah.

(5) Abdullah bin Ka’ab bin Malik, Al Anshariy As Salmiy, Tabi’in kalangan tua, wafat tahun 98 H, hidup di Madinah.

(6) Abdullah bin ‘Abbas bin ‘Abdul Muthallib bin Hasyim , Al Qurasyiy Al Hasyimiy, Abu Al ‘Abbas, Shahabat, wafat tahun 68 H, hidup di Marur Rawdz, wafat di Tha’if.

(7) Ali bin Abi Thalib bin ‘Abdu Al Muthallib bin Hasyim bin ‘Abdi Manaf, Al Hasyimiy, Abu Al Hasan, Abu Turab, Shahabat, wafat tahun 40 H, hidup di Kufah, wafat di Kufah.

(8) Ahmad bin Shalih, Al Mishriy, Abu Ja’far, Ibnu Ath Thabariy, Tabi’ul Atba’ kalangan tua, wafat tahun 248 H, hidup di Maru.

(9) Anbasah bin Khalid bin Yazid, Al Umawi Al Ayliy, Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 198 H, hidup di Maru, wafat di Aylah.

(10) Yunus bin Yazid bin Abi An Najjad, Al Ayliy, Abu Zaid, Tabi’ut Tabi’in kalangan tua, wafat tahun 159 H, hidup di Syam, wafat di Maru.

(11) Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar, Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 124 H, hidup di Madinah.

(12) Abdullah bin Ka’ab bin Malik, Al Anshariy As Salmiy, Tabi’in kalangan tua, wafat tahun 98 H, hidup di Madinah.

(13) Abdullah bin ‘Abbas bin ‘Abdul Muthallib bin Hasyim , Al Qurasyiy Al Hasyimiy, Abu Al ‘Abbas, Shahabat, wafat tahun 68 H, hidup di Marur Rawdz, wafat di Tha’if.

(14) Ali bin Abi Thalib bin ‘Abdu Al Muthallib bin Hasyim bin ‘Abdi Manaf, Al Hasyimiy, Abu Al Hasan, Abu Turab, Shahabat, wafat tahun 40 H, hidup di Kufah, wafat di Kufah.


Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video Terkait

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya & menahan diri dari keinginan hawa nafsunya,
maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya).
QS. An-Nazi’at [79]: 40-41

Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain,
dan (peliharalah) hubungan silaturrahim.
Sesungguhnya Allah selalu menjaga & mengawasi kamu.
QS. An-Nisa’ [4]: 1

Ya Tuhan kami,
janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya.

Beri maaflah kami,
ampunilah kami,
dan rahmatilah kami.
Engkaulah Penolong kami,
maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.
QS. Al-Baqarah [2]: 286

Dan barang siapa kafir maka kekafirannya itu janganlah menyedihkanmu.
Hanya kepada Kami-lah mereka kembali,
lalu Kami beritakan kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan.
Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati.
QS. Luqman [31]: 23

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #9

Arti hadits maudhu’ adalah … Pengertian ijtihad menurut istilah adalah … Orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan infefensi hukum-hukum syariat dari sumber-sumber yang terpercay...

Pendidikan Agama Islam #14

Ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam masih remaja, baginda telah bekerja mengambil upah sebagai pengembala binatang ternak. Apakah binatang tersebut? … Dalam Islam, teladan y...

Pendidikan Agama Islam #30

Yang diajarkan oleh Rasulullah adalah jika kita melihat kemungkaran untuk mencegahnya pertama kali dengan … بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً Arti dari hadist diatas adalah...

Kamus

Thaghut

Apa itu Thaghut? Thoghut atau Thaghut adalah istilah dalam agama Islam yang merujuk kepada setiap yang disembah selain Allah yang rela dengan peribadatan yang dilakukan oleh penyembah atau pengikutnya...

fir’aun

Siapa itu fir’aun? Fir’aun (Arab: فرعون Firʻawn; bahasa Ibrani: פַּרְעֹה, paroh; bahasa Inggris: Pharaoh) adalah gelar yang dalam diskusi dunia modern digunakan untuk seluruh...

Sedekah

Apa itu Sedekah? Sedekah (Bahasa Arab:صدقة; transliterasi: sadakah) adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sede...

mahar musama

Apa itu mahar musama? maskawin yang ditentukan jumlahnya pada waktu melakukan akad nikah … •

Al Khaafidh

Apa itu Al Khaafidh? Allah itu Al-Khafidh . Allah itu Al-Khafidh, maksudnya adalah Allah Maha Merendahkan siapapun yang dikehendaki-Nya sesuai dengan kebijaksanaan-Nya. Misalnya, Allah bisa merendah...

Al Matiin

Apa itu Al Matiin? Allah itu Al Matin . Artinya ialah bahwa Allah itu Dzat Yang Maha Kuat/Maha Kokoh. Tidak ada satu pun di alam semesta ini yang mampu menandingi kekuatan Allah Subhanahu wa Ta’...

Instagram