Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Abu Daud: 58 – Sesuatu yang menjadikan air kena najis

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ وَعُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَالْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ وَغَيْرُهُمْ قَالُوا حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ عَنْ الْوَلِيدِ بْنِ كَثِيرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرِ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ
سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْمَاءِ وَمَا يَنُوبُهُ مِنْ الدَّوَابِّ وَالسِّبَاعِ فَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يَحْمِلْ الْخَبَثَ
قَالَ أَبُو دَاوُد وَهَذَا لَفْظُ ابْنُ الْعَلَاءِ و قَالَ عُثْمَانُ وَالْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبَّادِ بْنِ جَعْفَرٍ قَالَ أَبُو دَاوُد وَهُوَ الصَّوَابُ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ ح و حَدَّثَنَا أَبُو كَامِلٍ حَدَّثَنَا يَزِيدُ يَعْنِي ابْنَ زُرَيْعٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرٍ قَالَ أَبُو كَامِلٍ ابْنُ الزُّبَيْرِ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ الْمَاءِ يَكُونُ فِي الْفَلَاةِ فَذَكَرَ مَعْنَاهُ

Sunan Abu Daud hadis nomor 58

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al ‘Ala(1) dan Utsman bin Abi Syaibah(2) dan Al Hasan bin Ali(3) dan yang lainnya, mereka berkata:
Telah menceritakan kepada kami Abu Usamah(4) dari Al Walid bin Katsir(5) dari Muhammad bin Ja’far bin Az Zubair(6) dari Abdullah bin Abdullah bin Umar(7) dari Ayahnya(8), dia berkata:
Rasulullah ﷺ ditanya tentang air dan (lokasi) air yang selalu didatangi binatang melata dan binatang buas, maka Rasulullah ﷺ bersabda:

“Apabila air itu dua qullah, maka ia tidak najis.”
Abu Dawud berkata:
Ini adalah lafazh Ibnu Al ‘Ala (yakni, di dalam sanadnya terdapat rawi bernama Muhammad bin Ja’far bin Az Zubair).

Sedangkan Utsman(9) dan Al Hasan bin Ali(3) menyebutkan dari Muhammad bin ‘Abbad bin Ja’far(11) (sebagai ganti Muhammad bin Ja’far bin Az Zubair).
Abu Dawud berkata:
Itulah yang benar.

Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma’il(12) telah menceritakan kepada kami Hammad(13), dan menurut jalur yang lain:
telah menceritakan kepada kami Abu Kamil(14) telah menceritakan kepada kami Yazid, yakni Ibnu Zurai’(15) dari Muhammad bin Ishaq(16) dari Muhammad bin Ja’far(17).
Abu Kamil Ibnu Az Zubair berkata:
dari Ubaidillah bin Abdullah bin Umar(18) dari Ayahnya(8) bahwasanya Rasulullah ﷺ ditanya tentang air di tanah lapang, lalu dia menyebutkan hadis yang semakna dengan yang pertama.


(1) Muhammad bin Al ‘Alaa’ bin Kuraib, Al Hamdaniy, Abu Kuraib, Tabi’ul Atba’ kalangan tua, wafat tahun 248 H, hidup di Kufah.

(2) Utsman bin Muhammad bin Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, AbuAl Hasan, Ibnu Abi Syaibah, Tabi’ul Atba’ kalangan tua, wafat tahun 239 H, hidup di Kufah.

(3) Al Hasan bin ‘Ali bin Muhammad, Al Khallal Al Hulwaniy, Abu ‘Ali, Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan, wafat tahun 242 H, hidup di Marur Rawdz.

(4) Hammad bin Usamah bin Zaid, Abu Usamah, Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 201 H, hidup di Kufah, wafat di Kufah.

(5) Al Walid bin Katsir, Abu Muhammad, Tabi’in (tdk jumpa Shahabat), wafat tahun 151 H, hidup di Kufah, wafat di Kufah.

(6) Muhammad bin Ja’far bin Az Zubair boin Al ‘Awwam, Al Asadiy, Tabi’in (tdk jumpa Shahabat), hidup di Madinah.

(7) Abdullah bin ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al Khaththab, Al ‘Adawiy, Abu ‘Abdur Rahman, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 105 H, hidup di Madinah.

(8) Abdullah bin ‘Umar bin Al Khaththab bin Nufail, Al ‘Adawiy Al Qurasyiy, Abu ‘Abdur Rahman, Shahabat, wafat tahun 73 H, hidup di Madinah, wafat di Marur Rawdz.

(9) Utsman bin Muhammad bin Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, AbuAl Hasan, Ibnu Abi Syaibah, Tabi’ul Atba’ kalangan tua, wafat tahun 239 H, hidup di Kufah.

