Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Abu Daud: 58 – Sesuatu yang menjadikan air kena najis

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ وَعُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَالْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ وَغَيْرُهُمْ قَالُوا حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ عَنْ الْوَلِيدِ بْنِ كَثِيرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرِ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ
سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْمَاءِ وَمَا يَنُوبُهُ مِنْ الدَّوَابِّ وَالسِّبَاعِ فَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يَحْمِلْ الْخَبَثَ
قَالَ أَبُو دَاوُد وَهَذَا لَفْظُ ابْنُ الْعَلَاءِ و قَالَ عُثْمَانُ وَالْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبَّادِ بْنِ جَعْفَرٍ قَالَ أَبُو دَاوُد وَهُوَ الصَّوَابُ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ ح و حَدَّثَنَا أَبُو كَامِلٍ حَدَّثَنَا يَزِيدُ يَعْنِي ابْنَ زُرَيْعٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرٍ قَالَ أَبُو كَامِلٍ ابْنُ الزُّبَيْرِ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ الْمَاءِ يَكُونُ فِي الْفَلَاةِ فَذَكَرَ مَعْنَاهُ
Sunan Abu Daud hadis nomor 58
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al ‘Ala(1) dan Utsman bin Abi Syaibah(2) dan Al Hasan bin Ali(3) dan yang lainnya, mereka berkata:
Telah menceritakan kepada kami Abu Usamah(4) dari Al Walid bin Katsir(5) dari Muhammad bin Ja’far bin Az Zubair(6) dari Abdullah bin Abdullah bin Umar(7) dari Ayahnya(8), dia berkata:
Rasulullah ﷺ ditanya tentang air dan (lokasi) air yang selalu didatangi binatang melata dan binatang buas, maka Rasulullah ﷺ bersabda:

“Apabila air itu dua qullah, maka ia tidak najis.”

Abu Dawud berkata:
Ini adalah lafazh Ibnu Al ‘Ala (yakni, di dalam sanadnya terdapat rawi bernama Muhammad bin Ja’far bin Az Zubair).

Sedangkan Utsman(9) dan Al Hasan bin Ali(3) menyebutkan dari Muhammad bin ‘Abbad bin Ja’far(11) (sebagai ganti Muhammad bin Ja’far bin Az Zubair).
Abu Dawud berkata:
Itulah yang benar.

Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma’il(12) telah menceritakan kepada kami Hammad(13), dan menurut jalur yang lain:
telah menceritakan kepada kami Abu Kamil(14) telah menceritakan kepada kami Yazid, yakni Ibnu Zurai’(15) dari Muhammad bin Ishaq(16) dari Muhammad bin Ja’far(17).
Abu Kamil Ibnu Az Zubair berkata:
dari Ubaidillah bin Abdullah bin Umar(18) dari Ayahnya(8) bahwasanya Rasulullah ﷺ ditanya tentang air di tanah lapang, lalu dia menyebutkan hadis yang semakna dengan yang pertama.



(1) 👤 Muhammad bin Al ‘Alaa’ bin Kuraib, Al Hamdaniy, Abu Kuraib ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 248 Hijriah (± 862 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(2) 👤 Utsman bin Muhammad bin Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, AbuAl Hasan, Ibnu Abi Syaibah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 239 Hijriah (± 853 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(3) 👤 Al Hasan bin ‘Ali bin Muhammad, Al Khallal Al Hulwaniy, Abu ‘Ali ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 242 Hijriah (± 856 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz.

(4) 👤 Hammad bin Usamah bin Zaid, Abu Usamah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 201 Hijriah (± 817 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(5) 👤 Al Walid bin Katsir, Abu Muhammad ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 151 Hijriah (± 768 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(6) 👤 Muhammad bin Ja’far bin Az Zubair boin Al ‘Awwam, Al Asadiy ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ☖ Hidup di Madinah.


(7) 👤 Abdullah bin ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al Khaththab, Al ‘Adawiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 105 Hijriah (± 723 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(8) 👤 Abdullah bin ‘Umar bin Al Khaththab bin Nufail, Al ‘Adawiy Al Qurasyiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 73 Hijriah (± 692 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.


(9) 👤 Utsman bin Muhammad bin Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, AbuAl Hasan, Ibnu Abi Syaibah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 239 Hijriah (± 853 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(10) 👤 Al Hasan bin ‘Ali bin Muhammad, Al Khallal Al Hulwaniy, Abu ‘Ali ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 242 Hijriah (± 856 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz.


