Doa Malam Lailatul Qadar [1]

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ، تُحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allaahumma innaka ‘afuwwun, tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii.

Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, menyukai permintaan maaf, maka maafkanlah aku.

HR. Ahmad 25384, At-Turmudzi 3513, Ibn Majah 3850, An-Nasai dalam Amal Al-yaum wa lailah, dan Al-Baihaqi dalam Syua’bul Iman 3426. Hadis ini dinilai shahih oleh Al-Albani.

Hadits selengkapnya:
Dari A’isyah radhiyallahu ‘anha, beliau bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: Wahai Rasulullah, jika aku menjumpai satu malam merupakan lailatul qadar, apa yang harus aku ucapkan di malam itu? Beliau menjawab: Ucapkanlah: (doa di atas).

Adakah tambahan “kariim”?
Kita sering mendengar orang membaca doa yang mirip dengan ini, namun dengan tambahan:

allaahumma innaka ‘afuwwun kariim, tuhibbu…

Benarkah tambahan ini?
Disebutkan dalam Silsilah Ahadits As-Shahihah: Dalam sunan Turmudzi, setelah ‘afuwun, terdapat tambahan “kariimun”! Tambahan ini sama sekali tidak terdapat dalam referensi cetakan lama, tidak juga dalam cetakan lain yang menukil darinya. Kelihatannya, ini adalah tambahan dari sebagian pentranskrip atau penerbit.
Tambahan ini tidak ada dalam cetakan Al-Hindiyah untuk Sunan Turmudzi yang ada syarahnya (Tuhfatul Ahwadzi) karya Mubarokfuri dan tidak pula dalam cetakan lainnya. Diantara yang menguatkan hal itu, bahwa Imam An-Nasai meriwayatkan doa ini dengan jalur sanad sebagaimana yang ada dalam sunan Turmudzi, keduanya berasal dari gurunya: Quthaibah bin Said dengan sanadnya dan tidak ada tambahan tersebut. (Silsilah Ahadits As-Shahihah, catatan untuk hadis no. 3337).

Kesimpulannya bahwa tambahan “kariim” tidak ada dalam hadis. Kemungkinan, itu adalah tambahan proses transkrip atau dari penerbit.

Allahu a’lam.

Sumber: http://www.facebook.com/doa.dzikir.shahih.harian/posts/273965022703563

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Asy Shyuura (Musyawarah) – surah 42 ayat 42 [QS. 42:42]

42. Sesungguhnya jalan untuk menyatakan kesalahan dan perbuatan dosa hanya ada pada orang-orang yang berbuat zalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa mengindahkan kebenaran. Mereka … 42:42, 42 42, 42-42, Surah Asy Shyuura 42, Tafsir surat AsyShyuura 42, Quran Asy Syura 42, Asy-Syura 42, Surah Asy Syura ayat 42

QS. Muhammad (Nabi Muhammad) – surah 47 ayat 34 [QS. 47:34]

34. Sesungguhnya orang-orang yang kafir yang mengingkari keesaan Allah dan menghalang-halangi orang lain dari jalan Allah kemudian mereka mati dalam keadaan kafir, maka Allah tidak akan mengampuni mer … 47:34, 47 34, 47-34, Surah Muhammad 34, Tafsir surat Muhammad 34, Quran Muhamad 34, Surah Muhammad ayat 34

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #11

Cara yang pertama kali ditempuh oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melakukan dakwah di Mekkah secara terang- terangan

Pendidikan Agama Islam #30

Yang diajarkan oleh Rasulullah adalah jika kita melihat kemungkaran untuk mencegahnya pertama kali dengan … Kekerasan Ilmu Pengetahuan Doa Lisan

Kuis Agama Islam #31

Ilmu yang bermanfaat adalah … Ilmu yang bisa mendapatkan penghargaan dari orang lain. Ilmu yang mengantarkan kita pada peringkat satu.

Instagram