Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Bukhari: 4716 – Firman Allah “Dan menghimpun (dalam perkawinan) dua perawan yang bersaudara kecuali yang sudah berlalu pada masa lampau..”

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ أَنَّ عُرْوَةَ بْنَ الزُّبَيْرِ أَخْبَرَهُ أَنَّ زَيْنَبَ بِنْتَ أَبِي سَلَمَةَ أَخْبَرَتْهُ أَنَّ أُمَّ حَبِيبَةَ قَالَتْ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ انْكِحْ أُخْتِي بِنْتَ أَبِي سُفْيَانَ قَالَ وَتُحِبِّينَ قُلْتُ نَعَمْ لَسْتُ لَكَ بِمُخْلِيَةٍ وَأَحَبُّ مَنْ شَارَكَنِي فِي خَيْرٍ أُخْتِي فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ ذَلِكِ لَا يَحِلُّ لِي قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَوَاللَّهِ إِنَّا لَنَتَحَدَّثُ أَنَّكَ تُرِيدُ أَنْ تَنْكِحَ دُرَّةَ بِنْتَ أَبِي سَلَمَةَ قَالَ بِنْتَ أُمِّ سَلَمَةَ فَقُلْتُ نَعَمْ قَالَ فَوَاللَّهِ لَوْ لَمْ تَكُنْ فِي حَجْرِي مَا حَلَّتْ لِي إِنَّهَا لَابْنَةُ أَخِي مِنْ الرَّضَاعَةِ أَرْضَعَتْنِي وَأَبَا سَلَمَةَ ثُوَيْبَةُ فَلَا تَعْرِضْنَ عَلَيَّ بَنَاتِكُنَّ وَلَا أَخَوَاتِكُنَّ
Shahih Bukhari hadis nomor 4716
Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Yusuf(1) Telah menceritakan kepada kami Al Laits(2) dari Uqail(3) dari Ibnu Syihab(4) bahwa Urwah bin Az Zubair(5) Telah mengabarkan kepadanya, bahwa Zainab binti Abu Salamah(6) Telah mengabarkan keapdanya bahwa Ummu Habibah(7) berkata:
Aku berkata,
“Wahai Rasulullah, nikahilah saudaraku binti Abu Sufyan.”

Beliau bersabda:

“Apakah kamu suka?”

Aku menjawab, “Ya, dan bukan berarti aku mau berpisah dengan Anda.

Tetapi, orang yang paling aku sukai dapat ikut serta dalam kebaikan denganku adalah saudara perempuanku.”

Maka Nabi ﷺ bersabda:

“Sesungguhnya hal itu tidaklah halal bagiku.”

Aku berkata lagi, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami tengah berbincang-bincang bahwa Anda ingin menikahi Durrah binti Abu Salamah.”

Beliau balik bertanya:
“Binta Ummi Salamah?”

Aku menjawab, “Ya.”

Beliau bersabda:

“Demi Allah, sekiranya ia tidak dalam asuhanku, ia pun tidaklah halal bagiku.
Sesungguhnya ia adalah anak dari saudara sesusuanku.

Yang demikian karena Tsuwaibah telah menyusui aku dan juga Abu Salamah.
Karena itu, janganlah kalian menawarkan anak-anak perempuan kalian kepadaku dan jangan pula saudara-saudara perempuan kalian.”


(1) 👤 Abdullah bin Yusuf, At Tunisiy Al Kila’iy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 218 Hijriah (± 833 Masehi) ☖ Hidup di Maru ⚑ Wafat di Maru.

(2) 👤 Laits bin Sa’ad bin ‘Abdur Rahman, Al Fahmiy, Abu Al Harits ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 175 Hijriah (± 791 Masehi) ☖ Hidup di Maru.


(3) 👤 Uqail bin Khalid bin ‘Uqail, Al Umawiy Al Ayliy, Abu Khalid ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 144 Hijriah (± 761 Masehi) ☖ Hidup di Syam ⚑ Wafat di Maru.

(4) 👤 Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 124 Hijriah (± 742 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.


(5) 👤 Urwah bin Az Zubair bin Al ‘Awwam bin Khuwailid bin Asad bin ‘Abdul ‘Izzi bin Qu, Al Asadiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 93 Hijriah (± 712 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(6) 👤 Zainab binti Abi Salamah bin ‘Abdul Aswad, Al Makhzumiyyah, Shahabiyah ↺ Wafat tahun 73 Hijriah (± 692 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.


(7) 👤 Ramlah binti Abi Sufyan Shakhr bin Harb bin Umayah, Ummu Habibah, Ummu Al Mu’minion, Shahabiyah ↺ Wafat tahun 49 Hijriah (± 669 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.



Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 4953
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Bila Tuhan mengujinya lalu dimuliakan & diberi-Nya kesenangan, ia berkata:
“Tuhanku telah memuliakanku”
Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rizkinya ia berkata:
“Tuhanku menghinakanku”.
Sekali-kali tidak (demikian)
QS. Al-Fajr [89]: 15-17

Dirikanlah sembahyang, tunaikan zakat & berikan pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling besar pahalanya.
QS. Al-Muzzammil [73]: 20

(Perhatikanlah bagaimana kami lebihkan sebagian dari mereka atas sebagian yang lain) dalam hal rezeki & derajat (Dan pasti kehidupan akhirat lebih tinggi) lebih agung (kedudukannya & lebih besar keutamaannya) daripada kehidupan dunia.
QS. Al-Isra’ [17]: 21

(Ingatlah) ketika kamu menerima (berita bohong) itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit pun, dan kamu menganggapnya remeh, padahal dalam pandangan Allah itu soal besar.
QS. An-Nur [24]: 15

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #30

Yang diajarkan oleh Rasulullah adalah jika kita melihat kemungkaran untuk mencegahnya pertama kali dengan … بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً Arti dari hadist diatas adalah …Di bawah ini adalah cara untuk menjadikan semangat mengamalkan ilmu dalam kehidupan kecuali …كادَ الفَقْرُ أنْ يَكُوْنَ كُفْرًا Arti dari kalimat di atas adalah …Siapakah ilmuan muslim yang pertama menjadi penemu Al-Jabar?

Pendidikan Agama Islam #8

Sumber kedua hukum dalam menetapkan Hukum tentang Alquran adalah … Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah … Orang yang menceritakan hadits disebut … Undang-undang tentang penggunaan Hadits-Maudu adalah … Berikut adalah hadits yang rusak, kecuali …

Pendidikan Agama Islam #29

Sebagai perumpamaan orang yang mengajak berbuat baik, tetapi dirinya sendiri tidak melakukan adalah … Berikut kedudukan orang yang menuntut ilmu, kecuali … potongan ayat di atas terdapat pada Alquran surah … Ilmuan muslim yang dalam bidang kedokteran yang berasal dari Persia yaitu … Siapakah nabi yang lebih memilih ilmu daripada harta?

Kamus

Amru bin al-Jamuh

Siapa itu Amru bin al-Jamuh? Amru bin al-Jamuh lahir 540 M adalah sahabat Nabi Muhammad, ia meninggal 3 H pada saat Perang Uhud. Biografi Amru bin al-Jamuh berasal dari Bani Salamah dan dikenal sebagai salah seorang pemimpin dalam kaumnya. Pada awalnya ia tidak memeluk agama Islam, ia sangat mempercayai berhala-berhala yang disembahnya. Sejak kedatanga … • Amr bin al-Jamuh bin Zayd, Amr bin al-Jamuh

kunut nazilah

Apa itu kunut nazilah? kunut yang dibaca karena ada bahaya, malapetaka, atau musibah yang menimpa masyarakat … •

taosi

Apa itu taosi? ta.o.si asinan kedelai; taoco; tumislah bawang bombai, jahe, bawang putih, dan taosi … •

At-Tagabun

Apa itu At-Tagabun? Surah At-Tagabun adalah surah ke-64 dalam al Qur’an. Surah ini tergolong surah Madaniyah, terdiri atas 18 ayat. Nama At-Tagabun diambil dari kata At-Tagabun yang terdapat pada ayat ke 9 yang artinya hari ditampakkan kesalahan-kesalahan. Nomor Surah 64< ... • At-Taghaabun, At-Taghabun, At-Tagabun, At Tagabun, Ath Thaghaabun

Musyawarah

Apa itu Musyawarah? Musyawarah berasal dari kata Syawara yaitu berasal dari Bahasa Arab yang berarti berunding, urun rembuk atau mengatakan dan mengajukan sesuatu.Istilah-istilah lain dalam tata Negara Indonesia dan kehidupan modern tentang musyawarah dikenal dengan sebutan “syuro”, “rembug desa”, “kerapatan nagari” bahkan “demokrasi”. Kewajiban musyawarah hanya untu … • bermusyawarah

Al Muqsith

Apa itu Al Muqsith? Allah itu Al-Muqsith ◀ Artinya adalah Allah itu Yang Maha Memberi Keadilan. Allah itu Maha Adil, sehingga Dia akan memberikan keadilan bagi siapa saja yang memang pantas untuk mendapatkan keadilan itu. Keadilan Allah disini tidak pernah membeda-bedakan di dalam memutuskan hukum-Nya. Walaupun kekasih-Nya, apabila melakukan dosa pasti akan dih … • Al-Muqsith

Instagram