(11) 👤 Muhammad bin ‘Abbad bin Ja’far bin Rifa’ah, Al Makhzumiy ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ☖ Hidup di Marur Rawdz.

(12) 👤 Musa bin Isma’il, At Tabudzakiy Al Manqiriy, Abu Salamah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 223 Hijriah (± 838 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(13) 👤 Hammad bin Salamah bin Dinar, Abu Salamah, Al Khazzaz ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 167 Hijriah (± 784 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(14) 👤 Fudloil bin Husain bin Thalhah, Al Jahdariy, Abu Kamil ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 237 Hijriah (± 851 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(15) 👤 Yazid bin Zurai’, Al ‘Iysiy, Abu Mu’awiyah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 182 Hijriah (± 798 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(16) 👤 Muhammad bin Ishaq bin Yasar, Al Muthallibiy, Abu Bakar ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 150 Hijriah (± 767 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Baghdad.


(17) 👤 Muhammad bin Ja’far bin Az Zubair boin Al ‘Awwam, Al Asadiy ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ☖ Hidup di Madinah.

(18) 👤 Ubaidullah bin ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al Khaththab, Al ‘Adawiy, AbuBakar ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Madinah .


(19) 👤 Abdullah bin ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al Khaththab, Al ‘Adawiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 105 Hijriah (± 723 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.



Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Sunan Tirmidzi 62
Sunan Nasai 52
Sunan Nasai 326
• Musnad Ahmad 4376
• Musnad Ahmad 4572
• Musnad Ahmad 4721
• Musnad Darimi 725
• Musnad Darimi 726
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Hidup ini singkat,
jadi biarkan mereka tertawa sebanyak yang mereka suka di dalamnya.
Tapi ketika kehidupan berakhir & mereka kembali ke Allah Ta’ala,
mereka akan mulai menangis selamanya tanpa akhir.
[Tafsir Ibnu Katsir]
QS. At-Taubah [9]: 82

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya.
Sesungguhnya pendengaran,
penglihatan & hati,
semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.
QS. Al-Isra’ [17]: 36

Di mana saja kamu berada,
kematian akan mendapatkan kamu,
kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh,
QS. An-Nisa’ [4]: 78

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #11

Masyarakat Arab sebelum Islam memiliki kebiasaan buruk, juga memiliki kebiasaan baik. Di bawah ini yang tidak termasuk kebiasaan baik masyarakat Arab sebelum Islam adalah … Berikut ini yang buka...

Pendidikan Agama Islam #28

Siapa nama ayah Nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam? … Siapa nama Nabi setelah Nabi Isa ‘Alaihissalam? … Setiap umat Islam wajib menuntut ilmu. Bagaimana hukum mempelajari Ilmu...

Pendidikan Agama Islam #12

Masyarakat Mekkah pada awal nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah waktu itu sedang dilanda berbagai krisis, dan yang paling menonjol adalah krisis … Nabi Muhammad Shallalla...

Kamus

huda

Apa itu huda? hu.da petunjuk; Alquran adalah wahyu Allah yang merupakan huda dan rahmat bagi manusia … •

Piagam Madinah

Apa itu Piagam Madinah? Piagam Madinah juga dikenal dengan sebutan Konstitusi Madinah, ialah sebuah dokumen yang disusun oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang merupakan suatu perja...

Al ‘Azhiim

Apa itu Al ‘Azhiim? Allah itu Al-Azhim ◀ Artinya adalah Allah itu adalah Yang Maha Agung. Bahkan keagungan Allah ini sungguh tidak terkira. &128161; Jika kita melihat alam semesta ini pa...

Al Hakam

Apa itu Al Hakam? Allah itu Al-Hakam ◀ Allah itu Al-Hakam, maksudnya adalah Allah yang menetapkan hukum. Hukum di dunia dan di akhirat sudah Allah tetapkan. &128161; Sebagaimana Allah telah me...

jamak takhir

Apa itu jamak takhir? penggabungan pelaksanaan dua salat dalam satu waktu dengan cara mengundurkan salat yang sudah masuk waktu ke dalam waktu salat yang berikutnya … •

basir

Apa itu basir? ba.sir terang dan tajam pengamatannya ; Albasir, Yang Mahatahu; ark jelas terlihat; terang; cahaya pelita itu kurang basir … •

Instagram