Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Bukhari: 45 – Mengiringi jenazah bagian dari iman

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَلِيٍّ الْمَنْجُوفِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا رَوْحٌ قَالَ حَدَّثَنَا عَوْفٌ عَنْ الْحَسَنِ وَمُحَمَّدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ اتَّبَعَ جَنَازَةَ مُسْلِمٍ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا وَكَانَ مَعَهُ حَتَّى يُصَلَّى عَلَيْهَا وَيَفْرُغَ مِنْ دَفْنِهَا فَإِنَّه يَرْجِعُ مِنْ الْأَجْرِ بِقِيرَاطَيْنِ كُلُّ قِيرَاطٍ مِثْلُ أُحُدٍ وَمَنْ صَلَّى عَلَيْهَا ثُمَّ رَجَعَ قَبْلَ أَنْ تُدْفَنَ فَإِنَّهُ يَرْجِعُ بِقِيرَاطٍ تَابَعَهُ عُثْمَانُ الْمُؤَذِّنُ قَالَ حَدَّثَنَا عَوْفٌ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ
Shahih Bukhari hadis nomor 45
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Abdullah bin Ali Al Manjufi(1) berkata,
telah menceritakan kepada kami Rauh(2) berkata,
telah menceritakan kepada kami ‘Auf(3) dari Al Hasan(4) dan Muhammad(5) dari Abu Hurairah(6), bahwa Rasulullah ﷺ telah bersabda:

“Barang siapa mengiringi jenazah muslim, karena iman dan mengharapkan balasan dan dia selalu bersama jenazah tersebut sampai dishalatkan dan selesai dari penguburannya, maka dia pulang dengan membawa dua qiroth, setiap qiroth setara dengan gunung Uhud.
Dan barang siapa menyolatkannya dan pulang sebelum dikuburkan maka dia pulang membawa satu qiroth”.

Hadis seperti ini juga diriwayatkan dari Utsman Al Mu`adzin(7), dia berkata:
telah menceritakan kepada kami ‘Auf(3) dari Muhammad(5) dari Abu Hurairah(6) dari Nabi ﷺ.


(1) 👤 Ahmad bin ‘Abdullah bin ‘Ali bin Suwaid bin Manjuf, As Saduudiy Al Manjufiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(2) 👤 Rauh bin ‘Ubadah bin Al ‘Alaa’, Al Qaisi, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 205 Hijriah (± 820 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(3) 👤 Auf bin Abi Jamilah, Al ‘Abdiy Al Hajriy, Abu Sahal, Al A’rabiy ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 146 Hijriah (± 763 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(4) 👤 Al Hasan bin Abi Al Hasan Yasar, Al Bashriy, Abu Sa’id ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 110 Hijriah (± 728 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(5) 👤 “Muhammad bin Sirin, maula Anas bin Malik”, Al Anshariy, Abu Bakar ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 110 Hijriah (± 728 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(6) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(7) 👤 Utsman bin Al Haitsam bin Jahm, Al ‘Abdiy Al ‘Ashriy, Abu ‘Amru, Al Asyajj ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 220 Hijriah (± 835 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(8) 👤 Auf bin Abi Jamilah, Al ‘Abdiy Al Hajriy, Abu Sahal, Al A’rabiy ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 146 Hijriah (± 763 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(9) 👤 “Muhammad bin Sirin, maula Anas bin Malik”, Al Anshariy, Abu Bakar ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 110 Hijriah (± 728 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(10) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.



Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Sunan Nasai 4946
• Musnad Ahmad 9183
• Musnad Ahmad 9991
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Hendaknya manusia merenungkan,
bagaimana Kami mengatur & menyediakan makanan yang mereka butuhkan.
QS. ‘Abasa [80]: 24

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam surga & kenikmatan.
QS. At-Tur [52]: 17

Jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan) tentu mereka menjawab,
“Sesungguhnya kami hanya bersenda gurau & bermain-main saja”.
Katakanlah:
“Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya & Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?”
QS. At-Taubah [9]: 65

Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri & suara yang lembut.
Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.
QS. Al-A’raf [7]: 55

