Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Bukhari: 4853 – Siapakah yang mentalak, dan apakah seorang laki-laki mentalak isterinya secara langsung

حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ غَسِيلٍ عَنْ حَمْزَةَ بْنِ أَبِي أُسَيْدٍ عَنْ أَبِي أُسَيْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ
خَرَجْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى انْطَلَقْنَا إِلَى حَائِطٍ يُقَالُ لَهُ الشَّوْطُ حَتَّى انْتَهَيْنَا إِلَى حَائِطَيْنِ فَجَلَسْنَا بَيْنَهُمَا فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اجْلِسُوا هَا هُنَا وَدَخَلَ وَقَدْ أُتِيَ بِالْجَوْنِيَّةِ فَأُنْزِلَتْ فِي بَيْتٍ فِي نَخْلٍ فِي بَيْتِ أُمَيْمَةَ بِنْتِ النُّعْمَانِ بْنِ شَرَاحِيلَ وَمَعَهَا دَايَتُهَا حَاضِنَةٌ لَهَا فَلَمَّا دَخَلَ عَلَيْهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ هَبِي نَفْسَكِ لِي قَالَتْ وَهَلْ تَهَبُ الْمَلِكَةُ نَفْسَهَا لِلسُّوقَةِ قَالَ فَأَهْوَى بِيَدِهِ يَضَعُ يَدَهُ عَلَيْهَا لِتَسْكُنَ فَقَالَتْ أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْكَ فَقَالَ قَدْ عُذْتِ بِمَعَاذٍ ثُمَّ خَرَجَ عَلَيْنَا فَقَالَ يَا أَبَا أُسَيْدٍ اكْسُهَا رَازِقِيَّتَيْنِ وَأَلْحِقْهَا بِأَهْلِهَا
وَقَالَ الْحُسَيْنُ بْنُ الْوَلِيدِ النَّيْسَابُورِيُّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ عَبَّاسِ بْنِ سَهْلٍ عَنْ أَبِيهِ وَأَبِي أُسَيْدٍ قَالَا تَزَوَّجَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُمَيْمَةَ بِنْتَ شَرَاحِيلَ فَلَمَّا أُدْخِلَتْ عَلَيْهِ بَسَطَ يَدَهُ إِلَيْهَا فَكَأَنَّهَا كَرِهَتْ ذَلِكَ فَأَمَرَ أَبَا أُسَيْدٍ أَنْ يُجَهِّزَهَا وَيَكْسُوَهَا ثَوْبَيْنِ رَازِقِيَّيْنِ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ أَبِي الْوَزِيرِ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ عَنْ حَمْزَةَ عَنْ أَبِيهِ وَعَنْ عَبَّاسِ بْنِ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ أَبِيهِ بِهَذَا

Shahih Bukhari hadis nomor 4853

Telah menceritakan kepada kami Abu Nu’aim(1) Telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Ghasil(2) dari Hamzah bin Abu Usaid(3) dari Abu Usaid(4) radliallahu ‘anhu, ia berkata:
Kami pernah keluar bersama Rasulullah ﷺ hingga sampai pada suatu dinding yang dinamakan Asy Syauth, kami terus berjalan hingga sampai pada dua dinding dan duduk di antara keduanya.
Lalu Nabi ﷺ bersabda:

“Duduklah kalian di sini.”
Beliau pun masuk dan ternyata telah didatangkan seorang perempuan bani Jaun dan ditempatkan di rumah yang ada di kebun kurma yaitu rumahnya Ummayyah binti An-Nu’man bin Syarahil yang saat itu sedang bersama pelayan dan perawatnya.
Dan ketika Nabi ﷺ menemuinya, beliau bersabda:

“Serahkanlah dirimu untukku.”
Wanita itu berkata, “Apakah seorang permaisuri akan menyerahkan dirinya kepada seorang rakyat jelata?”
maka beliau pun menjulurkan tangannya dan hendak menyentuh dan menenangkan, akan tetapi wanita itu berkata, “Aku berlindung kepada Allah darimu.”
Maka beliau bersabda:

“Sesungguhnya kamu telah berlindung dengan Dzat Yang Maha Melindungi.”
Setelah itu, beliau keluar dan berkata, “Wahai Usaid, berilah ia dua helai pakaian dari katun dan kembalikanlah ia kepada keluarganya.”
Dan Al Husain bin Al Walid An Naisaburi(5) berkata:
dari Abdurrahman(6) dari Abbas bin Sahl(7) dari bapaknya(8) dan Abu Usaid(4) keduanya berkata:
Nabi ﷺ menikahi Umayyah binti Syarahil.

Dan ketika wanita itu dipertemukan dengan beliau.
beliau pun merangkulkan tangan kepada wanita itu, sepertinya wanita itu tak menyukai hal itu.

Maka beliau menyuruh Abu Usaid untuk mempersiapkan bekal untuk wanita itu, kemudian memberinya dua helai pakaian dari katun.
Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad(10) Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Abu Zubair(11) Telah menceritakan kepada kami Abdurrahman(6) dari Hamzah(13) dari bapaknya(8) dan dari Abbas bin Sahl bin Sa’d(15) dari bapaknya(8) dengan hadis ini.


(1) Al Fadlol bin Dukain bin Hammad bin Zuhair , Abu Nu’aim, Tabi’ut Tabi’in kalangan tua, wafat tahun 218 H, hidup di Kufah, wafat di Kufah.

(2) Abdur Rahman bin Sulaiman bin ‘Abdullah bin Hanzhalah, Al Anshariy Al Ausiy, Abu Sulaiman, Ibnu Al Ghasil, Tabi’in (tdk jumpa Shahabat), wafat tahun 172 H, hidup di Madinah.

