Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Bukhari: 5782 – Menjawab dengan ‘Alaikas salam

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُورٍ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
أَنَّ رَجُلًا دَخَلَ الْمَسْجِدَ وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَالِسٌ فِي نَاحِيَةِ الْمَسْجِدِ فَصَلَّى ثُمَّ جَاءَ فَسَلَّمَ عَلَيْهِ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْكَ السَّلَامُ ارْجِعْ فَصَلِّ فَإِنَّكَ لَمْ تُصَلِّ فَرَجَعَ فَصَلَّى ثُمَّ جَاءَ فَسَلَّمَ فَقَالَ وَعَلَيْكَ السَّلَامُ فَارْجِعْ فَصَلِّ فَإِنَّكَ لَمْ تُصَلِّ فَقَالَ فِي الثَّانِيَةِ أَوْ فِي الَّتِي بَعْدَهَا عَلِّمْنِي يَا رَسُولَ اللَّهِ فَقَالَ إِذَا قُمْتَ إِلَى الصَّلَاةِ فَأَسْبِغْ الْوُضُوءَ ثُمَّ اسْتَقْبِلْ الْقِبْلَةَ فَكَبِّرْ ثُمَّ اقْرَأْ بِمَا تَيَسَّرَ مَعَكَ مِنْ الْقُرْآنِ ثُمَّ ارْكَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ رَاكِعًا ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَسْتَوِيَ قَائِمًا ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ جَالِسًا ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ جَالِسًا ثُمَّ افْعَلْ ذَلِكَ فِي صَلَاتِكَ كُلِّهَا
وَقَالَ أَبُو أُسَامَةَ فِي الْأَخِيرِ حَتَّى تَسْتَوِيَ قَائِمًا حَدَّثَنَا ابْنُ بَشَّارٍ قَالَ حَدَّثَنِي يَحْيَى عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ حَدَّثَنِي سَعِيدٌ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ جَالِسًا

Shahih Bukhari hadis nomor 5782

Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Manshur(1) telah mengabarkan kepada kami Abdullah bin Numair(2) telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah(3) dari Sa’id bin Abu Sa’id Al Maqbury(4) dari Abu Hurairah(5) radliallahu ‘anhu bahwa seorang laki-laki memasuki masjid, sementara Rasulullah ﷺ tengah duduk di pojok masjid, kemudian laki-laki itu mengerjakan shalat.
Seusai shalat ia datang menemui beliau sambil mengucapkan salam, dan Rasulullah ﷺ bersabda kepadanya:
“Wa’alikas salam, Kembalilah dan ulangi shalatmu karena kamu belum mengerjakan shalat! ‘ lalu ia kembali lagi dan mengulangi shalatnya.

Seusai shalat ia datang lagi sambil mengucapkan salam dan beliau bersabda:

“Wa’alaikas-salam.
Kembali dan ulangi lagi shalatmu karena kamu belum mengerjakan shalat! ‘ Lalu orang tersebut berkata ketika disuruh mengulangi yang kedua kali atau setelahnya:
“Ajarilah aku wahai Rasulullah!” Selanjutnya beliau bersabda:

‘Jika kamu hendak mengerjakan shalat, maka sempurnakanlah wudlu’, lalu menghadap ke arah Kiblat, setelah itu bertakbirlah, kemudian bacalah Al Qur’an yang mudah bagimu.

Kemudian ruku’lah hingga kamu benar-benar ruku’ dan bangkitlah dari ruku’ hingga kamu berdiri tegak.
Lalu sujudlah kamu hingga kamu benar-benar sujud, dan bangkitlah hingga kamu benar-benar duduk, setelah itu sujudlah hingga kamu benar-benar sujud, lalu bangkitlah hingga kamu benar-benar duduk, dan Kerjakanlah semua hal tersebut pada setiap shalatmu.”
Abu Usamah(6) mengatakan di akhir hadisnya:
“Sehingga kamu benar-benar berdiri.”
Telah menceritakan kepada kami Ibnu Basyar(7) dia berkata:
telah menceritakan kepadaku Yahya(8) dari ‘Ubaidullah(3) telah menceritakan kepadaku Sa’id(10) dari Ayahnya(11) dari Abu Hurairah(5) dia berkata:
Nabi ﷺ bersabda:

“Kemudian bangkitlah (dari sujud) hingga kamu benar-benar duduk.”


(1) Ishaq bin Manshur bin Bahram , At Tamimiy , Abu Ya’qub, Al Kawsaj, Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan, wafat tahun 251 H, hidup di Himsh, wafat di Nihawand.