(10) Al Hasan bin ‘Ali bin Muhammad, Al Khallal Al Hulwaniy, Abu ‘Ali, Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan, wafat tahun 242 H, hidup di Marur Rawdz.

(11) Muhammad bin ‘Abbad bin Ja’far bin Rifa’ah, Al Makhzumiy, Tabi’ul Atba’ kalangan tua, hidup di Marur Rawdz.

(12) Musa bin Isma’il, At Tabudzakiy Al Manqiriy, Abu Salamah, Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 223 H, hidup di Bashrah, wafat di Bashrah.

(13) Hammad bin Salamah bin Dinar, Abu Salamah, Al Khazzaz, Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 167 H, hidup di Bashrah.

(14) Fudloil bin Husain bin Thalhah, Al Jahdariy, Abu Kamil, Tabi’ul Atba’ kalangan tua, wafat tahun 237 H, hidup di Bashrah.

(15) Yazid bin Zurai’, Al ‘Iysiy, Abu Mu’awiyah, Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 182 H, hidup di Bashrah, wafat di Bashrah.

(16) Muhammad bin Ishaq bin Yasar, Al Muthallibiy, Abu Bakar, Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 150 H, hidup di Madinah, wafat di Baghdad.

(17) Muhammad bin Ja’far bin Az Zubair boin Al ‘Awwam, Al Asadiy, Tabi’in (tdk jumpa Shahabat), hidup di Madinah.

(18) Ubaidullah bin ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al Khaththab, Al ‘Adawiy, AbuBakar, Tabi’in kalangan pertengahan, hidup di Madinah .

(19) Abdullah bin ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al Khaththab, Al ‘Adawiy, Abu ‘Abdur Rahman, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 105 H, hidup di Madinah.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:

Sunan Tirmidzi 62
Sunan Nasai 52
Sunan Nasai 326
Musnad Ahmad 4376
Musnad Ahmad 4572
Musnad Ahmad 4721
• Musnad Darimi 725
• Musnad Darimi 726

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video Terkait

More Videos

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Serulah (manusia) pada jalan Tuhanmu dengan hikmah & pelajaran yang baik & bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sungguh Tuhanmu lebih tahu siapa yang tersesat dari jalan-Nya & Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk
QS. An-Nahl [16]: 125

Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya,
atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa).
Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.
QS. An-Nisa’ [4]: 86

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah & (kedatangan) hari kiamat & dia banyak menyebut Allah.
QS. Al-Ahzab [33]: 21

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #4

Surah dalam Alquran yang mengatakan larangan untuk melakukan terlalu banyak, makan dan minum adalah … Setelah Yakin, dalam surah Al-A’raf ayat 26, pakaian terbaik ada di mata Allah Subhana...

Pendidikan Agama Islam #21

Pembukuan Alquran dilakukan pada masa khalifah … Setiap bencana dan musibah yang menimpa manusia di bumi sudah tertulis dalam kitab … Bu Nindi mempersiapkan pakaian bayi, karena bu Nindi t...

Pendidikan Agama Islam #29

Sebagai perumpamaan orang yang mengajak berbuat baik, tetapi dirinya sendiri tidak melakukan adalah … Berikut kedudukan orang yang menuntut ilmu, kecuali … potongan ayat di atas terdapat p...

Kamus

ketaatan

Apa itu ketaatan? ke.ta.at.an kepatuhan; kesetiaan; kesalehan; Huk fungsi untuk tidak membahayakan atau mengganggu kedamaian atau keadilan ۞ Variasi nama: taat … • taat

iqomat

Apa itu iqomat? Ikamah, kamat, atau iqamat adalah panggilan atau seruan segera berdiri untuk salat . Secara umum, iqamat diberikan lebih cepat dan dengan cara yang lebih monoton, dibandingkan dengan ...

As Salaam

Apa itu As Salaam? Allah itu As-Salam ◀ Allah adalah Maha Pemberi Kedamaian bagi para makhluk-makhluk-Nya yang senantiasa berdoa dan memohon perlindungan kepada-Nya. Dengan memohon perlindungan kep...

Fathah

Apa itu Fathah? Fathah adalah harakat yang berbentuk layaknya garis horizontal kecil yang berada di atas suatu huruf Arab yang melambangkan fonem /a/. Secara harfiah, fathah itu sendiri berarti memb...

almarhum

Apa itu almarhum? al.mar.hum yang dirahmati Allah ; yang telah meninggal; mendiang; di ruang tamu tergantung lukisan besar almarhum Jenderal Sudirman; kata untuk menyebut orang yang telah meningga...

Al Baaqii

Apa itu Al Baaqii? Allah itu Al-Baqiy ◀ Maknanya adalah Dzat Yang Maha Kekal, Dia hidup selama-lamanya dan tidak akan pernah mati. Kekuasaan Allah juga kekal dan tidak akan pernah berakhir. Segala...

Instagram