(3) Hamzah bin Abi Usaid Malik bin Rabi’ah, Abu Malik , Tabi’in kalangan pertengahan, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(4) Malik bin Rabi’ah bin Al Badan, As Saa’idiy Al Anshariy, Abu Usaid, Shahabat, wafat tahun 60 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah .

(5) Al Husain bin Al Walid, Abu ‘Ali, Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 202 H, hidup di Himsh, wafat di Nihawand.

(6) Abdur Rahman bin Sulaiman bin ‘Abdullah bin Hanzhalah, Al Anshariy Al Ausiy, Abu Sulaiman, Ibnu Al Ghasil, Tabi’in (tdk jumpa Shahabat), wafat tahun 172 H, hidup di Madinah.

(7) Abbas bin Sahal bin Sa’ad, As Sa’idiy, Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 75 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(8) Sahal bin Sa’ad bin Malik, As Sa’adiy Al Anshariy, Abu Al ‘Abbas, Shahabat, wafat tahun 88 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(9) Malik bin Rabi’ah bin Al Badan, As Saa’idiy Al Anshariy, Abu Usaid, Shahabat, wafat tahun 60 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah .

(10) Abdullah bin Muhammad bin ‘Abdullah bin Ja’far bin Al Yaman, Al Ju’fiy, Abu Ja’far, Al Musnadiy, Tabi’ul Atba’ kalangan tua, wafat tahun 229 H, hidup di Bukhara, wafat di Bukhara.

(11) Ibrahim bin ‘Umar bin Mutharrif, Al Hasyimiy Al Makkiy, Abu Ishaq, Ibnu Abi Al Wazir, Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 212 H, hidup di Bashrah, wafat di Bashrah.

(12) Abdur Rahman bin Sulaiman bin ‘Abdullah bin Hanzhalah, Al Anshariy Al Ausiy, Abu Sulaiman, Ibnu Al Ghasil, Tabi’in (tdk jumpa Shahabat), wafat tahun 172 H, hidup di Madinah.

(13) Hamzah bin Abi Usaid Malik bin Rabi’ah, Abu Malik , Tabi’in kalangan pertengahan, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(14) Malik bin Rabi’ah bin Al Badan, As Saa’idiy Al Anshariy, Abu Usaid, Shahabat, wafat tahun 60 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah .

(15) Abbas bin Sahal bin Sa’ad, As Sa’idiy, Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 75 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(16) Sahal bin Sa’ad bin Malik, As Sa’adiy Al Anshariy, Abu Al ‘Abbas, Shahabat, wafat tahun 88 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:

Musnad Ahmad 21799

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video Terkait

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu,

maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku,

niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka,

dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

QS. Al-Baqarah [2]: 38

Kami telah kemukakan amanat kepada langit, bumi & gunung,
maka semua enggan memikul amanat itu & mereka khawatir akan mengkhianatinya,
dan dipikullah amanat itu oleh manusia.
Sesungguhnya manusia itu amat zalim & amat bodoh
QS. Al-Ahzab [33]: 72

Bekerjalah kamu, Allah & Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib & yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan
QS. At-Taubah [9]: 105

Allah tundukkan angin untuk menggiring awan sebagai tanda berita gembira datangnya hujan yang merupakan rahmat untuk manusia. Sungguh Kami turunkan dari langit air yang suci & menyucikan, serta hilangkan najis & kotoran
QS. Al-Furqan [25]: 48

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #30

Yang diajarkan oleh Rasulullah adalah jika kita melihat kemungkaran untuk mencegahnya pertama kali dengan … بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً Arti dari hadist diatas adalah...

Pendidikan Agama Islam #29

Sebagai perumpamaan orang yang mengajak berbuat baik, tetapi dirinya sendiri tidak melakukan adalah … Berikut kedudukan orang yang menuntut ilmu, kecuali … وَالَّذِينَ أُوت...

Pendidikan Agama Islam #24

Allah Subhanahu Wa Ta`ala Melihat semua apa yang di lakukan oleh hambanya, karena Allah bersifat … Dalam memutuskan suatu perkara, Dinda sangat adil karena Dinda meneladani sifat Allah … S...

Kamus

Haji Mardud

Apa itu Haji Mardud? Haji Mardud atau Haji Maz’ur merupakan lawan dari Haji Makbul atau haji yang dikabulkan. Jadi, pengertian dari Haji Mardud adalah haji yang ditolak oleh Allah, karena dalam ...

Muthmainnah

Apa itu Muthmainnah? Nafsul Mutmainnah adalah jiwa yang telah mendapat ketenangan; telah sanggup untuk menerima cahaya kebenaran sang Ilahi. Juga jiwa yang telah mampu menolak menikmati kemewahan duni...

Muhammad Nashiruddin Al-Albani

Siapa itu Muhammad Nashiruddin Al-Albani? Muhammad Nashiruddin al-Albani (bahasa Arab: محمد ناصر الدين الألباني‎; lahir di Shkodër, Albania; 1914 / 1333 H – meninggal di Amma...

Kalalah

Apa itu Kalalah? Kalalah adalah istilah dalam kajian hukum waris Islam yang berarti orang yang tidak mempunyai anak dan ayah. Penggunaan istilah ini dapat diperuntukkan untuk pewaris dan ahli waris. S...

Azab

Apa itu Azab? Azab adalah siksaan yang di hadapi manusia atau makhluk Tuhan lainnya, sebagai akibat dari kesalahan yang pernah atau sedang dilakukan, dalam filsafat Islam. Dalam perspektif sunnatullah...

Syubhat

Apa itu Syubhat? syub.hat keragu-raguan atau kekurangjelasan tentang sesuatu (apakah halal atau haram dan sebagainya) karena kurang jelas status hukumnya; tidak terang (jelas) antara halal dan haram ...

Instagram