(2) Abdullah bin Numair, Al Hamdaniy Al Kharifiy, Abu Hisyam, Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 199 H, hidup di Kufah.

(3) Ubaidullah bin ‘Umar bin Hafsh bin ‘Ashim bin ‘Umar bin Al Khaththab, Al ‘Adawiy Al ‘Umariy, Abu ‘Utsman, Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 147 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(4) Sa’id bin Abi Sa’id Kaisan, Al Maqburiy, Abu Sa’ad, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 123 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(5) Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah, Shahabat, wafat tahun 57 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(6) Hammad bin Usamah bin Zaid, Abu Usamah, Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 201 H, hidup di Kufah, wafat di Kufah.

(7) Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar, Tabi’ul Atba’ kalangan tua, wafat tahun 252 H, hidup di Bashrah.

(8) Yahya bin Sa’id bin Farrukh, Al Qaththan At Tamimiy, Abu Sa’id, Al Ahwal, Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 198 H, hidup di Bashrah, wafat di Bashrah.

(9) Ubaidullah bin ‘Umar bin Hafsh bin ‘Ashim bin ‘Umar bin Al Khaththab, Al ‘Adawiy Al ‘Umariy, Abu ‘Utsman, Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 147 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(10) Sa’id bin Abi Sa’id Kaisan, Al Maqburiy, Abu Sa’ad, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 123 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(11) Kaisan, Al Maqburiy, Abu Sa’id, Shahibu Al ‘Uba’, Tabi’in kalangan tua, wafat tahun 100 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(12) Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah, Shahabat, wafat tahun 57 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:

Shahih Bukhari 6174
Shahih Muslim 602
Sunan Tirmidzi 278
Sunan Tirmidzi 279

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video Terkait

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia,
menyuruh kepada yang ma’ruf,
dan mencegah dari yang munkar.
QS. Ali ‘Imran [3]: 110

Dan ia (Yahya a.s.) adalah orang bertakwa,
orang yang berbakti kepada orang tuanya,
bukan orang yang sombong lagi durhaka.
Kesejahteraan atas dirinya pada hari ia dilahirkan & pada hari ia meninggal & pada hari ia dibangkitkan hidup kembali
QS. Maryam [19]: 13-15

Hai sekalian manusia,
makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi,
dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan,
karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
QS. Al-Baqarah [2]: 168

Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar.
Dan adalah mereka meyakini ayat-ayat Kami.
QS. As-Sajdah [32]: 24

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #23

Qada dan qadar termasuk rukun iman yang ke … Al Falaq artinya … Ayat ke 5 dari surah al-Falaq yaitu … … Percaya kepada Allah dan Rasulnya termasuk rukun … Meja, kursi, ma...

Pendidikan Agama Islam #2

Salah satu Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al ‘Adl, yang berarti bahwa Allah … Allah memiliki sifat Yang Maha Mengumpulkan, yang artinya … Sifat adil Allah berlaku untuk … S...

Pendidikan Agama Islam #25

Surah Al-Insyirah terdiri dari … ayat.Surah Al-Insyirah diawali dengan lafal … أَلَمْ dalam surah Al-Insyirah berarti …وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ Ayat...

Kamus

Abu Qasim

Apa itu Abu Qasim? Gelaran yang diberikan kepada junjungan kita Rasulullah ﷺ karena baginda mempunyai seorang anak lelaki yang bernama Qasim tetapi meninggal dunia ketika semasa kecil…. >> Qas...

Ikrimah bin Abu Jahal

Siapa itu Ikrimah bin Abu Jahal? Ikrimah bin `Amr al-Makhzoumi (Arab: عكرمة بن عمرو المخزومي) adalah Sahabat Nabi Muhammad yang juga anak dari Abu Jahal. Ia adalah salah satu dari p...

Yunus `alaihis salam

Siapa itu Yunus `alaihis salam? Yunus adalah sebuah nama dalam Tanakh atau Perjanjian Lama yang diberikan pada seorang nabi di utara Kerajaan Israel pada kisaran abad ke-8 Sebelum Masehi. Ia adalah to...

Maslahah murshalah

Apa itu Maslahah murshalah? Adalah tindakan memutuskan masalah yang tidak ada naskahnya dengan pertimbangan kepentingan hidup manusia berdasarkan prinsip menarik manfaat dan menghindari kemudharatan&#...

Ibnu Taimiyah

Siapa itu Ibnu Taimiyah? Abul Abbas Taqiyuddin Ahmad bin Abdus Salam bin Abdullah bin Taimiyah al Harrani (Bahasa Arab: أبو عباس تقي الدين أحمد بن عبد السلام بن عبد ...

Instagram