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #1

Arti fana adalah … Tuhan memiliki sifat Al Karim, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala merupakan zat Yang ..Allah memiliki sifat Al Kariim yang tercantum dalam Alquran surah … Tuhan memiliki sifat Al Matiin, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala adalah zat Yang … Dalam Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al Matiin yang tercantum dalam Alquran surah …

Pendidikan Agama Islam #16

Selain berisi kisah-kisah umat terdahulu, dalam Alquran juga terdapat tamsil sebagai peringatan bagi manusia. Tamsil artinya … Alquran adalah mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di bawah ini merupakan bukti bahwa Alquran adalah mukjizat yang terbesar adalah … Fungsi utama kandungan Alquran yang menjelaskan kisah umat terdahulu adalah sebagai … Yang berarti ”menggabungkan sesuatu dengan yang lain” adalah lafaz … Al-Lihyaniy berpendapat bahwa Alquran secara etimologi memiliki arti …

Pendidikan Agama Islam #30

Yang diajarkan oleh Rasulullah adalah jika kita melihat kemungkaran untuk mencegahnya pertama kali dengan … بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً Arti dari hadist diatas adalah …Di bawah ini adalah cara untuk menjadikan semangat mengamalkan ilmu dalam kehidupan kecuali …كادَ الفَقْرُ أنْ يَكُوْنَ كُفْرًا Arti dari kalimat di atas adalah …Siapakah ilmuan muslim yang pertama menjadi penemu Al-Jabar?

Kamus

Al Waali

Apa itu Al Waali? Allah itu Al-Waliy ◀ Artinya adalah Allah itu Maha Memerintah segala ciptaan-Nya. Allah memerintahkan alam dan segala isinya dan mengelola itu semua tanpa ada yang mengganggu-Nya. Segala sesuatu yang diciptakan Allah Ta’ala yang ada dialam semesta ini, ditundukkan dan diperintahkan oleh Allah Ta’ala untuk membantu dan melayani manusia di dal … • Al-Waali, Al-Wali

Shahih

Apa itu Shahih? sa.hih sah; benar; sempurna; tiada cela ; sesuai dengan hukum ; kesaksiannya kurang sahih karena tidak dikuatkan oleh sumpah Pengertian Hadis Shahih Berita atau hadis yang dapat diterima, bila ditinjau dari sisi perbedaan tingkatannya terbagi menjadi dua kelompok: Shahih dan Hasan. Masing-masing kelompok di … • sahih, dishahihkan

Qari

Apa itu Qari? Qari’ adalah orang yang melantunkan bacaan Al-Quran dengan mentaati aturan-aturan yang benar. Ada beberapa kesalahan umum yang menganggap qari haruslah menjadi ḥāfiż atau penghafal Al-Quran terlebih dahulu. Seorang qari tidak harus menjadi penghafal Al-Quran, tetapi hanya menjadi pelan … • Qori, Qori‘

Kekaisaran Romawi Timur

Siapa itu Kekaisaran Romawi Timur? Kekaisaran Romawi Timur atau Kekaisaran Bizantium adalah wilayah timur Kekaisaran Romawi yang terutama berbahasa Yunani pada Abad Kuno dan Pertengahan. Penduduk dan tetangga-tetangga Kekaisaran Romawi Timur menjuluki negeri ini Kekaisaran Romawi atau Romania . Kekaisa … • Kekaisaran Romawi, Bizantin, Byzantin, Byzantine, Byzantium, Romawi Timur, Romawi

Tabuk

Di mana itu Tabuk? Tabuk juga disebut sebagai Tabouk adalah ibu kota provinsi Tabuk, Arab Saudi bagian barat laut. Pada sensus tahun 2010, kota ini memiliki jumlah penduduk sebesar 534.893 jiwa. Tabuk dekat dengan perbatasan Yordania-Arab Saudi, kota ini merupakan pangkalan angkatan udara terbesar di Arab Saudi. … • Tabouk

ilmu fikih

Apa itu ilmu fikih? pengetahuan tentang kewajiban yang diperintahkan oleh agama Islam; ilmu tentang hukum syarak … •

Instagram